Comscore Tracker

Para Cadangan Mati di Grup G Piala Dunia 2022  

Gagal unjuk gigi di panggung terbesar Piala Dunia

Piala Dunia 2022 Qatar dipenuhi banyak kejutan, terutama sepanjang babak penyisihan grup. Kejutan juga terjadi di Grup G. Brasil kalah dari Kamerun yang dianggap tim terlemah dan Serbia yang perkasa di kualifikasi harus terbenam di dasar klasemen. 

Brasil sebagai tim terkuat di Grup G sudah dipastikan lolos setelah kemenangannya di dua laga awal melawan Serbia dan Swiss. Tak heran Selecao pun mencadangkan semua pemain intinya dan menurunkan skuad lapis kedua di laga terakhir. 

Selain Brasil, Swiss dan Serbia terpaksa harus terus memainkan skuad utamanya demi memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Ini membuat beberapa pemain di Grup G batal unjuk gigi di Piala Dunia 2022. Siapa saja? Berikut pemain cadangan mati di Grup G Piala Dunia 2022

1. Kamerun

Para Cadangan Mati di Grup G Piala Dunia 2022  Jean Charles Castelletto (instagram.com/j_chainz2)

Dianggap tim terlemah di Piala Dunia 2022, Kamerun justru tampil cukup garang dengan berhasil menahan imbang Serbia dan meraih 3 poin saat bersua Brasil di laga terakhir penyisihan Grup G. 

Meski begitu, Kamerun tidak bisa melakukan rotasi penuh seperti Brasil. Kekalahan dari Swiss pada laga perdana membuat mereka praktis harus tampil dengan skuad terbaik mereka agar bisa memetik kemenangan di laga kedua. 

Tercatat, ada empat pemain Kamerun yang sama sekali tidak diturunkan oleh Rigobert Song. Nama itu meliputi Simon Ngapandouetnbu, Olivier Mbaizo, Jan Pierre Nsame, dan Soaibou Marou. Mengingat pada akhirnya mereka tak lolos ke babak gugur, keempat nama ini gagal tampil di turnamen bergengsi tersebut alias jadi cadangan mati. 

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Brasil Dikalahkan Kamerun di Piala Dunia 2022

2. Serbia

Para Cadangan Mati di Grup G Piala Dunia 2022  Pemain Timnas Serbia (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Serbia melakoni Piala Dunia 2022 ini dengan performa yang tidak memuaskan. Pada laga perdana, mereka langsung dilibas Brasil 2-0, kemudian ditahan imbang Kamerun 3-3 setelah sempat unggul 3-1 terlebih dahulu. 

Kondisi ini membuat Serbia harus tampil dengan skuad terbaiknya sepanjang babak penyisihan grup. Konsekuensinya, ada pemain yang harus rela menjadi penghuni bangku cadangan abadi alias jadi cadangan mati selama keikutsertaan mereka di Piala Dunia 2022. Mereka adalah Predrag Rajkovic, Marko Dmitrovic, Strahinja Erakovic, dan Uros Racic. 

3. Swiss

Para Cadangan Mati di Grup G Piala Dunia 2022  Granit Xhaka (instagram.com/swiss_nati_men)

Swiss sukses melaju ke babak 16 besar mendampingi Brasil sebagai runner-up Grup G. Catatan ini memperpanjang rekor mereka selalu lolos fase grup sejak Piala Dunia 2014. Sayangnya, mereka langkah mereka harus berakhir usai dicukur Portugal dengan skor 1-6 pada, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. 

Meski posisinya juga tidak aman pada fase grup, Murat Yakin ternyata memberikan kesempatan kepada semua pemain di bangku cadangan untuk bermain. Ia mencoba mengotak-atik strategi sehingga rotasi pemain selalu dilakukan. 

Pemain cadangan mati di Timnas Swiss hanya terdiri dari dua penjaga gawang, Philipp Koehn dan Jonas Omlin. Pemain dengan jam terbang paling sedikit adalah Ardon Jashari yang baru diturunkan dalam pertandingan kontra Portugal, disusul Christian Fassnacht dan Michel Aebischer yang juga hanya diturunkan dalam laga kontra Serbia. 

Meski dipanggil memperkuat tim nasional di Piala Dunia 2022, memang tidak ada jaminan pemain akan ikut manggung. Kabar baiknya, sejumlah nama di atas masih berusia cukup muda. Mungkinkah mereka dapat kesempatan di Piala Dunia 2026?

Baca Juga: Rivalitas di Balik Duel Serbia vs Swiss Ada Konflik Kosovo! 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya