Czeslaw Michniewicz, Pelatih Polandia yang Catat Rekor Baru 

Hasil yang ia capai cukup melampaui ekspektasi

Meski akhirnya gagal melaju ke perempat final usai takluk dari Prancis, Polandia setidaknya sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar sebagai runner-up Grup C. Hasil ini merupakan rekor baru untuk Polandia yang sebelumnya tak pernah lolos ke fase gugur setelah 36 tahun lamanya. Terakhir mereka berhasil melakukannya pada Piala Dunia 1986 Meksiko. 

Keberhasilan ini tak lepas dari sosok Czeslaw Michniewicz yang direkrut jadi juru taktik Polandia sejak Januari 2022. Ia sukses meramu skuad yang terdiri dari campuran pemain senior dan muda. Sebuah gebrakan yang lumayan jitu untuk seorang pelatih baru. 

Siapa sebenarnya Czeslaw Michniewicz, pelatih Polandia yang berjasa antar timnya pecahkan rekor baru di Piala Dunia 2022? Berkenalan dengan sosoknya lewat artikel ini, yuk!

1. Czeslaw Michniewicz lahir di Belarus, Uni Soviet

Czeslaw Michniewicz, Pelatih Polandia yang Catat Rekor Baru Czeslaw Michniewicz (instagram.com/laczynaspilka)

Czeslaw Michniewicz lahir dan besar di Byarozawka pada 12 Februari 1970. Saat itu, tempat kelahirannya masih jadi bagian dari teritorial Uni Soviet (kini Belarus). Meski begitu, ia lahir dari keluarga asal Polandia dan tidak pernah merumput di luar Liga Polandia. 

Karier sepak bola Michniewicz dimulai ketika bergabung dengan akademi klub lokal, Ossa Biskupiec. Ia mendapat tawaran bermain di klub Baltyk Gdynia pada 1990 saat usianya masih 20 tahun. Tiga tahun berselang, ia melanjutkan kariernya di Polonia Gdansk. 

Ia bertahan tiga tahun di Gdansk sebelum memilih hengkang ke Amica Wronki. Di klub itulah Michniewicz mengakhiri kariernya sebagai atlet profesional pada 2001. 

2. Tidak pernah bermain untuk Timnas Polandia

Czeslaw Michniewicz, Pelatih Polandia yang Catat Rekor Baru Czeslaw Michniewicz (instagram.com/laczynaspilka)

Michniewicz tidak memiliki prestasi mencolok sebagai pemain sepak bola. Ia tidak pernah merumput di luar Polandia, apalagi mencicip liga top Eropa. 

Michniewicz juga tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain di tim nasional. Hal ini berbarengan dengan masa kelam sepak bola Polandia pada era 1990-an. Kala itu, Polandia gagal masuk di Piala Eropa dan Piala Dunia. 

Prestasi yang tidak mencolok membuat Michniewicz memutuskan pensiun dini pada usia 31 tahun. Total rentang waktu karier profesionalnya hanya 11 tahun saja.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala Dunia

3. Pelatih langganan juara Liga Polandia 

Czeslaw Michniewicz, Pelatih Polandia yang Catat Rekor Baru Czeslaw Michniewicz (instagram.com/czeslaw_michniewicz)

Czeslaw Michniewicz tidak memiliki pengalaman menangani tim nasional. Ia baru ditunjuk jadi juru taktik tim nasional negaranya sejak Januari 2022. Ini merupakan kali pertamanya melatih tim nasional. 

Karier pertamanya ia dapat dari Amrica Wronki yang merekrutnya pada 2002 sebagai pelatih kiper. Pada 2004, ia dapat kontrak dari Lech Poznan untuk mengisi posisi pelatih kepala. Di sana ia sukses mempersembahkan Piala Polandia serta Piala Super Polandia. 

Pindah ke Zaglebie Lubin, Michniewicz sukses mengantarkan klub itu menjuarai Liga Polandia 2006/2007. Bersama klub itu pula, ia merengkuh Piala Super Polandia pada 2007/2008. 

Dianggap sukses, Michniewicz kebanjiran tawaran melatih. Ia tak kesulitan dapat kontrak dari sejumlah klub lokal Polandia sepanjang 2008--2017. Puncaknya, pada musim 2020/2021, ia menangani Legia Warsawa sekaligus membawa timnya merengkuh juara Liga Polandia. 

Sayangnya, performa Legia Warsawa di bawah kendalinya pada awal musim lalu terus memburuk. Pihak klub akhirnya mendepaknya dari kursi pelatih. Tak lama, ia justru dapat panggilan dari Timnas Polandia yang butuh pengganti Paulo Sousa. 

4. Gagal membawa timnya lolos ke perempat final

Czeslaw Michniewicz, Pelatih Polandia yang Catat Rekor Baru Pemain Timnas Polandia (instagram.com/laczynaspilka)

Melaju ke babak gugur sebagai runner-up Grup C, Polandia pun dihadapkan pada pemuncak Grup D, Prancis. Bukan lawan yang mudah, Prancis tampil menawan sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Sesuai prediksi, Polandia akhirnya harus mengakui keunggulan Prancis 1-3 dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu (4/12/2022). Polandia sebenarnya mampu memberikan perlawanan serius kepada Tim Ayam Jantan serta mengambil risiko dengan bermain menyerang. 

Polandia mencatatkan 12 kali tendangan ke gawang Prancis. Kurang efektif, hanya tiga di antaranya yang hampir menembus gawang Hugo Lloris. Penguasaan bola mereka juga mencapai 45 persen. Hal itu menunjukkan Polandia cukup berani menekan Les Bleus. 

Terlepas dari kegagalan tersebut, Polandia tetap sukses menorehkan sejarah baru lolos dari fase grup Piala Dunia sejak 1986. Sebuah prestasi yang memang tidak mentereng, tetapi layak diapresiasi. 

Baca Juga: Penggawa Senior Timnas Polandia yang Berkiprah di Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya