Fitur Menarik Stadion 974, Akan Dipindah Usai Piala Dunia 2022

Stadion portable pertama di dunia

Selain atraksi pemain di lapangan hijau, venue pertandingan sering jadi obrolan menarik di perhelatan olahraga macam Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, ada satu stadion yang cukup mencolok. Namanya pun cukup nyeleneh, berupa tiga angka saja, 974. 

Stadion tersebut diklaim portable (bisa dipindah) dan jadi yang pertama di dunia yang menerapkan konsep itu. Apa saja fitur menarik Stadion 974?

1. Stadion 974 diambil dari jumlah kontainer bekas dalam struktur bangunan

Melansir liputan Al Jazeera, nama stadion yang berupa tiga angka, 974, diambil dari jumlah kontainer bekas dalam struktur bangunan stadion. Mayoritas kontainer tersebut, bila ditilik lebih jeli, hanya dipakai untuk fasad bangunan dan tidak berkontribusi dalam kerangka stadion. Sebagian kontainer dipakai untuk tangga, kios, dan kamar mandi di dalam stadion.

Kerangka Stadion 974 sendiri terbuat dari baja modular. Material kerangka ini dikenal ringan, hemat biaya, memiliki masa pakai yang panjang, tahan banting, dan mudah didaur ulang atau dipakai kembali. 

Stadion 974 juga merupakan kode negara Qatar yang biasanya mengawali nomor telepon yang teregistrasi di sana. Penggunaan kontainer terkait dengan karakter Qatar sebagai negara maritim. Mereka memiliki garis pantai sepanjang 560 km dengan 4 pelabuhan besar yang dipakai untuk arus ekspor-impor.

2. Meraih sertifikat bintang lima dari Global Sustainability Assessment System (GSAS) 

Fitur Menarik Stadion 974, Akan Dipindah Usai Piala Dunia 2022ruang ganti Stadion 974 (instagram.com/laczynaspilka)

Kerangka baja modular dan kontainer merupakan material-material yang ringan dan bisa dipindah dengan mudah menggunakan alat berat. Inilah yang membuat pihak pengembang Stadion 974, Fenwick Iribarren Architects mengeklaim stadion ini portable. 

Melansir laman resmi Fenwick Iribarren Architects, perusahaan arsitektur asal Spanyol tersebut menukangi Stadion Al Thumama yang dipakai pula sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia 2022. Mereka cukup berpengalaman menangani proyek-proyek venue olahraga di berbagai negara, termasuk stadion baru klub-klub Spanyol, macam Valencia, Malaga, dan Osasuna.

Merujuk artikel di majalah arsitektur Dezeen, stadion ini berhasil dapat sertifikat bintang lima dari Global Sustainability Assessment System (GSAS) sebagai bangunan hijau dari segi desain dan konstruksi. Nilai tertinggi mereka adalah enam bintang.

Baca Juga: Intip Megahnya 8 Stadion Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Stadion Lusail

3. Bisa dibongkar dan dipindah ke lokasi lain, akan didonasikan kepada negara yang membutuhkan

Fitur Menarik Stadion 974, Akan Dipindah Usai Piala Dunia 2022Mustapha Ussif, Menteri Olahraga Ghana, saat menyaksikan pertandingan negaranya di Stadion 974. (twitter.com/GhanaBlackstars)

Dalam sejarahnya, penyelenggaraan turnamen olahraga akbar dikenal sering menyisakan stadion-stadion terbengkalai. Ini karena minimnya dana untuk perawatan dan ketiadaan klub olahraga maupun penonton yang bisa memanfaatkannya. Fenomena macam ini bisa ditemukan di beberapa negara yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia, seperti Afrika Selatan dan Brasil. 

Melansir liputan NPR dan The Guardian, jumlah penonton liga domestik di dua negara tersebut hanya sekitar 5—15 ribu. Jauh dibanding kapasitas yang distandarkan FIFA untuk Piala Dunia, yaitu sekitar 40 ribu. 

Stadion 974 diharapkan bisa menjawab keresahan ini dengan menggunakan konsep pakai ulang dan portable. Diharapkan, nantinya stadion tersebut bisa dirombak jadi venue yang lebih kecil atau bahkan didonasikan untuk dibangun di lokasi lain di luar negeri.

4. Dipakai untuk tujuh pertandingan selama Piala Dunia 2022

Pada Piala Dunia 2022, Stadion 974 dijadwalkan untuk menyelenggarakan total tujuh pertandingan. Ada 6 pertandingan fase grup dan 1 pertandingan babak 16 besar. Pertandingan fase grup yang diadakan di Stadion 974 antara lain Meksiko vs Polandia, Portugal vs Ghana, Prancis vs Denmark, Brasil vs Swiss, Polandia vs Argentina, dan Serbia vs Swiss.

Pada Sabtu malam (26/11/2022), Prancis dinobatkan menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan Denmark 2-1. Pertandingan dan selebrasi Prancis tersebut berlangsung di Stadion 974.

5. Kemegahan stadion-stadion di Qatar adalah hasil jerih payah para pekerja migran 

Fitur Menarik Stadion 974, Akan Dipindah Usai Piala Dunia 2022Stadion 974 (fifa.com)

Melongok kemegahan stadion-stadion yang dipakai selama Piala Dunia 2022 memang membuat kita terhipnotis. Namun, di balik kemewahan dan kenyamanan yang dirasakan panitia, tim peserta, reporter, dan wartawan, ada jerih payah, keringat, bahkan darah para pekerja migran asal Asia Selatan.

Liputan Grid menyebut bahwa ada banyak kejanggalan yang terjadi selama proses konstruksi stadion sejak Qatar resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia oleh FIFA pada 2010. Salah satunya praktik penyitaan sementara paspor pekerja untuk menghindari risiko pekerja pindah ke perusahaan lain atau mengundurkan diri. Ditambah kondisi kerja dan tempat tinggal mereka yang jauh dari kata layak. 

Sebuah artikel dalam Jurnal Cardiology yang ditulis Pradhan dkk bahkan menemukan bahwa ada lebih dari 170 pekerja migran yang meninggal di Qatar tiap tahunnya pada 2009—2017. Penyebabnya dipicu oleh suhu udara yang sangat panas dan tidak adanya fasilitas pendingin udara di area kerja dan tinggal para pekerja. 

Tak hanya kemegahan dan konsep briliannya yang patut diacungi jempol, jasa para pekerja konstruksi yang berkontribusi dalam kelancaraan penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia 2022 juga harus diapresiasi. Hak-haknya mesti dipenuhi.

Baca Juga: Stres Berat Bayangi Para Bintang Dunia Usai Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya