Jadi Komentator Cewek Pertama di Piala Dunia, Sparks Dihujat!

#WorldCup2018 Lagi-lagi perempuan jadi sasaran diskriminasi

Usai pelecehan yang menimpa seorang reporter cewek saat meliput suasana jelang pertandingan perdana putaran Piala Dunia 2018, kini diskriminasi ditujukan pada seorang komentator yang bernama Vicki Sparks. Kemunculan Sparks sebagai komentator cewek di Piala Dunia tahun ini dikabarkan menuai kontroversi.

Seperti apa cerita lengkapnya? Simak di bawah ini ya.

1. Vicki Sparks dinobatkan sebagai komentator sepak bola cewek pertama di dunia

Jadi Komentator Cewek Pertama di Piala Dunia, Sparks Dihujat!wearyourvoicemag.com

Vicki bertugas saat pertandingan Portugal vs Maroko untuk kanal BBC Sports. Aksi Sparks sebagai komentator sepak bola cewek pertama di dunia untuk ajang besar, ternyata tidak mendapatkan apresiasi seperti yang diharapkan. Ia justru menuai kontroversi dan ejekan banyak orang terutama melalui Twitter.

Tidak hanya para lelaki yang mengeluh, cewek lain pun ikut mencuit perihal peran Vicki Sparks sebagai komentator sepak bola yang dirasa aneh. Kata-kata seperti tidak pas pada tempatnya, ironi, mengganggu, hingga kecenderungan cewek yang biasanya tidak suka sepak bola ditujukan pada Sparks.

2. Nama John Terry ikut disebut-sebut 

Jadi Komentator Cewek Pertama di Piala Dunia, Sparks Dihujat!dailymail.co.uk

John Terry, mantan pesepak bola Inggris bahkan disebut-sebut. Hal ini setelah Terry diketahui mengunggah gambar yang layar TV yang menyiarkan pertandingan Portugal vs Maroko dengan caption "harus menonton pertandingan ini tanpa suara."

John Terry kemudian buru-buru membuat video klarifikasi atas tuduhan diskriminasi tersebut melalui akun Instagramnya. Ia menyatakan bahwa semua salah paham sebab sebenarnya ia baru saja pulang dari liburan dan mendapati speaker TV di rumahnya tidak bisa bekerja tepat saat ia akan menonton pertandingan tersebut.

3. Faktanya, ini bukan debut Vicki Sparks sebagai komentator sepak bola

Jadi Komentator Cewek Pertama di Piala Dunia, Sparks Dihujat!huffingtonpost.co.uk

Dilansir dari Bustle, Vicki Sparks ternyata sudah pernah menjadi komentator untuk pertandingan sepak bola cewek di beberapa kanal olahraga ternama di Inggris. Momen beberapa hari lalu menjadi sepak terjang terbesarnya karena mengomentari pertandingan di gelaran akbar Piala Dunia untuk sebuah kanal TV sebesar BBC.

4. Dukungan pun mengalir untuk Sparks 

Tidak semua orang memandang negatif peran Sparks sebagai komentator. Ia mendapat dukungan dari rekan jurnalisnya di BBC yang menyatakan sangat beruntung anak gadisnya bisa mendengarkan suara komentator cewek di sebuah pertandingan sepak bola.

Para aktivis hak cewek pun ikut memberikan dukungan pada Vicki Sparks karena mampu membuat gebrakan besar di olahraga yang didominasi kaum laki-laki ini.

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya