Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  

Saat ini Juranovic berstatus pemain Celtic

Kroasia berhasil menyingkirkan tim langganan juara, Brasil, pada Piala Dunia 2022 Qatar. Seperti biasa, Kroasia piawai mengoptimalkan area pertahanan agar bisa setidaknya mempertahankan skor imbang sampai waktu ekstra. Selain sang pencetak gol, Bruno Petković, dan kiper andalan mereka, Dominik Livakovic, ada satu sosok yang tampil mentereng pada pertandingan, Jumat (9/12/22) malam WIB. 

Josip Juranovic menjadi salah satu penghalang terbesar Brasil dalam mencetak gol di pertandingan perempat final tersebut. Ia berhasil memblok pergerakan wide players lawan, macam Vinicius Jr. dan Rodrygo sepanjang pertandingan.

Juranovic sebenarnya cukup familier bila kamu mengikuti sepak terjang klub Skotlandia, Celtic. Siapa sebenarnya sosok kunci di lini pertahanan Kroasia pada Piala Dunia 2022 ini? 

1. Memulai karier di sebuah klub kasta kedua Kroasia, NK Dubrava

Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Seperti kebanyakan pemain Kroasia lainnya, Juranovic mengawali kariernya di akademi lokal. Lahir di Zagreb jadi keuntungan tersendiri untuknya karena ada banyak pilihan akademi sepak bola yang bisa dipilih. Bukannya Dinamo Zagreb seperti kebanyakan pemain Timnas Kroasia, Juranovic justru tercatat sebagai siswa akademi NK Dubrava. 

NK Dubrava jadi klub pertama yang menawari kontrak profesional pada Juranovic muda. Meski bermarkas di ibu kota, NK Dubrava lebih sering berlaga di liga kasta kedua Kroasia. Ia hanya pernah bermain di liga divisi pertama pada era 1990-an.

2. Naik tingkat ke Hajduk Split pada 2015 

Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Setelah dua tahun bermain di liga kasta kedua, Juranovic dapat kesempatan promosi ke liga utama Kroasia (Hrvatska Nogometna Liga) bersama Hajduk Split pada 2015. Musim debutnya lebih banyak dihabiskan di bangku cadangan.

Namun, pada musim keduanya, Juranovic tak kesulitan dapat kepercayaan pelatih untuk jadi starter. Pada musim 2018/2019, Juranovic mulai dipercaya untuk menjadi kapten.

Baca Juga: 10 Meme Kekalahan Brasil Lawan Kroasia di Piala Dunia 2022

3. Setelah lima tahun baru pindah ke Legia Warsawa

Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Pada awal musim 2020/2021, ia hijrah ke Polandia untuk bergabung dengan Legia Warsawa. Sebagai pemain yang berpengalaman, Juranovic dapat tempat utama dengan mudah di tim barunya. Ia turut diturunkan kala Legia harus melakoni kualifikasi Europa League.

Mulai tahun 2020, ia juga makin sering dipanggil ke Timnas Kroasia oleh Zlatko Dalic. Ia sebenarnya sudah pernah debut pada 2017 untuk segelintir pertandingan persahabatan. Juranovic turut berkontribusi membantu Kroasia melakoni berbagai laga kualifikasi Piala Dunia 2022. 

4. Bergabung dengan Celtic pada 2021 dan merasakan kompetisi Eropa pertamanya

Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Kebersamaannya dengan Legia ternyata tak lama. Usai semusim bersama raksasa Polandia, ia dapat tawaran kontrak dari Celtic. Bersama klub Skotlandia itulah Juranovic melakoni debut di kompetisi Eropa. Ia tercatat diturunkan dalam tiga laga UEFA Europa League. 

Semusim kemudian, pada 2022/2023, Juranovic berhasil tampil perdana di UEFA Champions League (UCL) sebagai bagian dari Celtic. Meski lebih sering dicadangkan di liga domestik, ia tercatat berpartisipasi dalam semua laga Celtic di UCL musim ini. 

Zlatko Dalic juga menggunakan jasanya untuk keperluan Euro 2020 yang digelar musim panas 2021. Juranovic berpartisipasi dalam 2 dari 4 laga yang dijalani Kroasia selama turnamen berlangsung. 

5. Posisi bek kanan jadi spesialisasinya di klub maupun tim nasional 

Josip Juranovic, Bek Kroasia yang Mentereng saat Hadapi Brasil  Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Juranovic merupakan bek kanan yang andal baik di klub dan tim nasional. Selama gelaran Piala Dunia 2022 ini ia bisa mengakomodasi strategi Zlatko Dalic untuk memblok pergerakan wide players lawan. Strategi ini terbukti berhasil membuat lawan Kroasia selalu kesulitan menembus pertahanan mereka.

Tentunya, ditambah dengan para pemain tengah yang disiplin dan pandai memosisikan diri seperti Luca Modric, Marcelo Brozović, dan Mateo Kovačić. Kroasia juga dikenal sebagai tim yang punya stamina luar biasa. Mereka merupakan tim spesialis waktu ekstra dan penalti sejak edisi Piala Dunia 2018 lalu. 

Dengan penampilan apiknya di Piala Dunia 2022, bukan tidak mungkin Celtic bakal membanderolnya dengan harga tinggi pada jendela transfer tahun 2023 mendatang. Sang pemain sendiri masih terikat kontrak dengan Celtic hingga 2026. 

Baca Juga: Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya