Comscore Tracker

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFA

Didominasi oleh klub-klub asal Denmark 

Koefisien UEFA mulai diperkenalkan pada 1979 dan sampai sekarang dipakai untuk menentukan jumlah perwakilan dari tiap negara yang berhak berpartisipasi dalam berbagai kompetisi sepak bola di Eropa. Poinnya sendiri diambil dari performa tim saat berkompetisi di UEFA Champions League, UEFA Europa League, dan UEFA Conference League. 

Seperti sudah ditebak, akumulasi poin terbanyak tentu didominasi klub-klub asal lima negara unggulan, Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis. Seperti siklus yang tak ada habisnya, klub-klub dari lima negara tersebut pun berpeluang besar menambah pundi-pundi poinnya guna mempertahankan jatah partisipasi mereka di berbagai ajang kompetisi. 

Lantas, bagaimana dengan negara-negara selain lima besar tersebut? Sabar dan tekun adalah kuncinya. Itulah sisi gelap sepak bola, terkadang membosankan saja melihat klub-klub tertentu saja yang terus mendominasi. 

Untuk mengobati rasa hausmu akan variasi kekuatan baru dalam sepak bola Eropa. Silakan tengok Skandinavia. Region ini memang tidak diunggulkan saat bicara sepak bola. Namun, beberapa tahun belakangan ada sejumlah klub Eropa yang membawa angin segar.

Bila hendak memalingkan perhatian sejenak dari tim sepak bola mainstream Eropa, silakan coba simak sepak terjang lima klub terbaik di Skandinavia berikut. Diurut berdasar total koefisien UEFA sepuluh tahun terakhir. 

1. FC Copenhagen (Denmark)

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFApemain FC Copenhagen (instagram.com/fc_kobenhavn)

Berdasarkan catatan 10 tahun terakhir, klub dengan koefisien UEFA tertinggi di Skandinavia ditempati oleh FC Copenhagen asal Denmark. Namanya baru diresmikan pada 1992 sebagai merger antara dua klub berbeda, Kjøbenhavns Boldklub yang berdiri pada1876 dan Boldklubben 1903 yang lahir pada 1903. 

Mereka didapuk sebagai klub tersukses di Denmark dengan raihan 14 gelar juara liga utama. Praktis, mereka sering dikirim sebagai delegasi Denmark dalam berbagai kompetisi Eropa. Walau harus diakui, prestasi mereka di level Eropa tidak bisa dikategorikan mencolok. 

2. Malmo FF (Swedia)

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFApemain Malmo FF (instagram.com/malmo_ff)

Malmo FF merupakan klub berseragam biru pastel yang cukup sering mewakili Swedia di kompetisi Eropa. Klub ini pernah menaungi Zlatan Ibrahimovic sebelum ia pindah ke Ajax dan kariernya terus melejit. 

Malmo berdiri pada 1910 dan naik kasta ke liga utama Swedia (Allsvenskan) dua dekade berikutnya. Mereka juga satu-satunya klub Skandinavia yang pernah masuk ke babak final Europa Cup (kini UEFA Champions League). Tepatnya pada 1979, ketika melawan Nottingham Forest. 

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi FC Copenhagen yang Pernah Bermain di Premier League

3. FC Midtjylland (Denmark)

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFApemain FC Midtjylland (instagram.com/fcmidtjylland)

FC Midtjylland adalah klub kecil di Denmark. Bila dibandingkan dengan dua raksasa FC Copenhagen dan Brondby kelasnya lumayan jauh.

Sampai seorang pengusaha asal Inggris menanam saham di klub tersebut. Suntikan dana tersebut langsung terasa dampaknya. Secara mengejutkan, publik Denmark diperkenalkan pada juara Superliga baru pada musim 2014/15. 

Meski tak berhasil masuk ke fase grup UEFA Champions League (UCL) pada musim 2015/16, FC Midtjylland berhasil mewujudkan mimpi mereka pada musim 2020/21. Momen perdana sepanjang sejarah mereka. 

4. FK Bodo/Glimt (Norwegia)

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFApemain FK Bodo/Glimt (instagram.com/bodoglimt)

Nama FK Bodo/Glimt juga cukup santer didengar beberapa tahun ini. Sejak 2019, mereka memang tampil brilian dengan menempati posisi runner-up klasemen liga utama Norwegia.

Disusul dengan gelar juara berturut-turut pada musim 2020 dan 2021. Kemunculan mereka mematahkan dominasi Rosenborg yang sampai saat ini masih bergelar klub paling sukses di negara tersebut. 

Meski belum pernah lolos ke fase grup UCL, mereka sempat memberi kejutan ketika berpartisipasi dalam UEFA Europa Conference League musim 2021/2022. Klub asal kota Bodo tersebut tercatat sempat mengalahkan Roma dan Celtic. 

5. Brondby IF (Denmark)

5 Klub Sepak Bola Skandinavia Terbaik Berdasar Koefisien UEFApemain Brondby IF (instagram.com/brondbyif_official)

Posisi berikutnya ditempat Brondby IF asal Denmark. Sama dengan FC Copenhagen, mereka terbentuk dari gabungan dua klub, yaitu Brondbyvester IF dan Brondbyoster IF pada 1964. 

Selama berdiri, mereka sudah meraih 11 gelar juara. Terakhir pada musim 2020/21. Brondby IF adalah rival terkuat FC Copenhagen yang mendominasi sepak bola Denmark. Prestasi tertinggi Brondby di level Eropa adalah lolos ke fase semifinal UEFA Cup (kini UEFA Europa League). Mereka gugur usai kalah dari AS Roma. 

 

Hukum yang kaya makin kaya bisa dilihat jelas dalam sepak bola, membuat dominasi seakan susah untuk dipatahkan. Bisa dilihat bahwa kebanyakan klub Skandinavia di atas sudah mendominasi liga domestik selama puluhan tahun, tetapi tak juga bisa mematahkan hegemoni klub asal negara lima besar.

Alih-alih mengalahkan dominasi klub dari negara lima besar, FC Midtjylland dan FK Bodo/Glimt harus banting tulang mendobrak hegemoni klub dominan di negara mereka sendiri dulu. 

Baca Juga: 5 Produk Akademi FC Copenhagen Terbaik yang Pernah Main di Bundesliga

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya