Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik Mallorca

Pemain muda dengan tumpukan titel mentereng 

Usai angkatan Park Ji Sung (era 2000-an), Korea Selatan butuh waktu hampir 2 dekade untuk membangun generasi emas sepak bola berikutnya. Ini ditandai dengan kehadiran Son Heung Min (Tottenham Hotspurs) dan Kim Min Jae (Napoli). 

Tak berhenti di situ, Korsel juga punya Kang In Lee. Saat ini berkarier bersama RD Mallorca di LaLiga Spanyol, Kang In Lee masuk dalam daftar dribbler terbaik di dunia saat ini versi CIES Football Observatory. Ia juga dijuluki salah satu infiltrator dan kreator serangan paling aktif yang dimiliki RCD Mallorca. 

Pendarnya di Mallorca saat ini seakan mengolok keputusan Valencia yang melepasnya sebagai agen bebas pada 2021. Apa yang membuat nasibnya berubah? Ini kisah Kang In Lee, eks Valencia yang produktif di klub barunya. 

1. Ditarik bergabung ke akademi milik Valencia pada usia 10 tahun 

Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik MallorcaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Lee Kang In memulai kariernya sebagai atlet dengan mendaftarkan diri ke sebuah akademi sepak bola di kota kelahirannya, Incheon. Bakatnya jadi konsumsi publik ketika berpartisipasi dalam sebuah reality show sepak bola bertajuk Fly Shoot Dori yang tayang di KBS. Pada usia yang masih amat belia, Lee sudah tampak menonjol. 

Kabar baik menghampiri Lee pada 2011. Valencia menawarinya tempat untuk bergabung dengan akademi mereka. Kesempatan ini tak ia sia-siakan. Dengan tekun, Lee mengikuti program tahap demi tahap hingga naik kelas ke Valencia B pada Januari 2018.

2. Pemain Asia pertama yang debut di tim utama Valencia 

Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik MallorcaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Setelah setahun di Valencia B, Lee Kang In berhasil promosi ke tim utama. Itu membuatnya mencetak sejarah sebagai pemain Asia pertama dalam skuad Valencia. Usianya yang muda juga membuatnya menorehkan rekor-rekor lain, termasuk pemain asing termuda yang bermain untuk tim utama Valencia. 

Musim debutnya bersama tim utama berjalan lancar. Lee bahkan sempat diturunkan dalam pertandingan UEFA Champions League 2019/2020. Di liga domestik, ia dimainkan secara reguler. Pergantian pelatih yang kerap terjadi di Valencia tidak mempengaruhi jam terbang Lee Kang In selama 1,5 musim di Mestalla. 

Baca Juga: 7 Kemenangan Valencia di LaLiga 2022/2023, Terancam Degradasi

3. Menyabet penghargaan ganda di Piala Dunia U-20 2019

Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik MallorcaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Tahun 2019 bisa dibilang salah satu tahun paling heroik dalam karier sepak bola Lee Kang In. Ia terpilih jadi salah satu pemain muda yang mewakili Korea Selatan dalam turnamen Piala Dunia U-20 di Polandia.

Bersama rekan setimnya, ia berhasil membawa negaranya melangkah hingga ke final. Walau kalah dari Ukraina pada partai final, Korsel mendapat gelar tim terbaik. Lee bahkan menyabet dua penghargaan personal, yakni pemain terbaik dan sepatu emas.

4. Saat Valencia tak memperpanjang kontrak Lee Kang In, RCD Mallorca menyelamatkan kariernya

Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik MallorcaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Sayangnya, Valencia memutuskan tak menyertakan Lee Kang In dalam rencana masa depan mereka. Saat kontraknya dengan Valencia habis pada pertengahan 2021, Lee pun dilepas begitu saja sebagai agen bebas. 

Ia kemudian didekati RCD Mallorca yang bersedia memberinya kontrak jangka panjang hingga 2025. Lee Kang In bak rezeki nomplok bagi Mallorca. Didatangkan secara cuma-cuma, kontribusinya di klub itu tidak main-main.

5. Kreator peluang terbaik Mallorca pada 2022/2023

Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik MallorcaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Berdasarkan analisis Wyscout, dilansir CIES Football Observatory, Lee Kang In adalah infiltrator creator terbaik yang dimiliki Mallorca saat ini. Titel tersebut biasa disematkan kepada pemain yang memiliki kemampuan dribel mumpuni serta berkontribusi besar dalam kreasi peluang/serangan lewat assist dan operan kunci.

Football Talent Scout mengamininya dengan menyebut Lee sebagai kreator peluang terbanyak di LaLiga musim ini. Sampai awal Mei 2023, Lee menyumbang 6 gol dan 5 assist untuk Mallorca. 

Kontribusi Lee Kang In turut mendongkrak peringkat Mallorca di LaLiga Spanyol musim ini. Dari yang biasa menghuni papan bawah, Mallorca kini bertengger di papan tengah. Sebaliknya, Valencia sedang terpuruk di papan bawah dengan sisa lima pertandingan saja per awal Mei 2023. 

Lee Kang In jadi bukti bahwa pindah ke klub yang lebih membutuhkan kontribusinya jauh lebih baik ketimbang bertahan di tim yang tak lagi mengapresiasi talentanya. Ini bukan lagi tentang status dan nama besar tim, tetapi jam bermain reguler yang dapat memastikan pemain dapat ruang mengembangkan diri. 

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya