Comscore Tracker

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020

Italia mendominasi

Gelaran Piala Eropa 2020 yang bergulir sejak Juni lalu sudah memasuki fase akhir. Hanya tersisa dua tim yang akan berlaga di final nanti, yakni Timnas Italia dan Timnas Inggris.

Namun, bukan berarti kinerja para pemain dari tim-tim selain Inggris dan Italia tak layak dapat apresiasi. Berikut setidaknya sebelas nama yang bersinar sepanjang Euro 2020. 

1. Roman Yaremchuk 

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Roman Yamrechuk (instagram.com/r.yaremchuk)

Mencetak dua gol dan satu assist selama fase grup, Yaremchuk menarik perhatian beberapa klub besar di Inggris dan Italia, seperti Arsenal hingga AC Milan. Saat ini ia masih berstatus pemain untuk klub Gent, Belgia, dan musim lalu tampil prima.

2. Federico Chiesa

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Federico Chiesa (instagram.com/fedexchiesa)

Jika mengikuti Piala Eropa 2020, nama Chiesa sebenarnya tidak asing di telinga. Ia mencuri perhatian saat mencetak gol ke gawang Austria. Hingga semifinal, Chiesa sudah mencetak dua gol untuk Italia, salah satunya gol penting di laga melawan Spanyol. Tak hanya pandai di lapangan hijau, Chiesa fasih berbahasa Inggris dan pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

3. Nicolo Barella 

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Nicolo Barella (instagram.com/azzurri)

Bermain apik di klub, tak heran jika Barella dipanggil untuk mengisi skuad Italia pada Piala Eropa tahun ini. Sesuai prediksi, Barella tampil cekatan. Ia bisa mencetak gol, memberi assist, dan berlari dengan jarak serta kecepatan yang luar biasa. Selain satu golnya, jangan lupakan pula lima serangan berbahaya yang ia lancarkan ke gawang lawan sepanjang Piala Eropa 2020.

4. Gianluigi Donnarumma

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Gianluigi Donnarumma (instagram.com/gigiodonna99)

Tak hanya penjaga gawang terkuat saat ini, usia Gigio Donnarumma juga tergolong sangat muda. Di usia 22 tahun, ia sudah menjadi pilihan permanen untuk gawang Timnas Italia selama Piala Eropa 2020. Ia debut pada tahun 2015 bersama AC Milan dan baru saja bergabung dengan PSG untuk lima tahun ke depan.

Baca Juga: Gianluigi Donnarumma ke PSG, Jadi Kiper Utama Gantikan Keylor Navas

5. Yann Sommer

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Meski bukan pemain muda, ini pertama kalinya talenta Yann Sommer diakui dunia. Penjaga gawang Swiss ini berkali-kali menyelamatkan timnya dari kekalahan selama turnamen. Yann Sommer berstatus kiper Borussia Monchengladbach sampai tahun 2023 nanti.

6. Pedri 

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Pedri (instagram.com/pedrigonzalez)

Penampilannya di Kejuaraan Eropa tahun ini pun seakan melampaui jam terbang dan usianya yang masih belasan tahun. Berdasarkan statistik, Pedri menempuh jarak lari terjauh dengan akurasi operan yang hampir sempurna. Tak heran jika ia selalu dimainkan sejak menit awal oleh pelatih Luis Enrique. Melihat kontribusinya di Timnas Spanyol kemarin, Pedri pun dapat perpanjangan kontrak dari Barcelona.

7. Dani Olmo

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Dani Olmo (instagram.com/daniolmo7)

Meski tidak mencetak gol untuk timnya, Dani Olmo tercatat melakukan dua puluh tembakan ke gawang dan tiga assist. Pencapaian yang menawan untuk seorang debutan. Tak seperti kebanyakan pemain Spanyol lain, Dani Olmo memulai karier profesionalnya di Kroasia setelah lulus dari akademi sepak bola Barcelona. Ia kini bermain untuk RB Leipzig, tetapi mulai dilirik tim-tim besar. 

8. Joakim Mæhle

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Joakim Maehle (instagram.com/joakim_maehle)

Denmark tampil sebagai kuda hitam di Piala Eropa 2020. Di fase grup, Denmark bahkan tidak diduga bakal lolos setelah kalah dua kali. Namun, semua berubah kala mereka mengalahkan Rusia dengan skor besar. Denmark pun tak disangka lolos hingga semifinal. Joakim Maehle adalah salah satu pemain kuncinya.

Mulai dilirik klub besar, hingga kini ia masih berstatus pemain Atalanta dan tampil oke musim lalu bersama klub Italia yang sedang naik daun tersebut. 

9. Manuel Locatelli

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Manuel Locatelli (instagram.com/locamanuel73)

Skill menonjol Locatelli adalah kemampuannya menciptakan assist untuk kawan-kawannya walaupun sebenarnya ia gelandang tengah yang dipasang untuk membantu pertahanan. Sebelum Piala Eropa 2020 melambungkan namanya, Locatelli berstatus pemain pinjaman di Sassuolo, salah satu klub papan tengah di Serie A. Kini, kemungkinan besar ia akan meninggalkan klub lamanya dan berlabuh ke tim yang lebih besar. 

10. Luke Shaw

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Luke Shaw (instagram.com/lukeshaw23)

Piala Eropa 2020 bukan debut Luke Shaw di turnamen besar internasional, tetapi sejak Piala Dunia 2014. Ia absen di Piala Eropa 2016 karena cedera parah yang menimpanya setahun sebelumnya. Ia juga tak masuk skuad di Piala Dunia 2018 karena jarang dimainkan di klubnya. Barulah di Piala Eropa 2020 ini Luke Shaw tampil lagi dan cukup mengejutkan. Ia kini menjadi salah satu bek terbaik selama Piala Eropa 2020. 

11. Patrik Schick

11 Pemain Baru yang Bersinar Selama Gelaran Piala Eropa 2020Patrick Schick (instagram.com/p_schicky)

Walau bukan dari tim unggulan, Patrik Schick dari Republik Ceko berhasil masuk daftar pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2020 dengan lima gol. Ia juga melancarkan enam belas upaya pembobolan gawang selama perjalanan timnya di turnamen tersebut. Saat ini Patrik Schick bermain untuk Bayer Leverkusen setelah beberapa musim berstatus pemain pinjaman di RB Leipzig.

 

Tentu pemain yang bakal menarik dilihat sepak terjangnya tak terbatas di sebelas pemain di atas. Siapa nama yang menurutmu juga pantas mendapat sorotan lebih selama pergelaran Piala Eropa 2020 ini?

Baca Juga: 10 Potret Patrik Schick, Bintang Timnas Ceko di Piala Eropa 2020

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya