5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala Dunia

Sang kiper Szczęsny tentu bukan satu-satunya

Polandia sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar sebagai runner-up Grup C usai unggul selisih gol dari Meksiko. Keberhasilan ini mengakhiri rekor tak pernah lolos dari fase grup sejak Piala Dunia 1986.

Polandia sempat mengejutkan pada Piala Dunia 1974 dan 1982 karena sukses melaju ke semifinal dan merebut medali perunggu. Kini, mereka punya potensi untuk mengulang momen manis tersebut.

Di balik rekor ini, rupanya terdapat penggawa yang turut berkontribusi besar terhadap lolosnya Timnas Polandia ke fase gugur Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?

1. Wojciech Szczęsny

5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala DuniaWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Wojciech Szczęsny tidak bisa diabaikan dari kesuksesan Polandia sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Ia sukses menggagalkan dua tendangan penalti ketika bertemu Arab Saudi dan Argentina. Ia pun berhasil mencetak clean sheet dalam dua pertandingan awal serta baru kebobolan dua gol pada laga penyisihan grup terakhir melawan Argentina.

Rekor itu membuktikan bahwa siapa pun lawan Polandia harus menembus pertahanan terakhir yang dijaga sosok kokoh macam Szczęsny. Fakta ini bikin penggemar makin tak sabar menyaksikan penampilannya melawan Prancis nanti pada babak gugur, Minggu (4/12/2022) malam WIB. 

2. Jakub Kiwior

5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala DuniaJakub Kiwior (instagram.com/j.kiwior)

Jakub Kiwior adalah sosok lain di balik kokohnya tembok pertahanan Polandia. Bersama Kamil Glik, ia sukses menjaga pertahanan Timnas Polandia dengan tackle keras dan hadangan pada pemain lawan. Posturnya yang tinggi juga membantunya menghalau bola-bola atas. 

Meski tergolong muda, Kiwior dipercaya jadi starter di Piala Dunia 2022. Sejak debut pada Juni 2022, Kiwior dipercaya sebagai bek tengah andalan Czeslaw Michniewicz pada berbagai laga internasional. 

Baca Juga: Jelang Lawan Polandia, Prancis Krisis Bek Sayap Kiri

3. Przemyslaw Frankowski

5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala DuniaPrzemyslaw Frankowski (instagram.com/przemek.franek_)

Pemain tengah yang cukup berpengaruh di Timnas Polandia saat ini adalah Przemyslaw Frankowski. Sebagai gelandang kanan, ia kerap memberikan umpan-umpan cantik sekaligus berperan sebagai pengatur kreasi serangan Polandia. 

Sejak debut di Timnas Polandia pada 2018, Frankowski baru diturunkan sebagai playmaker andalan pada 2021. Ia dipercaya oleh mantan pelatih Paulo Sousa mengisi pos tengah dan kini kembali mendapat mandat sebagai pemain inti oleh Michniewicz.

4. Piotr Zieliński

5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala DuniaPiotr Zielinski (instagram.com/zielu_94)

Selain Frankowski, motor serangan Polandia lainnya adalah Piotr Zieliński. Pemain Napoli ini sukses menjadi playmaker Timnas Polandia dalam beberapa tahun terakhir. Ia kerap memberikan umpan jitu kepada Lewandowski dan Arkadiusz Milik. 

Zielinski sudah mencatatkan 77 caps bersama Timnas Polandia sejak debut pada 2013. Ia sudah mempersembahkan 10 gol untuk tim nasional negaranya. Berpengalaman, Zielinski juga sudah pernah mencicip Piala Dunia empat tahun silam. 

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Paling Berjasa Antarkan Polandia ke Fase Gugur Piala DuniaRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Kehadiran pemain senior ini seakan tak bisa dilewatkan dalam setiap pertandingan Polandia. Sejak debut pada 2008, striker Barcelona ini sukses membukukan 77 gol dalam 137 pertandingan.  

Pada Piala Dunia 2022, Lewandowski seakan berhasil menebus paceklik golnya di Piala Dunia dengan mencetak satu gol dan membawa timnya lolos ke 16 besar. Hal ini dianggap sebagai awal baik baginya setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti kontra Meksiko di laga pembuka Grup C. 

Kelima pemain kunci di atas menunjukkan bahwa perpaduan pemain senior dan junior di skuad Michniewicz terbukti cukup ampuh. Setelah menunggu 36 tahun, Polandia akhirnya bisa mengadu nasib di babak gugur Piala Dunia 2022. Mampukah Polandia menjegal Prancis di laga 16 besar, Minggu (4/12/2022) malam WIB, nanti?

Baca Juga: 3 Catatan Jelang Pertemuan Prancis dan Polandia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya