5 Pemain Berkebangsaan Georgia yang Berlaga di Liga Top Eropa

Georgia ternyata punya banyak talenta brilian

Pernah menjadi bagian dari Uni Soviet, Georgia kini dikenal sebagai negara independen yang terletak di antara Eropa Timur dan Kaukasus Utara. Melansir The Financial, sepak bola ternyata adalah salah satu olahraga populer di negeri itu.

Itu diamini beberapa peneliti, seperti Nino Samkharadze dan Bogishvili dkk, dalam tulisan mereka masing-masing. Mereka menyorot bagaimana sepak bola berperan penting dalam pembentukan ide-ide nasionalisme di Georgia, bahkan sebelum mereka berstatus negara berdaulat.

Misalnya saja kemenangan Dinamo Tbilisi pada Kejuaraan USSR 1964 dan European Cup 1981. Kemenangan itu dianggap kebanyakan orang Georgia sebagai titik kulminasi rasa bangga mereka kepada identitas negara. 

Georgia memang bukan negara yang kualitas sepak bolanya mumpuni macam Italia, Spanyol, Portugal, Brasil, atau Jerman. Mereka belum pernah lolos ke Euro maupun Piala Dunia. Namun, beberapa bulan belakangan, kemajuan pesat mulai tampak di tim nasional sepak bola pria Georgia.

Dimulai dengan kemenangan atas Swedia di gelaran European Qualifiers akhir 2021 lalu. Disusul dengan kemenangan bertubi-tubi di UEFA Nations League Mei 2022 ini. Beberapa nama pemain pun mencuat ke permukaan, terutama yang sudah atau berhasil masuk ke liga top Eropa.

1. Khvicha Kvaratskhelia (SSC Napoli)

Nama yang paling santer terdengar dari sepak bola Georgia adalah Khvicha Kvaratskhelia. Masih berusia awal 20-an, ia sudah jadi andalan di tim nasional dengan tujuh belas caps sejak bergabung pada 2019. 

Kvaratskhelia pertama kali menjajal atmosfer liga top Eropa di Russian Premier League melalui skema pinjaman ke Lokomotiv Moskow. Setelah bermain setengah musim dengan Lokomotiv, ia dikontrak Rubin Kazan pada 2019. 

Saat agresi Rusia ke Ukraina terjadi, ia memilih untuk pulang ke Georgia dan bermain untuk Dinamo Batumi selama setengah musim. Pada akhir Juni 2022, SSC Napoli resmi menjadi rumah baru Kvaratskhelia dengan skema kontrak 5 tahun.

2. Giorgi Mamardashvili (Valencia CF)

5 Pemain Berkebangsaan Georgia yang Berlaga di Liga Top EropaGiorgi Mamardashvili (instagram.com/valenciacf)

Giorgi Mamardashvili lebih dahulu merumput di liga top Eropa, tepatnya di LaLiga bersama Valencia sejak 2021. Awalnya melalui skema pinjaman, tetapi akhirnya Valencia membelinya dari klub lamanya, Dinamo Tbilisi, pada awal 2022 lalu.

Sama seperti Khvicha Kvaratskhelia, Mamardashvili sempat merumput di FC Rustavi dan Lokomotiv Moskow. Sang kiper kemudian bermain di LaLiga secara reguler sebagai bagian dari skuad utama klubnya. Mamardashvili bahkan diminati beberapa klub papan atas Inggris. 

Baca Juga: Romelu Lukaku, Pemain Sepak Bola yang Mahir Banyak Bahasa

3. Giorgi Aburjania (Gil Vicente FC)

5 Pemain Berkebangsaan Georgia yang Berlaga di Liga Top EropaGiorgi Aburjania (instagram.com/gilvicente.fc)

Giorgi Aburjania jadi salah satu pelopor pemain berkebangsaan Georgia yang menjajal LaLiga. Ia memulai kariernya di Metalurgi Rustavi pada 2011, lalu melakukan beberapa kali perpindahan klub di dalam Georgia. 

Ia baru merumput di luar negeri lewat klub asal Siprus, Anorthosis Famagusta. Lewat klub inilah ia kemudian mendapat tawaran untuk bermain di Segunda Division bersama Gimnastic Tarragona.

Dari Tarragona, Giorgi Aburjania pernah dibeli Sevilla dan dipinjamkan ke FC Twente sebelum akhirnya mendarat di Real Oviedo dan FC Cartagena. Saat ini, ia bermain di Liga Portugal bersama Gil Vicente.

4. Davit Khocholava (FC Copenhagen)

5 Pemain Berkebangsaan Georgia yang Berlaga di Liga Top EropaDavid Khocholava (instagram.com/fc_kobenhavn)

Selama bermain di Erovnuli Liga (liga utama Georgia), Kocholava pernah bermain untuk klub Dinamo Tbilisi. Ia kemudian pindah ke Ukraina pada 2016 untuk bergabung dengan Chornomorets Odesa.

Setelah 2 musim, Davit Khocholava mendapatkan tawaran untuk bermain bersama salah satu klub raksasa Ukraina, Shakhtar Donetsk. Kebersamaannya berakhir pada pergantian musim 2021 lalu.

Kocholava kini resmi berseragam FC Copenhagen. Bersama klubnya saat ini, ia sempat mencicip juara Danish Superliga 2021/2022. 

5. Konstantin Maradishvili (Lokomotiv Moskow)

5 Pemain Berkebangsaan Georgia yang Berlaga di Liga Top EropaKonstantin Maradishvili (instagram.com/fclokomotiv)

Konstantin Maradashvili mengantongi dua kewarganegaraan karena lahir dari ayah seorang Georgia dan ibu asal Rusia. Namun, pemain muda yang kini membela Lokomotiv Moskow memilih untuk bergabung dengan Rusia U-21. 

Sebelum menjadi andalan Lokomotiv Moskow, Maradashvili adalah jebolan akademi CSKA Moskow. Ia sempat bermain untuk tim utama selama setengah musim sebelum bergabung dengan tim rival. 

Dengan kemajuan pesat yang ditunjukkan Tim Nasional Georgia, sepertinya bukan hal mustahil untuk menemukan nama-nama lain dari negara pecahan Uni Soviet ini muncul ke permukaan. Meskipun tak bisa dimungkiri perjalanan untuk bisa mencapai Euro dan Piala Dunia bukan hal mudah.

Baca Juga: 10 Fakta Mark Noble, Pemain Sepak Bola yang Dijuluki Mr. West Ham

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya