5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub Baru

Bisa dikategorikan sebuah privilese 

Masuk usia 30-an, pesepak bola akan menemukan tantangan untuk dapat klub baru yang bersedia memanfaatkan jasa mereka. Fenomena ini sudah sering terjadi. Artem Dzyuba misalnya butuh beberapa waktu usai kontraknya dengan Zenit St. Petersburg habis pada akhir musim 2021/2022 untuk bisa dapat klub baru. Begitu pula dengan Alan Dzagoev yang setelah kontraknya dengan CSKA Moskow berakhir harus rela bergabung dengan klub yang terdegradasi, Rubin Kazan. 

Diego Costa bahkan sempat berstatus pemain tanpa klub usai kontraknya dengan Atletico Madrid berakhir pada 1 Januari 2021. Artinya, tidak semua atlet profesional memiliki privilese untuk berkarier sampai usia yang ia inginkan. 

Beruntung hambatan tersebut tidak terjadi pada kelima pemain sepak bola berikut. Meski sudah masuk usia 30-an pada tahun 2023 ini, mereka tak kesulitan dapat klub baru. Beberapa bahkan berhasil naik kelas bermain di liga yang lebih baik. Berikut rekapnya. 

1. Dejan Lovren

5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub BaruDejan Lovren (instagram.com/ol)

Dejan Lovren jadi salah satu pemain berusia di atas 30-an yang beruntung bisa tetap bermain. Penampilan apiknya bersama Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 jadi tiket untuknya guna meninggalkan Zenit St. Petersburg, klub yang jadi rumahnya sejak 2020. 

Mengingat FIFA dan UEFA belum berniat menganulir sanksi yang diberikan pada sepak bola Rusia, kepindahan Lovren ke Olympique Lyon pun jadi peluang baginya untuk kembali bermain di berbagai kompetisi Eropa. Kontraknya dengan Zenit sendiri sejatinya baru akan berakhir pada pertengahan tahun 2023. 

2. Daley Blind

5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub BaruDaley Blind (instagram.com/fcbayern)

Hal serupa terjadi pada Daley Blind. Pemain berusia di atas 30-an ini ternyata mampu tampil menawan bersama Timnas Belanda pada Piala Dunia 2022 lalu. Blind adalah jebolan akademi Ajax yang sempat mencicip English Premier League (EPL) bersama Manchester United, tetapi kemudian kembali ke klub lamanya pada 2018. 

Kali ini, ia kembali merantau ke Jerman untuk bergabung dengan Bayern Muenchen tanpa biaya alias free agent. Sepertinya Bayern bersiap mengisi pos yang ditinggalkan para penggawa yang sedang dilanda cedera. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Direkrut MU pada Bursa Transfer Musim Dingin 2023

3. Geronimo Rulli

5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub BaruGero Rulli (instagram.com/gerorulli)

Meski tak dapat jatah bermain di Piala Dunia 2022, Geronimo Rulli yang selama ini jadi andalan Villareal tak kehilangan daya tariknya. Pada jendela transfer awal tahun 2023, Rulli akhirnya bergabung dengan Ajax Amsterdam. 

Rulli sepertinya dipilih Ajax untuk menggantikan kiper-kiper mereka yang mulai memasuki usia 40-an. Ia berpotensi jadi andalan di klub raksasa Belanda tersebut. 

4. Mislav Orsic 

5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub BaruMislav Orsic (instagram.com/orsic99)

Hingga usia 30, Mislav Orsic belum pernah bermain di liga-liga unggulan Eropa. Kepindahannya ke Southampton pada jendela transfer Januari 2023 adalah sebuah kenaikan pangkat. Meski bukan klub favorit di EPL, Southampton dikenal sebagai salah satu klub yang lihai menggaet talenta terbaik dunia. 

Orsic diboyong Southampton dari Dinamo Zagreb untuk mengisi posisi sayap kiri. Bisakah Orsic bersinar bersama klub yang bermarkas di St. Mary Stadium tersebut?

5. Guillermo Ochoa

5 Pemain Berusia di Atas 30 yang Tak Kesulitan Gaet Klub BaruGuillermo Ochoa (instagram.com/yosoy8a)

Ochoa adalah sosok kiper veteran di Timnas Meksiko. Ia memulai kariernya di Club America, salah satu klub tersukses Liga Meksiko. Ochoa kemudian merantau ke Eropa untuk menjajal Ligue 1, LaLiga, dan Jupiler Pro League bersama klub-klub papan bawah dan tengah.  

Memasuki usia 34 pada 2019, ia kembali ke klub pertamanya. Pada Januari 2023, Ochoa yang sudah mendekati usia 40 tahun ternyata dapat tawaran bergabung dengan Salernitana di Serie A Italia sebagai free agent. 

Meski beberapa pemain bergabung dengan tim baru sebagai free agent, setidaknya mereka tidak harus menunggu beberapa waktu dengan status tanpa klub. Sebuah privilese yang tidak bisa didapatkan semua pemain. Kecuali nama-nama tenar macam Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Baca Juga: 5 Transfer Termahal Pernah Terjadi pada Bursa Transfer Musim Dingin

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya