6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023

Termasuk dua debutan

Serie A memang baru memasuki minggu kelima, tetapi sudah banyak pemain yang mencuri perhatian lewat performa mencolok mereka. Tak sedikit yang berusia di bawah 25 tahun, bahkan baru debut di salah satu liga top dunia ini.

Berdasarkan gol, assist, dan akurasi passing mereka, berikut daftar pemain muda Serie A yang bersinar pada awal musim 2022/23. Silakan diikuti sepak terjangnya.

1. Khvicha Kvaratskhelia 

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Di Lorenzo dan Kvaratskhelia (instagram.com/officialsscnapoli)

Memasuki minggu ke-5, Kvaratskhelia memang tak lagi memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Serie A. Posisinya disusul pemain senior Bologna, Marko Arnautovic. Meski begitu, sang debutan berhasil mencetak 4 gol dan 1 assist dalam 5 pertandingan yang membuat fans Napoli girang. Melansir statistik BBC, rata-rata akurasi tembakannya bahkan mencapai 70 persen dengan akurasi operan 80 persen. 

Berkat performanya yang brilian pada awal musim 2022/23 ini, bintang asal Republik Georgia tersebut dapat julukan Kvaradona. Nama tersebut merupakan gabungan dari nama belakangnya dan nama legenda yang dikultuskan Napoli, Diego Maradona.

2. Dusan Vlahovic 

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Dusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Dusan Vlahovic meraih catatan 4 gol dalam 4 pertandingan bersama Juventus pada awal musim 2022/23 ini. Sayangnya, pada minggu kelima ini sang penyerang dicadangkan dengan alasan mempersiapkannya untuk laga perdana Liga Champions Eropa yang akan dimulai pada 7 September 2022.

Vlahovic memang mencolok sejak dikontrak Fiorentina pada 2018 lalu. Pada usia 18 tahun, ia didapuk menjadi salah satu pemain termuda yang berhasil debut di Serie A.

3. Teun Koopmeiners

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Teun Koopmeiners (instagram.com/teunkoopmeiners)

Hijrah dari Eredivisie ke Serie A pada musim panas 2021 lalu, Koopmeiners berhasil menyesuaikan diri dalam skema permainan Gasperini di Atalanta. Pada awal musim 2022/23 ini, sang pemain berkebangsaan Belanda berhasil menciptakan 4 gol dalam 4 pertandingan.

Statistik BBC juga menyebut sang pemain berhasil melontarkan 8 tembakan. Padahal, Koopmeiners lebih sering dimainkan sebagai gelandang tengah dan gelandang bertahan.

Baca Juga: 10 Potret Teun Koopmeiners, Gelandang Bertahan Andalan Atalanta

4. Victor Osimhen

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Victor Osimhen (instagram.com/officialsscnapoli)

Bersama rekan setimnya, Kvaratskhelia, Osimhen jadi duo mematikan di lini depan Napoli. Pemuda asal Nigeria ini berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist selama diturunkan dalam 5 pertandingan. Melansir statistik Goal, pada laga melawan Lazio di giornata kelima, Osimhen berhasil menghasilkan 5 tembakan dengan akurasi passing mencapai 88 persen.

Performa baik Osimhen pada awal musim 2022/2023 sempat membuatnya jadi perbincangan hangat. Terutama rumor ketertarikan Manchester United yang hendak mencomotnya dari Napoli.

5. Rafael Leão 

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Rafael Leao (instagram.com/iamrafaeleao93)

Berstatus pemain AC Milan, Leao menjadi salah satu sensasi di Serie A selama awal musim 2022/23 ini. Ia berhasil menyumbangkan 3 gol dan 2 asisst dalam 5 pertandingan dengan rata-rata akurasi passing mencapai 82 persen.

Capaian ini membuatnya menjadi salah satu pemain sayap kiri yang produktif untuk tim yang ia bela sekaligus mematikan untuk lawan. Leao diboyong AC Milan dari Lille sejak 2019 lalu.

6. Boulaye Dia

6 Pemain Muda Serie A yang Mencolok pada Awal Musim 2022/2023Boulaye Dia (instagram.com/ussalernitana1919official)

Meski timnya tidak termasuk dalam unggulan, Boulaye Dia layak dapat apreasiasi atas kontribusinya pada awal musim 2022/2023 ini untuk Salernitana. Pemain pinjaman dari Villarreal ini baru saja bergabung dengan Salernitana pada Agustus 2022 dan akan bertahan di sana selama satu musim.

Baru debut, Dia sudah berhasil 2 gol dan 2 assist dalam 3 pertandingan saja. Akurasi tembakan dan passingnya mencapai 75 persen. Ia bisa dibilang salah satu kartu penting untuk Salernitana musim ini.

 

Menariknya, dua di antara pemain muda tadi berstatus debutan, yaitu Kvaratskhelia dan Dia. Tentu keduanya adalah minoritas. Mayoritas pemain tidak serta merta bisa tampil cemerlang di musim debutnya bersama tim baru. Maklum saja, seseorang pasti butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya