9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023

Ada Cody Gakpo yang bersinar di Piala Dunia 2022

Bursa transfer musim dingin 2023 sudah dibuka. Ada beberapa kabar mengejutkan dari sejumlah klub. Salah satu yang paling seru tentu kehadiran para debutan. Mereka termasuk pemain muda yang menandatangani kontrak dengan klub di liga top Eropa, mulai English Premier League (EPL) sampai Bundesliga Jerman.

Sebagai pendatang baru, tentu orang penasaran dengan kemampuan dan sepak terjang mereka. Untuk pemanasan sebelum paruh kedua musim 2022/2023, mari tengok daftar pemain muda yang akan debut di liga top Eropa pada 2023.

1. Andrey Santos 

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Andrey Santos (instagram.com/chelseafc)

Chelsea jadi salah satu klub yang cukup royal menggelontorkan uang untuk belanja pemain pada bursa transfer musim dingin 2023. Sejauh ini, mereka sudah merekrut tiga pemain muda asal Afrika dan Brasil untuk bergabung dengan skuad asuhan Graham Potter.

Salah satu pemain itu adalah Andrey Santos yang diboyong Chelsea dari Vasco da Gama. Usianya bahkan belum genap 19 tahun. Ia juga baru promosi ke tim utama klub asal Brasil tersebut pada Januari 2022 lalu.

2. Benoit Badiashile

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Benoît Badiashile (instagram.com/chelseafc)

Benoit Badiashile merupakan pemain andalan AS Monaco sejak usia belasan tahun. Pada usia 21, ia dapat panggilan dari Didier Deschamps untuk bergabung dengan Timnas Prancis. Usai tampil apik bersama Les Bleus di Piala Dunia, Chelsea langsung menawarnya dari Monaco.

Chelsea merupakan klub kedua Badiashile sepanjang kariernya. Sejak kecil, ia menempuh pendidikan di akademi milik AS Monaco, kemudian promosi ke tim utama pada 2018.

3. David Datro Fofana

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023David Datro Fofana (instagram.com/chelseafc)

Tidak seperti Badiashile yang sudah pernah berlaga di berbagai kompetisi tertinggi Eropa, David Datro Fofana lebih minim pengalaman. Ia baru saja bergabung dengan klub Norwegia, Molde, pada 2021 dari klub lokal Pantai Gading, Abidjan City FC.

Bersama Molde, ia tak kesulitan dapat jam bermain rutin sebagai pemain depan. Di Chelsea,  ia akan bersaing dengan Kai Havertz dan Pierre-Emerick Aubameyang.

4. Cody Gakpo 

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Cody Gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Usai tampil cemerlang bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Cody Gakpo langsung mengantongi tiket untuk lepas dari klub masa kecilnya, PSV Eindhoven. Liverpool merupakan klub pertama yang mengawali karier internasionalnya. 

Sang bintang muda sudah debut bersama Liverpool pada salah satu laga FA Cup 2022/2023 melawan Wolverhampton Wanderers. Ia langsung diturunkan sebagai starter oleh Jurgen Klopp.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

5. Simon Simoni

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Simon Simoni (instagram.com/simon_simoni41)

Eintracht Frankfurt juga melakukan beberapa pembelian menarik pada awal tahun 2023. Salah satunya kiper muda berkebangsaan Albania, Simon Simoni. Sosoknya cukup mencolok karena berhasil promosi ke tim utama Dinamo Tirana pada 2021 saat usianya belum genap 17 tahun.

Kini masih berusia 18 tahun, ia punya peluang debut di salah satu liga top dunia, Bundesliga. Meski begitu, Simoni sepertinya masih akan jadi kiper pelapis untuk Kevin Trapp.

6. Garang Kuol 

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Garang Kuol (instagram.com/garangkuoll)

Bersama Gakpo, Garang Kuol jadi pemain yang dibeli klub Inggris berkat kontribusinya di Piala Dunia 2022. Kuol mendarat di klub English Premier League yang sedang naik daun, Newcastle United.

Kuol merupakan pemain keturunan Sudan yang bermigrasi ke Australia sejak belia. Ia kemudian bermain secara profesional untuk klub Central Coast Mariners yang bermarkas di New South Wales.

7. Facundo Buonanotte 

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Facundo Buonanotte (instagram.com/facubuonanotte_)

Facundo Buonanotte direkrut Brighton & Hove Albion dari Rosario Central. Ia jadi salah satu pemain muda debutan yang dinanti banyak orang. Tak sedikit yang membandingkannya dengan Alexis McAllister yang juga dibawa Brighton dari klub lokal Argentina, Argentinos Juniors. 

Buonanotte baru saja berulang tahun yang ke-18 pada akhir Desember 2022 lalu. Pada usia muda, ia penuh optimisme. 

8. Paxten Aaronson 

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Paxten Aaronson (instagram.com/paxten_aaronson8)

Debutan berikutnya datang dari klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Ia bernama Paxten Aaronson yang baru berusia 19 tahun. Sebelum resmi berseragam Eintracht Frankfurt, Aaronson berstatus pemain Philadelpia Union. 

Ia termasuk dalam sembilan pemain Philadelpia yang meninggalkan klub pada 2022/2023. Sama dengan kebanyakan pemain muda dalam daftar ini, ia baru bergabung dengan tim utama klub lamanya pada 2021.

9. Cesar Montes

9 Pemain Muda yang Akan Debut di Liga Top Eropa pada 2023Cesar Montes (instagram.com/rcdespanyol)

Meski Meksiko tak tampil maksimal di Piala Dunia 2022, ternyata beberapa pemain mereka jadi daya tarik pada bursa transfer musim dingin 2023. Salah satunya pemain muda jebolan CF Monterrey, Cesar Montes. 

Montes juga baru pertama kali merantau untuk berkarier di luar negeri. Klub yang membuka peluangnya berlaga di liga top dunia adalah Espanyol. Saat ini, Espanyol berada di papan bawah LaLiga. 

Daftar pemain muda yang akan debut di liga top Eropa masih bisa bertambah. Chelsea, misalnya, dikabarkan masih mengincar Enzo Fernandez (SL Benfica) dan Arsen Zakharyan (Dynamo Moskow). Siapa kira-kira yang akan menyusul sembilan pemain di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo Teratas

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya