5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain Lewandowski

Termasuk Piotr Zielinski yang tampil menawan di Napoli 

Selama ini Tim Nasional Polandia selalu berada di bawah bayang-bayang sosok Robert Lewandowski alias Lewy. Sang bintang yang sudah mengantongi 134 caps bersama Bialo-Czerwoni memang mendominasi skuad Polandia sejak debut pada 2008. Bahkan, hingga kini menginjak usia 30-an, Lewy masih jadi andalan di tim yang menaunginya.  

Namun, tak bisa dimungkiri usianya yang terus bertambah membuat banyak orang sadar bahwa regenerasi mulai dibutuhkan. Tim Nasional Polandia sepertinya tidak akan kesulitan menemukan penggawa yang bisa diandalkan di masa depan. Beberapa nama muda mulai menyeruak setelah tampil apik bersama klub masing-masing. 

Penampilan apik mereka beberapa musim ke belakang pun sepertinya tak luput dari perhatian pelatih Czesław Michniewicz. Setidaknya ada lima pemain Polandia yang aksinya layak dinantikan di Piala Dunia 2022 Qatar selain Lewandowski. Siapa yang bakal lebih bersinar?

1. Piotr Zielinski 

5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain LewandowskiPiotr Zielinski (instagram.com/zielu_94)

Piotr Zielinski adalah salah satu sensasi di Serie A. Dari 21 pertandingan bersama Napoli musim 2022/23 ini, Zielinski sudah menyumbang 6 gol dan 7 assist. Zielinski bergabung dengan Napoli sejak 2016 dan merupakan salah satu pemain yang sering diturunkan sebagai starter. Sebelum bergabung dengan Napoli, Zielinski pernah membela Udinese dan Empoli selama beberapa musim. 

Di Timnas Polandia, Zielinski merupakan langganan tim muda. Ia pertama kali bergabung dengan tim senior pada 2013. Sempat ditarik ke tim U-21 sepanjang 2014-2015, ia akhirnya jadi langganan tim senior sejak 2016. 

2. Sebastian Szymanski 

5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain LewandowskiSebastian Szymański (instagram.com/szymanski__11)

Sebelum berstatus pemain Feyenoord, Szymanski adalah jebolan akademi Legia Warsawa. Setelah bermain beberapa musim bersama tim utama Legia, ia berlabuh di Liga Primer Rusia bersama Dynamo Moskow pada 2019. Setelah berjuang selama dua musim, ia mulai menunjukkan perkembangan baik di Moskow dan berhasil meyakinkan Feyenoord untuk meminangnya. 

Lewat skema pinjaman, sejak musim panas 2022 pemain muda Polandia tersebut berhak mencicipi Eredivisie bersama klub barunya. Di Feyenoord penampilannya tidak mengecewakan. Szymanski sudah menyumbang 7 gol dan 4 assist dalam 18 pertandingan yang diikutinya. Pengalamannya di Timnas Polandia memang masih minim. Namun, ia masih punya banyak waktu untuk menambah jam terbang, termasuk pada turnamen Piala Dunia 2022 ini. 

Baca Juga: Skuad Resmi Polandia di Piala Dunia 2022, Lewandowski Jadi Kunci

3. Jakub Kaminski 

5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain LewandowskiJakub Kaminski (instagram.com/jakub.kaminskii)

Nama muda lain yang layak dinanti dari Polandia adalah Jakub Kaminski. Ia baru saja dibeli WfL Wolfburg dari klub masa kecilnya, Lech Poznan. Penampilannya dengan klub baru tidak menyedihkan. Ia berkontribusi dalam 15 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 3 assist. 

Masih berusia 20 tahun, Kaminski debut bersama tim senior Polandia pada akhir 2021 lalu untuk kualifikasi Piala Dunia 2022. Keikutsertaannya dalam Piala Dunia 2022 Qatar adalah debut turnamen besarnya. 

4. Nicola Zalewski 

5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain LewandowskiNicola Zalewski (instagram.com/nico_zale)

Nico Zalewski juga jadi nama muda yang menarik dari skuad Polandia pada Piala Dunia 2022. Ia merupakan jebolan akademi AS Roma yang ditarik ke tim senior sejak musim panas 2021. Zalewski memang bukan pilihan pertama di klubnya. Tercatat ia baru bermain dalam 11 pertandingan Serie A dan 5 UEFA Europa League (UEL). 

Sama dengan Kaminski, Zale juga baru debut dengan tim senior Polandia pada akhir 2021 untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sama dengan Kaminski, Piala Dunia 2022 Ini jadi turnamen besar pertamanya bersama timnas. Akankah ia bersinar? 

5. Przemyslaw Frankowski 

5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain LewandowskiPrzemyslaw Frankowski (instagram.com/przemek.franek_)

Frankowski memang bukan nama yang populer. Namun, ia merupakan salah satu pemain andalan FC Lens, klub yang saat ini menduduki runner-up sementara klasemen Ligue 1 Prancis 2022/2023. Sejak bergabung Lens Agustus 2021, Frankowski sudah berkontribusi dalam 55 pertandingan, menceploskan 6 gol, dan menyumbang 7 assist. Torehan yang tidak buruk untuk seorang gelandang.

Di level internasional, Frankowski sudah sering dipanggil timnas sejak akhir 2018. Ia memang bukan pemain langganan starter, tetapi kontribusi dan pengalamannya tidak bisa diabaikan dalam tim. 

Kombinasi antara pemain muda dengan yang sudah punya jam terbang tinggi sepertinya jadi strategi pelatih Czesław Michniewicz dalam gelaran Piala Dunia 2022 ini. Menarik, nih, buat mengikuti kiprah Polandia yang akan melakoni laga perdana melawan Meksiko, Selasa (23/11/2022) pukul 23.00 WIB. Kira-kira siapa saja nama yang akan dipilih Michniewicz menjadi starter?

Baca Juga: Berangkat ke Qatar, Pesawat Timnas Polandia Dikawal 2 Jet Tempur

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya