7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022

Cerminan sejarah migrasi di Australia 

Beberapa tim yang berlaga di Piala Dunia 2022 sudah mulai mengumumkan daftar pemain yang mereka boyong ke Qatar. Salah satunya Soceroos alias Tim Nasional Australia.

Keberadaan beberapa pemain berlatar belakang imigran jadi hal yang menarik. Ini cukup unik mengingat beberapa tahun belakangan, Soceroos jarang menampakkan diversitas di dalam skuadnya. Kebanyakan pemainnya masih didominasi ras kulit putih atau keturunan Eropa, terutama Inggris dan Irlandia. 

Australia sendiri merupakan negara yang didominasi imigran dari luar negeri. Melansir Australian National Maritime Museum, imigran pertama datang ke Australia pada abad 18 sampai 19. Mereka merupakan narapidana Inggris dan negara-negara koloninya (Skotlandia dan Irlandia) yang dikirim karena penjara-penjara kelebihan kapasitas.  

Pada rentang waktu yang sama, terjadi arus migrasi independen yang dilakukan orang Inggris dan beberapa negara Eropa lain. Dalam waktu cepat, populasi mereka terus naik melebihi penduduk asli Australia yang dikenal dengan sebutan Aborigin. 

Pada awal 1850-an, mulai masuk pekerja migran asal China yang direkrut untuk bekerja di perkebunan tebu. Jumlahnya yang terus meningkat membuat pemerintah Australia mengeluarkan kebijakan moratorium dan membatasi jumlah imigran yang boleh masuk ke wilayah mereka.

Pintu kembali dibuka pada 1970-an ketika terjadi krisis keamanan di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Vietnam dan Timor Timur. Pada 1990-an, mulai datang imigran asal Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika yang kabur dari konflik di negara mereka. Namun, sejak 2010-an, Australia kembali menutup katup arus migrasi. 

Dampak dari sejarah migrasi di Australia ini akhirnya mulai tercermin dalam Soceroos. Anak-anak imigran yang datang pada 1990-an tumbuh dewasa dan memilih berkarier di bidang sepak bola. Beberapa di antara pemain Timnas Australia berlatar imigran pun akan tampil di Piala Dunia 2022.

1. Aziz Behich 

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Aziz Behich (instagram.com/azizbehich)

Aziz Behich merupakan pemain sepak bola yang lahir dari orangtua beretnis Turki di Siprus. Siprus sendiri negara yang dihuni dua ras mayoritas, Turki dan Yunani.

Kedua etnis ini sempat terlibat perang sengit pada 1970-an dan hingga kini menyebabkan terbelahnya wilayah Siprus menjadi dua bagian. Satu bagian wilayah di Utara dikenal dengan nama Turkish Republic of Northern Cyprus yang tidak diakui oleh pemerintahan sah Siprus, tetapi disokong Turki. 

Dalam wawancara dengan ABC, Behich mengaku sangat menghargai pengorbanan orangtuanya yang rela bekerja keras dari nol di negara perantauan untuk masa depan anak-anaknya. Rekam jejak karier Behich dimulai dari beberapa klub Australia, kemudian berlanjut ke Turki. Sempat mampir ke PSV Endhoiven, kini ia bestatus pemain Dundee United yang bermarkas di Skotlandia. 

Behich termasuk pemain senior. Debutnya sebagai pemain tim nasional terwujud pada 2012 dan sempat masuk dalam skuad Soceroos pada Piala Dunia 2018. 

 2. Garang Kuol 

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Garang Kuol (instagram.com/garangkuoll)

Garang Kuol mengantongi dua kewarganegaraan. Selain Australia, ia merupakan pemuda kelahiran Sudan Selatan.

Melansir Sport Brief, kisah Kuol tak beda jauh dengan Behich. Orangtuanya pindah ke Mesir untuk menyelamatkan diri dari perang sipil dan melahirkan Kuol. Selang beberapa tahun, keluarga kecil ini berkesempatan pindah ke Australia sebagai pencari suaka. 

Di sinilah Kuol kecil mulai berkenalan dengan sepak bola. Pemain kelahiran tahun 2004 ini bergabung dengan akademi milik klub Goulburn Valley Suns.

Selang setahun, ia direkrut tim muda Central Coast Mariners. Beberapa saat setelah ia naik pangkat ke tim senior, Newcastle United meminangnya.

Piala Dunia 2022 akan jadi momen debutnya di turnamen internasional. Ia tercatat baru bermain sekali dengan Soceroos pada pertandingan persahabatan dengan Selandia Baru.

3. Ajdin Hrustic  

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Ajdin Hrustic (instagram.com/ajdinhrustic)

Pemain Australia berlatar imigran berikutnya adalah Ajdin Hrustic. Melansir Sydney Morning Herald, Hrustic lahir dari ayah Bosnia dan ibu Rumania.

Pengalaman internasionalnya cukup mumpuni. Sejak 2011, ia berkarier di Eropa. Mulai Nottingham Forest, Austria Vienna, FC Schalke, Groningen, Eintracht Frankfurt, sampai yang terbaru Hellas Verona. 

Sampai 2017, panggilan bermain untuk Australia tak kunjung datang. Tawaran justru datang berkali-kali dari Federasi Sepak Bola Bosnia Herzegovina.

Barulah pada Juni 2017, ia disertakan ke dalam skuad Soceroos yang berlaga di Confederations Cup. Setelah itu, kariernya bersama tim nasional berhenti tanpa ada panggilan lagi. Disertakannya Hrustic dalam skuad Soceroos pada Piala Dunia 2022 adalah pertama kalinya sejak 5 tahun terakhir. 

Baca Juga: 9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang Imigran

4. Milos Degenek 

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Milos Degenek (instagram.com/milosdegenek)

Bersama Behich dan Hrustic, Milos Degenek bisa jadi orang ketiga yang mewakili populasi imigran asal Balkan atau Eropa Timur di Timnas Australia. Melansir ABC, ceritanya agak berbeda dengan kedua rekannya.

Degenek lahir dari orangtua beretnis Serbia yang tinggal di wilayah yang kini bernama Kroasia. Perang Balkan pada awal 1990-an membuat orangtuanya memilih pindah ke teritori Serbia untuk menyelamatkan diri.

Ternyata perang belum usai. Pada akhir 1990-an, terjadi Perang Kosovo yang membuat Degenek sempat merasakan kengerian perang dan kelaparan parah. Sama dengan kebanyakan cerita pemain imigran lainnya, Degenek akhirnya diboyong orangtuanya pindah ke tempat yang lebih jauh. Pilihan mereka adalah Australia. 

Degenek memulai kariernya dengan bergabung ke sebuah akademi lokal Australia. Ia kemudian melanglangbuana ke klub Jerman, Jepang, Arab Saudi, dan Serbia. Saat ini, ia berstatus pemain di klub Columbus Crew yang bermain di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. 

Degenek sempat masuk tim muda Soceroos, kemudian bergabung dengan tim muda Serbia. Sejak 2016, ia secara rutin dipanggil untuk bermain di Timnas Australia. 

5. Fran Karacic

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Fran Karacic (instagram.com/socceroos)

Fran Karacic juga punya cerita menarik. Ia lahir dan sempat menghabiskan masa kecilnya di Sydney sebelum kembali ke Kroasia bersama orangtuanya. Merujuk SMH, Karacic sebenarnya lebih dahulu bergabung dengan Tim U-21 Kroasia. Debutnya bersama Timnas Australia baru terealisasi pada 2021 lalu. 

Sama dengan keturunan imigran pada umumnya, Karacic mengantongi dua kewarganegaraan. Kakeknya merupakan generasi pertama di keluarganya yang bermigrasi ke Australia pada 1970-an. Sesuai dengan sejarahnya, saat itu Australia masih membuka keran kedatangan imigran. 

 6. Awer Mabil 

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Awer Mabil (instagram.com/awermabil10)

Sama dengan Kuol, Awer Mabil lahir dari orangtua imigran asal Sudan Selatan yang menetap di Australia. Menurut artikel fitur FIFA, sebelum sampai ke Australia, orangtuanya harus mengungsi ke sebuah kamp pengungsian di Kakuma, Kenya. Di sanalah sang putra lahir dan menghabiskan masa kecilnya. 

Mabil akhirnya pindah ke Australia dengan bantuan salah satu pamannya. Adelaide adalah kota yang akhirnya menaunginya.

Karier sepak bolanya juga dimulai di kota itu saat ia berusia remaja. Selang beberapa tahun berlaga di A-League Australia, Mabil dipinang FC Midtjylland. 

Ia lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan. Sejak musim panas 2022, Mabil berstatus pemain klub LaLiga Spanyol, Cadiz CF. Namun, kariernya di tim nasional cukup baik. Ia bergabung dengan tim U-20 dan U-23 sebelum menjadi pemain langganan di tim senior sejak 2018.

7. Thomas Deng

7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022Thomas Deng (instagram.com/thomasdeng14)

Mabil adalah pemain berkebangsaan Sudan Selatan pertama di tim nasional Australia. Ia kemudian disusul Garang Kuol dan Thomas Deng.

Melansir ABC, Deng dan Mabil adalah sahabat sejak kecil. Keduanya sama-sama lahir di kamp pengungsian di Kenya. Mereka kemudian pindah ke Adelaide pada usia belia. 

Beda dengan Mabil, karier profesional Deng dimulai di klub Melbourne Victory. Keduanya juga debut untuk Soceroos pada 2018.

Tidak seperti Mabil yang rutin dipanggil ke kamp latihan tim nasional, Deng sempat vakum selama kurang lebih 3 tahun. Panggilan baru datang padanya pada 2021 dan terbaru dimasukkan pelatih Graham Arnold sebagai 1 dari 26 pemain yang diboyong ke Qatar. 

Demografi di atas mencerminkan sejarah migrasi Australia yang selama ini jarang tampak di tim sepak bola mereka. Nama-nama Balkan memang sudah beberapa kali menghiasi tim Soceroos, tetapi baru tahun ini pemain asal Sudan Selatan disertakan. Tak sabar melihat dinamika mereka di lapangan nanti. 

Baca Juga: 6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya