5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 

Mereka bak pahlawan tanpa tanda jasa

Piala Dunia 2022 Qatar sudah memasuki babak semifinal. Ada empat tim yang akan berkompetisi untuk merebut dua tempat di babak final. Dengan prestasi mentereng ini, tentu sudah ada nama-nama yang mencuri perhatian. Sebut saja Messi, Mbappe, Giroud, Modric, Bono, Hakimi, dan lain sebagainya. 

Namun, tentu mereka tidak sendiri. Ada kontribusi pemain lain yang terkadang terlupakan begitu saja. Sebagai bentuk apresiasi, berikut daftar pemain underrated yang ternyata punya andil besar mengantarkan timnya sampai ke semifinal Piala Dunia 2022.

1. Mateo Kovacic (Kroasia)

5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Mateo Kovacic (instagram.com/mateokovacic8)

Meski berkarier di klub besar macam Chelsea, Kovacic tak banyak diperbincangkan ketika bermain untuk timnas. Realitanya, pemain tengah ini punya peran vital di samping Luka Modric untuk mengorganisir lini tengah Kroasia. 

Kontribusinya terlihat jelas dalam beberapa laga terakhir Kroasia di Piala Dunia 2022. Menurut Opta Analyst, ia punya peran dalam mengatur serangan di sebelah kiri dan sering memberikan umpan terobosan kepada penyerang dari sisi kiri. Berkatnya, Kroasia mampu menyulitkan pertahanan lawan. 

2. Youssef En-Nesyri (Maroko)

5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Youssef En-Nesyri (instagram.com/ennesyri15)

Youssef En-Nesyri berposisi sebagai penyerang utama di Sevilla dan Maroko. Tubuhnya yang jangkung membuatnya mahir dalam mengelola operan atas. Terbukti dari gol yang diciptakannya ke gawang Portugal melalui umpan silang dari sisi kiri. 

Meski sudah mengoleksi dua gol dalam Piala Dunia 2022, nama En-Nesyri sepertinya belum banyak dielu-elukan publik layaknya Bono dan Hakimi. Padahal, perannya tak kalah prominen untuk Maroko dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: Polemik Gelang Lengan One Love di Piala Dunia 2022

3. Nahuel Molina (Argentina)

5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Nahuel Molina (instagram.com/nahuelmolina35)

Peran Nahuel Molina di Timnas Argentina cukup krusial. Ia mengisi pos bek kanan yang juga berperan membantu serangan La Albiceleste dari sisi sayap. Molina pun sukses mencatatkan satu gol ke gawang Belanda pada laga perempat final. 

Sayangnya, tidak banyak publik yang menyoroti peran Molina sebagai sosok pahlawan penting di Piala Dunia 2022 ini. Bek yang merumput di LaLiga bersama Atletico Madrid itu sebenarnya cukup rajin menciptakan tekanan terhadap lawan dan solid dalam bertahan.

4. Aurélien Tchouameni (Prancis)

5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Aurélien Tchouameni (instagram.com/aurelientchm)

Di Timnas Prancis, ada Aurélien Tchouameni yang tidak banyak dibicarakan warganet sepanjang Piala Dunia 2022 ini. Sinarnya kalah dari Mbappe dan Giroud. Tchouameni punya andil besar di skuad Les Bleus. Ia menjelma menjadi sosok gelandang bertahan yang membuat area pertahanan Prancis susah ditembus.

Ia juga menyumbang satu gol untuk negaranya di Piala Dunia 2022. Gol itulah yang jadi pembuka kemenangan Prancis atas Inggris pada babak perempat final. 

5. Josip Juranovic (Kroasia)

5 Pemain Underrated pada Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Selain Kovacic, Josip Juranovic masuk dalam daftar pemain underrated di tubuh Timnas Kroasia. Pemain yang berkarier di Liga Skotlandia bersama Celtic itu punya peran penting dalam mengatur serangan dan menjaga pertahanan Kroasia di sisi kanan. 

Pada pertandingan melawan Brasil, penampilan Juranovic layak diacungi jempol. Ia sukses menghalau Vinicius Jr. yang bertugas memberikan umpan pada Richarlison dan Neymar. Hasilnya, Brasil gagal mencetak gol dalam 90 menit waktu normal pertandingan. 

Dengan keberadaan nama-nama tenar yang mencuri perhatian di semifinal Piala Dunia 2022, tak sedikit pemain prominen yang berstatus "unsung heroes" atau pahlawan tanpa tanda jasa. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Deretan Sanksi yang Diterima Tim Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya