Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggris

#WorldCup2018 Sudah lama ditaksir beberapa klub Inggris

Nama Ivan Perisic sontak melambung usai memberikan satu gol dan satu assist untuk kemenangan Kroasia atas Inggris dalam laga semifinal Piala Dunia 2018 (11/7). Belum banyak yang membahas soal pemain satu ini, berikut profil singkat dan highlight dalam kariernya.

1. Debutnya di Liga Belgia menarik perhatian klub-klub elit Eropa

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan InggrisZimbio.com

Perisic merupakan lulusan akademi sepak bola lokal di Kroasia. Ia kemudian bergabung dengan Club Brugge di Liga Belgia. Di tahun 2011 ia dinobatkan sebagai top scorer dan pemain terbaik. Ini membuat Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspurs tertarik meminangnya.

Perisic memilih Dortmund dan bertahan di sana hingga musim 2014/2015.

2. Bergabung dengan Inter sejak 2015

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggrisinstagram.com/ivanperisic444

Setelah empat musim bersama Dortmund, ia kemudian memutuskan pindah ke Inter Milan sejak musim panas 2015. Di tahun 2016 hingga 2017 namanya kian santer dikaitkan dengan kepindahannya ke liga premier Inggris.

Manchester City, Manchester United, dan Chelsea dikabarkan tertarik untuk merekrutnya. Namun, hingga kini ia masih berstatus pemain Inter dengan nomor punggung 44.

3. Bergabung dengan timnas sejak 2011, kiprahnya baru terlihat di Euro 2016

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggrisinstagram.com/ivanperisic444

Sejak tampil memukau di tahun 2011, Perisic secara reguler dipanggil untuk memperkuat timnas Kroasia. Debut internasionalnya bersama timnas terjadi di Euro 2012. Namun, ia baru terlihat menonjol di Euro 2016 ketika berhasil menceploskan gol ke gawang tim-tim besar seperti Spanyol.

4. Dikenal tidak suka dicadangkan

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggrisindependent.co.uk

Dibalik kecepatan dan ketepatannya, Perisic dikenal tidak suka dicadangkan. Itu salah satu alasan yang mengiringi kepindahannya dari Dortmund. Saat Dortmund berada di bawah komando Jurgen Klopp, Perisic harus bergantian dengan Marco Reus dan beberapa pemain tengah lain.

Dilansir dari Daily Mail, ia bahkan sempat mengungkapkan kekecewaannya karena ia tidak banyak diberikan waktu untuk bermain selama di Dortmund. Pernyataan itu sempat membuatnya bersitegang dengan Klopp yang menganggap Perisic terlalu kekanak-kanakan.

5. Banderol harga yang mahal runtuhkan semangat klub elit Inggris

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan InggrisExpress.co.uk

Harga mahal yang dibanderol Inter untuk Perisic akhirnya membuat United dan Chelsea urung meneruskan negosiasi. Media Inggris seperti Daily Mail pun mencermati beberapa kelemahan Perisic dan menilai kedatangannya ke Liga Premier akan berisiko.

Menurutnya, Perisic tidak terlalu banyak berkontribusi Di Dortmund maupun Inter meskipun memiliki banyak kelebihan.

6. Tampil mengesankan bersama timnas Kroasia di Piala Dunia 2018

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggrisinstagram.com/ivanperisic444

Di Piala Dunia 2018 Perisic terlihat cukup menonjol. Ia berkali-kali memberikan assist untuk rekan setimnya, bahkan juga mencetak gol yang menentukan keberhasilan Kroasia mencapai final di turnamen tersebut.

Perisic juga selalu dijadikan starter eleven di setiap pertandingan Kroasia bahkan bermain full-time. Jauh-jauh dari bangku cadangan mungkin membuatnya makin moncer.

7. Terakhir, ini dia keluarga kecilnya

Profil Ivan Perisic yang Trending Usai Bantu Kroasia Kalahkan Inggrisinstagram.com/joop8

Perisic menikahi teman masa kecilnya, Josipa dan kini sudah memiliki sepasang putra-putri yang setia mendukung sang Ayah bertanding di mana pun.

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya