Prospek Vlahovic, Mitrovic, dan Jovic di Piala Dunia 2022 

Siapa yang akan dipilih pelatih Dragan Stojkovic?

Serbia tergabung dalam Grup G Piala Dunia 2022 Qatar bersama tim favorit Brasil, kuda hitam penuh kejutan Swiss, dan perwakilan Afrika, Kamerun. Pada turnamen kali ini, pelatih Serbia Dragan Stojkovic membawa tiga penyerang sekaligus untuk mempertajam lini depan.

Mereka adalah ujung tombak Juventus, Dusan Vlahovic, striker yang tengah gacor di Premier League, Aleksandar Mitrović, dan eks Real Madrid yang kini bermain di Serie A, Luka Jović. Kira-kira bagaimana prospek ketiga striker ini di Piala Dunia 2022? Siapa yang akan dipilih Stojkovic menjadi tombak Serbia pada laga perdana mereka melawan Brasil, Jumat (25/11/2022) mendatang?

1. Dusan Vlahovic 

Prospek Vlahovic, Mitrovic, dan Jovic di Piala Dunia 2022 Dusan Vlahovic (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Dusan Vlahovic masuk dalam bursa favorit di Timnas Serbia. Pada paruh musim 2022/2023 ini, Vlahovic berhasil masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak Serie A dengan torehan 6 gol dari 10 pertandingan. 

Di timnas, Vlahovic sudah aktif membela tim berjuluk Оrlovi tersebut sejak 2020. Sejauh ini, sang bintang muda sudah mengantongi 17 caps dengan catatan 9 gol. Ia kerap jadi starter dan jarang menghuni bangku cadangan.

Kansnya jadi bomber utama di Piala Dunia 2022 pun cukup besar mengingat ia memiliki pengalaman bermain di salah satu liga top dunia, Serie A Italia, pada usia yang cukup muda. Vlahovic bisa dilihat sebagai prodigy yang aksinya di Piala Dunia untuk pertama kali ini dinantikan banyak pihak. 

2. Aleksandar Mitrović 

Prospek Vlahovic, Mitrovic, dan Jovic di Piala Dunia 2022 Alexander Mitrovic (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Bicara pengalaman dan jam terbang di level internasional, Mitrovic mungkin lebih unggul dibanding rekan-rekannya yang lebih muda. Di Timnas Serbia, Mitrovic sudah berkontribusi dalam 76 pertandingan. 

Sebelum kehadiran Vlahovic, Mitrovic adalah pilihan utama Timnas Serbia. Ia tercatat sudah debut bersama tim senior sejak 2013. Puncak kontribusinya tampak medio 2016-2019.

Saat Vlahovic menderita cedera pada gelaran UEFA Nations League 2022, praktis Stojkovic memilih Mitrovic sebagai penyerang utama. Mitrovic sudah mencetak 50 gol untuk Serbia. Sebuah rekor yang tentu jadi pertimbangan penting pelatih untuk menentukan striker utama pada laga perdana Serbia di Grup G Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Kuda Hitam di Grup Neraka, Serbia Penuh Bintang Serie A

3. Luka Jovic 

Prospek Vlahovic, Mitrovic, dan Jovic di Piala Dunia 2022 Luka Jovic (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Dibandingkan dua penyerang Serbia lainnya, Luka Jovic memiliki kans paling kecil untuk turun sebagai starter. Berdasarkan statistik, Jovic lebih sering jadi penyerang pengganti yang diturunkan menjelang akhir pertandingan atau setidaknya pada paruh kedua oleh pelatih Stojkovic. 

Jovic baru mengantongi 10 gol dari 29 pertandingan yang telah ia lakoni bersama Timnas Serbia. Selisih tersebut cukup mencolok jika dibandingkan dengan statistik milik Vlahovic, apalagi Mitrovic. 

4. Siapa yang akan dipilih jadi ujung tombak Serbia?

Prospek Vlahovic, Mitrovic, dan Jovic di Piala Dunia 2022 para penggawa Timnas Serbia (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Serbia langsung berhadapan dengan tim kuat, Brasil, pada laga perdana mereka di Grup G. Mau tak mau, Stojkovic tak bisa asal-asalan menentukan strategi dan menaruh pemain di posisi starter.

Prospek paling kuat dipegang Vlahovic, kemudian disusul Mitrovic, dan terakhir Jovic. Namun, bukan tak mungkin juga Stojkovic bakal menduetkan dua dari ketiga ini secara bersamaan sejak awal.

Stojkovic memang sudah terbisa memasangkan Vlahovic dan Mitrovic sekaligus di lini depan Serbia. Namun, keputusannya tentu bakal bergantung pada strategi yang diterapkan, mengingat lawan yang akan mereka hadapi bukanlah tim sembarangan. Akankah Serbia memilih pendekatan konservatif, atau malah berani mengambil risiko mengimbangi agresivitas Brasil di laga pembuka Grup G Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Pemain Top Serie A yang Mentas di Piala Dunia 2022 Bersama Serbia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya