5 Tendangan Penalti Terakhir yang Digagalkan Wojciech Szczesny

Salah satu shot stopper underrated di sepak bola Eropa

Wojciech Szczesny berhasil menunjukkan kualitasnya di Piala Dunia 2022 Qatar. Kiper nomor satu Juventus ini pun tengah menjadi sorotan setelah tampil mengesankan bersama Timnas Polandia dan ikut mengantarkan negaranya lolos ke 16 besar. 

Penampilan apik Szczęsny tampak ketika dirinya menepis dua tendangan penalti sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Kiprah baiknya yang membuat kiper senior ini selalu jadi andalan pelatih Czeslaw Michniewicz.

Dalam satu tahun terakhir, rupanya Szczęsny telah menggagalkan sejumlah tendangan penalti. Berikut lima tendangan penalti terakhir yang digagalkan Wojciech Szczesny. Spesialis!  

1. Juventus vs. AS Roma (Jordan Veretout)

https://www.youtube.com/embed/fOKC9kzrNBg

Pada 2021/2022, Szczęsny berhasil menunjukkan skill mumpuninya dalam menangkis tendangan penalti. Kali ini, penjaga gawang asal Polandia itu sukses menghadang tendangan dari Jordan Veretout pada laga Juventus vs. AS Roma. 

Penalti yang diberikan akibat pelanggaran yang dilakukan sang kiper, berhasil ia selamatkan sendiri. Kesuksesan ini membawa Juventus unggul 1-0 hingga peluit akhir dibunyikan.

2. Juventus vs. AS Roma (Lorenzo Pellegrini)

https://www.youtube.com/embed/rI1OK4_9b1Q

Pada Januari 2022, Juventus kembali bertemu AS Roma di Stadio Olimpico. Dalam lanjutan Serie A Italia ini, Szczęsny kembali jadi mimpi buruk publik Roma. Ia sukses menangkis penalti yang dieksekusi oleh Lorenzo Pellegrini pada menit ke-82. 

Penalti itu diberikan setelah Matthias De Ligt melakukan pelanggaran handball di kotak penalti. Padahal, penalti itu merupakan kesempatan besar Roma untuk menyamakan skor. Hasil akhirnya pun Juventus menang 4-3 atas AS Roma.

Baca Juga: Szczesny Sempat Taruhan dengan Messi soal Penalti

3. Juventus vs. Sampdoria (Antonio Candreva)

https://www.youtube.com/embed/add3WIuLDxw

Pada Maret 2022, Szczęsny kembali menyelamatkan timnya dari hukuman penalti ketika melawat Sampdoria dalam lanjutan Serie A Italia. Ia berhasil menghalangi Antonio Candreva untuk mencetak gol lewat titik putih pada menit ke 74.

Hukuman penalti itu diberikan setelah wasit melihat Adrien Rabiot melakukan handball di kotak penalti. Berkat Szczęsny, Juventus sukses mempertahankan keunggulan 3-1 hingga peluit akhir dibunyikan. 

4. Polandia vs. Arab Saudi (Salem Al-Dawsari)

5 Tendangan Penalti Terakhir yang Digagalkan Wojciech SzczesnyWojciech Szczesny (instagram.com/laczynaspilka)

Kesuksesan Szczęsny berlanjut di Piala Dunia 2022. Kiper 32 tahun itu berhasil menyelamatkan timnya dari tendangan penalti Arab Saudi yang dieksekusi oleh Salem Al-Dawsari pada menit ke-45. Penyelamatannya mempertahankan keunggulan Polandia 1-0 sampai babak pertama usai. 

Vonis penalti tersebut diberikan setelah wasit melihat melalui VAR terkait pelanggaran yang dilakukan Krystian Bielik. Berkat jasa Szczęsny, Polandia memastikan kemenangan atas Arab Saudi 2-0 lewat tambahan gol dari Robert Lewandowski di menit ke-82. 

5. Polandia vs. Argentina (Lionel Messi)

5 Tendangan Penalti Terakhir yang Digagalkan Wojciech SzczesnyWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Pada laga terakhir penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 Qatar, Polandia harus menghadapi tim favorit, Argentina. Szczęsny lagi-lagi menunjukkan performa ciamiknya sebagai kiper spesialis penghalau penalti. Kali ini, ia mampu menghalau sepakan penalti Lionel Messi pada menit ke-39. Bayangkan, sosok seperti Lionel Messi saja ia gagalkan penaltinya!

Hadiah sepakan penalti diberikan pada Argentina setelah tangan Szczęsny mengenai muka Messi di kotak penalti. Meski berhasil menyelamatkan gawangnya pada momen tersebut, Szczęsny dan kawan-kawan harus menerima kekalahan atas Argentina 0-2 dalam pertandingan tersebut. 

Gagalnya kelima penalti di atas jadi bukti kalau Szczęsny punya pengalaman dan keahlian khusus dalam menghalau tendangan penalti. Sebagian dari keberhasilannya tersebut pun turut mengantarkan timnya merengkuh kemenangan. 

Baca Juga: 3 Catatan Jelang Pertemuan Prancis dan Polandia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya