Comscore Tracker

5 Fakta George Weah, Legenda Milan yang Jadi Presiden Liberia

Semoga sukses Legend! Milanisti mendoakanmu!

Mantan Striker AC Milan medio 1995-2000, George Weah resmi terpilih menjadi Presiden Liberia pada Rabu, (27/12). Dilaporkan oleh Guardian, dia terpilih setelah mendapat mayoritas suara dengan memenangi 12 dari 15 daerah pemilihan.

Terpilihnya Weah dipastikan dari cuitan di akun twitter pribadinya yang berisi ucapan terimakasih kepada masyarakat Liberia yang telah memilihnya di pemilu presiden.

"Dengan rasa mendalam, Saya ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada rakyat Liberia yang sudah memilih saya hari ini. Ini adalah harapan yang besar," ujar Weah.

Menurut Undang-undang di Liberia Weah akan menjabat jabatan presiden selama enam tahun yang berarti ia akan bertugas sebagai pemimpin di negaranya hingga tahun 2022 dan maksimal berkuasa hanya dua periode. Berikut 5 fakta tentang George Weah.

 

1. Menjadi Presiden setelah berkali-kali mencoba

5 Fakta George Weah, Legenda Milan yang Jadi Presiden Liberiasky.com

Sebelum terpilih menjadi Presiden tahun ini, Weah pernah mencoba menjadi presiden di pemilu Liberia tahun 2005 tapi dikalahkan calon lainya yaitu Ellen Johnson-Sirelah.

Weah juga pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden tahun 2011 namun kembali gagal dan di tahun 2014 ia terpilih menjadi anggota Parlemen Liberia.

Terpilihnya Weah sebagai Presiden menjadi sebuah cita-cita yang kesampaian untuk George Weah karena ketika masih bermain ia pernah mengatakan bahwa dirinya ingin sekali menjadi Presiden di negara kelahiranya Liberia.

Sebabnya, dia mengkhawatirkan kondisi negaranya yang sangat terpuruk karena perang saudara di Liberia dari tahun 1990 sampai 1996. Kekhawatiran terhadap negaranya itu bahkan disampaikanya di podium setelah ia menerima penghargaan pemain terbaik FIFA yang berharap segera tercipta kedamaian di negerinya.

Selama menjadi pemain pun George selalu rutin menyisihkan penghasilanya di sepakbola untuk para pengungsi dan korban perang saudara di negeri yang kaya akan berlian itu.

Dengan menjadi Presiden, niat Weah mempersatukan warganya dari sisa-sisa konflik lebih mungkin dilakukan untuk menciptakan kedamaian yang abadi di negaranya. Selain itu ia juga harus memaksimalkan potensi anak muda di negaranya karena saat ini 60% warga Liberia berada di bawah usia 30 tahun.

2. Lahir dari keluarga miskin

5 Fakta George Weah, Legenda Milan yang Jadi Presiden Liberiathesun.co.uk

Weah lahir pada 1 Oktober 1966 dengan nama lengkap George Tawlon Manneh Oppong Ousman Weah. Ia lahir di lingkungan kumuh kota Manrovia yang besar bersama ke-12 saudaranya.

Hidup di dalam kemiskinan membuat Weah berusaha menjadi pemain sepakbola dunia karena seperti anak-anak Afrika lain yang menganggap bahwa sepakbola adalah satu-satunya jalan untuk keluar dari jerat kemiskinan.

3. Memulai karir profesional pada 1981

5 Fakta George Weah, Legenda Milan yang Jadi Presiden Liberiaacmilan.com

Dia memulai karirnya di klub Young Survivors Clareton di tahun 1981 hingga 1984 kemudian hijrah ke beberapa klub di negaranya sampai ia membela Tonnerre Yaounde dan mencetak 15 gol dalam 18 penampilan di tahun 1988.

Penampilan gemilangnya membuatnya dilirik oleh klub Prancis AS Monaco. Di klub berseragam merah-putih inilah Weah mulai manapaki sepakbola Eropa. Di Monaco penampilanya semakin moncer, selama empat tahun Weah sudah mengukir 47 gol dari 102 pertandingan yang ia lakoni.

4. Berjaya di AC Milan

https://www.youtube.com/embed/rwOLi3J4Y78

Setelah berhasil di Monaco ia pun hijrah ke klub ibukota Paris Saint Germain. George membela panji PSG dari musim 1992 sampai 1995 sebanyak 92 match dan melesakkan 32 gol.

Setelah merasa cukup berkarir di Liga Prancis akahirnya George Weah menerima pinangan dari klub besar Serie-A Italia, AC Milan.

Di Milan inilah karir sepakbolanya semakin bersinar mulai dari gelontoran gol, popularitas, dan pundi-pundi uang yang menyejahterakan dirinya sehingga keluar dari kemiskinan yang dialaminya saat kecil.

Lima tahun membela Rossoneri dari tahun 1992 hingga 1995, Weah bermain sebanyak 114 kali dan mengemas 46 gol. Hal tersebut merupakan prestasi tersendiri karena di Milan ia harus bersaing dengan striker hebat lain macam Roberto Baggio, Znvomir Boban, dan Oliver Bierhoff.

GeorgeBerikut salah satu aksi Weah saat membela AC Milan di Liga Italia Weah pernah melakukan gol spektakuler untuk AC Milan di Serie-A Liga Italia di tanggal 8 September 1996. Saat itu Il Diavolo Rosso mengalahkan AC Verona dengan skor 4-1.

Weah yang mendapatkan bola kemudian melakukan serangan balik dengan menggiring bola dari lini belakang Milan, melewati beberapa pemain Verona sebelum akhirnya menciptakan gol kemenangan Milan di menit 85'.

5. Sempat menjadi pemain terbaik sebelum terjun di dunia politik

5 Fakta George Weah, Legenda Milan yang Jadi Presiden LiberiaGuardian.com

Achievment puncaknya ialah saat dinobatkan menjadi pemain terbaik FIFA dan pemain terbaik Eropa tahun 1996. Penghargaan tersebut membuat Weah menjadi pemain pertama Afrika yang bisa meraih gelar pemain terbaik dunia dan Eropa.

Gelar pemain terbaik Afrika juga pernah dirasakanya, namun sayangnya selama 60 kali membela Liberia, pria bertinggi 184 cm ini belum pernah memberikan trofi kepada negaranya dan tidak kesampaian membawa Liberia masuk piala dunia.

Setelah keluar dari Milan, Weah kemudian hijrah ke Inggris dengan membela Chelsea selama setengah musim sebelum pindah ke Manchester City dan hanya mencetak total 5 gol dalam satu musim di dua klub tersebut.

Karirnya yang semakin meredup di Inggris memaksa dirinya kembali ke Liga Prancis bersama Olympique Marseille tahun 2001. Sebelum akhirnya ia pensiun di tahun 2003 dan klub yang terkahir dibelanya adalah Al- Jazira asal Uni Emirat Arab.

Setelah pensiun dari sepak bola, Weah kembali ke negaranya dan mengabdi di jalur politik hingga usaha untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Presiden Liberia tercapai di akhir tahun 2017 ini.

Dwiki Libra Photo Community Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You