8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinya

Ada yang memberikan efek bagus bagi klub barunya, tapi ada juga yang tidak

Di Akhir tahun 2017 lalu dunia sepakbola sempat dibuat heboh oleh kepindahan Virgil Van Dijk dari Southampton ke Liverpool, dengan nilai transfer sebesar 78 juta euro. Mahar dari transfer pemain asal Belanda tersebut membuat rekor yang menobatkanya sebagai pemain belakang termahal di dunia.

Itu baru di posisi bek, namun siapa saja sih pesepakbola yang menjadi pemain termahal di posisinya masing-masing? Berapa nominal nilai transfer para pemain itu hingga dinobatkan sebagai pemain termahal sejagad di posisi yang biasa mereka lakoni saat mengolah bola di lapangan? Berikut para pemain tersebut.

1. Penyerang Murni: Gonzalo Higuain

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyajuventus.com

Gonzalo Higuain ditransfer Juventus dari Napoli dengan harga sebesar 90 juta euro di tahun 2016. Nilai transfer itu membuatnya menjadi seorang striker murni termahal di dunia.

Ia mengungguli penyerang murni lainya seperti Lukaku (84 juta euro) dari Everton ke MU, Luis Suarez (82 juta euro) dari Liverpool ke Barcelona, Alvaro Morata (78 juta euro) dari Madrid ke Chelsea, Zlatan Ibrahimovic (69 juta euro) dari Inter ke Barcelona, dan Edinson Cavani (64 juta euro) dari Napoli ke PSG.

Namun, kepindahanya membuat pendukung Napoli murka karena pemain asal Argentina menyeberang ke tim rival mereka di Italia Utara, Juventus yang selama ini dibenci oleh masyarakat Italia Selatan seperti warga Kota Napoli, yang berharap ia gagal di Juventus.

Tetapi cercaan dan ekspektasi buruk dari pendukung Napoli kemudian diputarbalikkan olehnya menjadi kesuksesan. El Pipita malah semakin sukses bersama si Nyonya Tua. Higuain tetap subur bersama Juve di musim 2016-2017 dengan mencetak 24 gol di Serie-A dan total telah melesakkan 44 gol dalam tempo satu setengah musim di seluruh kompetisi.

Di musim pertamanya juga ia mempersembahkan Juventus gelar Scudetto ke-35 dan membawa Juventus ke final Liga Champions 2017. Sesuatu yang tidak ia dapatkan kala bermain bersama Napoli.

2. Penyerang Sayap/Second Striker: Neymar Jr

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyapsg.fr

Kepindahan Neymar Jr dari Barcelona ke Paris Saint Germain sebesar 222 juta euro memecahkan rekor transfer termahal di dunia selama ini dan membuat gempar jagat sepakbola dunia tahun 2017. Bukan hanya menjadi pemain termahal dunia tapi juga pemain termahal di posisi penyerang sayap atau second striker.

Nilai fantastis dari kepindahanya itu mengungguli pemain lain yang posisinya sama dengan Neymar seperti Ousmane Dembele (105 juta euro) dari Dortmund ke Barcelona, Gareth Bale (100 juta euro) dari Tottenham ke Madrid, dan bahkan unggul dari pemain yang meraih gelar pemain terbaik dunia 5 kali, Cristiano Ronaldo (94 juta euro) dari MU ke Madrid.

Sepertinya rekor transfer Neymar tersebut agak sulit untuk dipecahkan karena selisih dari peringkat dua termahal dunia dari Dembele mempunyai selisih lebih dari 100 juta euro. Apalagi kasus transfer Neymar membuat UEFA semakin ketat menerapkan aturan financial fairplay untuk mengerem transfer gila-gilaan seperti yang dilakukan PSG.

Mungkin hanya Lionel Messi yang bisa memecahkan rekor transfer pemain asal Brasil ini. Mengingat harga Messi yang ditaksir lebih dari 400 juta euro. Itupun jika Lionel ingin hengkang dari Camp Nou.

3. Gelandang Serang: James Rodrigues

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyafcbayern.com

James Rodrigues ditransfer dari Monaco ke Madrid dengan harga 80 juta euro tahun 2014 mengalahkan harga transfer gelandang serang lain macam Zinedine Zidane (77 juta euro) dari Juventus ke Madrid, Kevin De Bruyne (75 juta euro) dari Wolfsburg ke Man. City, Kaka (65 juta euro) dari Milan ke Madrid, dan Oscar (60 juta euro) dari Chelsea ke Shanghai SIPG.

Walau menjadi gelandang serang termahal didunia, sayangnya prestasi bersama Madrid tidak sebesar harga transfernya. Dari tiga musim membela El Real, Rodri tidak pernah menjadi pemain inti di sana karena kalah bersaing dengan Tony Kroos dan Isco Alcorcon.

Di Musim pertamanya bersama Madrid dirinya mencatat 17 gol dan 17 assist, di musim 2015/2016 8 gol dan 10 assist, dan musim 2016/2017 James mencetak 11 gol dan 13 assist.

Dari statistik tersebut bisa dikatakan bahwa James Rodrigues adalah pemain yang bagus tapi jarang diberi kesempatan oleh Madrid. Hal itu dilihat dari jumlah umpan yang walaupun menurun namun masih menembus angka 10 assist setiap musimnya walau jarang dimainkan.

Dalam masa peminjamanya ke Muenchen musim ini pun James masih jarang diturunkan secara reguler baik oleh Ancelotti maupun Jupp Hynckes. Dari 17 laga yang dijalani Muenchen di putaran pertama musim ini ia hanya 12 kali diturunkan itupun sebagai pemain pengganti dan hanya mencetak 2 gol dan 3 assist.

Sepertinya James Rodriguez harus mencari klub yang benar-benar membutuhkan jasanya sebagai pemain inti dan sesuai dengan gaya permainannya, bukan seperti saat ini dimana ia hanya dibutuhkan sebagai ban serep supaya prestasi dan harganya tidak terus menurun.

4. Gelandang Sentral: Paul Pogba

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyamanutd.com

Sempat jadi yang termahal di dunia di tahun 2016 saat pindah dari Juventus ke Manchester United dengan nilai 105 juta euro namun sekarang karena transfer diluar nalar dari Neymar dan Dembele membuatnya harus puas bertengger di posisi ketiga pemain paling mahal.

Di antara pemain yang sama posisinya, Pogba-lah yang termahal. Pemain berusia 24 unggul jauh atas Gaizka Mendieta (48 juta euro) dari Valencia ke Lazio, Juan Sebastian Veron (46 juta euro) dari Lazio ke MU, Paulinho (40 juta euro) dari Guangzhou ke Barcelona, dan Axel Witsel (40 juta euro) dari Benfica ke Zenit St. Petersburg.

Namun dari segi penampilan di MU, Pogba belum begitu menunjukkan peforma apik seperti saat ia membela Juventus. Walau MU musim lalu meraih tiga gelar, peranya pada permainan tim kurang menonjol.

Hal itu terlihat pada statistik Pogba yang hanya mencetak  9 gol dan 6 assist di seluruh kompetisi pada musim pertamanya di MU. Jumlah gol tersebut memang tidak begitu jauh saat ia membela Juve yang rataan 10 gol dan 11 assist di setiap musimnya namun peran Pogba sebagai roh permainan Juventus begitu signifikan dibanding ia bersama MU.

Dengan catatan itu, diharapkan musim ini Pogba menaikkan level permainanya di MU menjadi lebih baik dan punya pengaruh lebih di lini tengah Setan Merah seperti yang ditunjukkan Paul Scholes saat ia masih bermain yang menjadi nyawa dari MU di lini tengah.

5. Gelandang Bertahan: Granit Xhaka

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyapremierleague.com

Sangat jarang pemain di posisi gelandang bertahan yang menembus angka 50 juta euro. Suka tidak suka Granit Xhaka adalah pemain paling mahal di posisi tersebut.

Pemain Nasional Swiss keturunan Albania ini dihargai 45 juta euro kala diboyong dari Borussia Moenchengladbach ke Arsenal tahun 2016. Xhaka melebihi nilai transfer Nemanja Matic (44 juta euro) dari Chelsea ke MU, Javi Martinez (40 juta euro) dari Bilbao ke Muenchen, dan Fernandinho (40 juta euro) dari Shaktar Donetsk ke Man. City.

Soal kinerja, penampilan Xhaka cukup bagus sebagai gelandang bertahan yang memfilter serangan lawan agar tidak menembus garis pertahanan Arsenal. Cuma masalahnya dalam berduel untuk mengamankan lini tengah masih terlalu kasar.

Musim ini Xhaka sudah mengoleksi 4 kartu kuning dari 21 penampilan di liga Inggris. Musim lalu di 2016-2017, Xhaka terkena 12 kartu kuning dan 2 kartu merah dari total 46 penampilanya di seluruh kompetisi bersama The Gunners.

Pemain seperti Xhaka sangat penting sebagai gelandang perusak serangan lawan, tapi ia harus lebih bersih lagi dalam bermain, jangan terlalu kasar dalam merebut bola dari lawan supaya tidak merugikan Arsenal karena terlalu sering mendapatkan ganjaran kartu dari wasit.

6. Bek Sayap/Full Back: Benjamin Mendy

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyamancity.com

Di posisi bek sayap ada Benjamin Mendy sebagai full back termahal di dunia. Pemain Prancis kelahiran tahun 1994 ini diboyong Man. City dari AS Monaco dengan mahar 58 Juta EU di tahun 2017. Unggul dari Kyle Walker (56 juta euro) dari Tottenham ke Man. City, dan Luke Shaw (37 juta euro) dari Southampton ke MU.

Mendy merupakan pemain yang sangat diinginkan Guardiola untuk mewujudkan ambisinya memainkan sepakbola tiki-taka di City. Bahkan Guardiola sampai mencium kepala botaknya saat Mendy menandatangani kontrak bersama Manchester Biru tanda girangnya pelatih asal Catalan itu atas kedatanganya.

Gaya bermainya sangat efisien, Mendy bukanlah tipe pemain yang suka berlama-lama dengan bola. Dia memang tidak cepat, namun sangat disiplin dalam menjaga area kiri pertahanan tim sehingga tidak mudah ditembus lawan. Selain itu pemuda berusia 23 tahun ini sangat kuat dalam duel satu lawan satu dengan lawan.

Di AS Monaco musim lalu Mendy mencatat 11 assist dan 1 gol di seluruh kompetisi. Bersama City di musim ini Mendy baru bermain sebanyak 5 kali di semua ajang karena terhalang cedera dan sudah mencatat 1 assist.  

7. Bek Tengah: Virgil Van Dijk

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyaliverpoolfc.com

Virgil Van Dijk mengalami kenaikan signifikan pada nilai transfernya yang mencapai 48 juta euro karena pada saat ia pindah dari Glasgow Celtic ke Southampton harganya hanya 30 juta euro.

Nilai transfer dari Southampton ke Liverpool sebesar 78 juta euro memecahkan rekor pemain belakang termahal di dunia dan bek tengah termahal mengungguli harga David Luiz (62 juta euro) dari Chelsea ke PSG, John Stones (58 juta euro) dari Everton ke Man. City, dan Eliaquim Mangala (51 juta euro) dari Valencia ke Man. City.

Banyak yang berpendapat bahwa harga Van Dijk terlalu mahal bagi seorang bek. Namun dengan kualifikasi yang ia miliki yaitu sebagai leader di lini belakang memang sangat pas dan worth it untuk Liverpool karena selama ini setelah Jeamie Carragher pensiun, The Kops tidak lagi memiliki pemimpin di lini belakang.

Kehadiranya untuk jadi pemimipin area pertahanan dirasa akan menjadi solusi dari masalah di lini belakang Liverpool belakangan ini. Selain dari kemampuanya sebagai tembok kokoh di lini belakang dan skill sebagai sweeper yang tidak kenal kompromi dalam menghalau serangan lawan.

8. Kiper: Gianlugi Buffon

8 Pemain Sepak Bola Termahal Dunia Berdasarkan Posisinyajuventus.com

Hingga lebih dari 16 tahun belum ada lagi kiper di dunia ini yang harga transfernya melebihi Gianluigi Buffon dari AC Parma ke Juventus pada tahun 2001 silam senilai 52 juta euro.

Buffon lebih mahal dari 12 juta euro dari Ederson yang berharga 40 juta euro di tahun 2017 saat ditransfer Manchester City dari Benfica. Juga lebih tinggi hargannya dari Manuel Neuer (30 juta euro) yang dibeli dari Schalke 04 ke Muenchen, dan David De Gea (25 juta euro) dari Atletico Madrid ke MU.

Selama di Juventus Buffon telah meraih 8 Scudetto, 3 Coppa Italia, 5 Piala Super Italia, 1 kali menjadi pemain terbaik Eropa tahun 2003. Jika tahun ini ia benar-benar memutuskan pensiun dari sepakbola maka ia akan pensiun dengan tetap menyandang status sebagai kiper termahal di dunia.

Itu tadi 8 pemain termahal di posisinya masing-masing. Hal yang paling terpenting adalah peforma bagus mereka setelah ditransfer dengan sangat mahal oleh klubnya karena jika tidak menampilkan permainan yang bagus hanya akan membuang uang sekaligus menjatuhkan reputasi si pemain sendiri.

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya