Tak Diunggulkan, Vietnam Lolos ke Final Piala Asia U-23 2018

The rising of Southeast Asia Football!

Satu wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-23 2018, Vietnam berhasil mengejutkan sepak bola Asia. Mereka berhasil lolos ke final usai mengalahkan Qatar di pertandingan semifinal, Senin (23/1/2018), lewat babak adu penalti dengan skor 4-3 di stadion Changzhou Olympic Sports Center, Cina.

Adu penalti berlangsung setelah kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2 selama 120 menit. Di pertandingan final, Vietnam akan melawan Uzbekistan yang telah mengalahkan Korea Selatan dengan skor cukup telak 4-1.

1. Jalannya pertandingan

Tak Diunggulkan, Vietnam Lolos ke Final Piala Asia U-23 2018the-afc.com

Vietnam yang turun dengan formasi 5-3-2 bermain mengandalkan serangan balik untuk menciptakan gol ke gawang Qatar, yang lebih unggul dari segi kualitas di babak pertama.

Tapi di menit 39’ Negeri Paman Ho harus bobol terlebih dahulu dari tendangan penalti Akram Afif, yang menghujam di sisi kiri gawang Bui Tien Dung, kiper Vietnam.

Di babak kedua, Vietnam yang dalam kondisi tertinggal mencoba keluar menyerang. Hasilnya menit ke 69’ Nguyen Quang Hai berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 memanfaatkan kemelut di area pertahanan Qatar.

Pada menit 87’, Qatar kembali unggul oleh gol yang disarangkan Almoez Ali. Namun keajaiban kembali datang untuk Vietnam. Karena di menit 88’ lagi-lagi Nguyen Quang Hai mencetak gol penyama kedudukan. Sehingga skor menjadi 2-2.

Skor imbang memaksa kedua tim melanjutkan babak tambahan 2x15 menit. Tetapi di 30 menit babak tambahan Vietnam dan Qatar tidak menambah gol sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Di babak tos-tosan, hanya 3 pemain Qatar yang berhasil menggolkan penalti. Sementara Vietnam berhasil menjaringkan 4 gol. Sehingga Vu Vanh Thanh dkk berhak melaju ke babak final.

2. Vietnam adalah keajaiban sepak bola Asia di awal tahun 2018

Tak Diunggulkan, Vietnam Lolos ke Final Piala Asia U-23 2018the-afc.com

Keberhasilan Vietnam menembus partai puncak merupakan sebuah keajaiban. Awalnya tidak pernah diunggulkan. Namun anak asuhan Hang Seo Park berhasil memutarbalikan prediksi para pengamat sepak bola Asia yang pasti menjagokan negara seperti Jepang, Korsel, tuan rumah Cina, atau Australia.

Anak-anak Vietkong mengawali Piala Asia ini dengan cukup baik walau kalah dari Korsel, namun tidak kalah dengan skor besar, pertandingan berkesudahan 2-1. Di pertandingan kedua adalah awal terciptanya keajaiban itu. Nguyen Quang Hai cs secara mengejutkan mengalahkan salah satu tim unggulan Australia 1-0.

Di pertandingan ketiga, kerja keras Vietnam berhasil menahan gempuran tim yang pernah mengalahkan Indonesia dua kali di uji coba yaitu Suriah dengan skor 0-0. Maka dari hasil tersebut Vietnam berhasil lolos ke babak perempatfinal di posisi kedua klasemen, dengan 4 poin di atas Australia 3 poin dan Suriah 2 poin.

Di babak 8 besar, Vietnam bertemu dengan juara grup C dan juga satu raksasa Timur Tengah, Iraq. Pertandingan tersebut berakhir imbang 3-3 dan Vietnam berhasil menang adu penalti dengan skor 5-3.

Partai semifinal melawan Qatar, memang membuktikan bahwa pemain Vietnam benar-benar memiliki mental baja. Vietnam kembali menang lewat adu penalti, yang dalam prosesnya seorang pemain harus memiliki mental bagus supaya sukses mengambil tendangan penalti.

Kita lihat saja apakah Vietnam bisa mengulangi keajaiban di partai final saat melawan Uzbekistan. Karena tim dari Asia Tengah ini bukanlah tim sembarangan. Dalam perjalanan ke final mereka berhasil mengalahkan Jepang 4-0 di babak 8 besar dan Korsel 4-1 di semifinal.

3. Berikut highlights pertandingan Vietnam Vs Qatar di Semifinal Piala Asia U-23 2018

Partai final Piala Asia U-23 2018 antara Vietnam Vs Uzbekistan akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018 pukul 16.00 waktu Tiongkok.

Sementara pertandingan perebutan juara 3-4 antara Qatar Vs Korea Selatan berlangsung pada hari Jumat 26 Januari 2018 pukul 16.00 waktu Cina.    

     

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya