5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD Kongo

Romelu Lukaku jadi yang terkenal

Sebagian besar orang boleh jadi asing dengan Republik Demokratik Kongo atau disingkat RD Kongo. Begitu pula dengan sebagian penggemar sepak bola. Pasalnya, tidak banyak pemain RD Kongo yang berkiprah di liga-liga Eropa.

Meski begitu, siapa sangka ternyata banyak pemain ternama di klub-klub besar Eropa mempunyai kewarganegaraan kedua RD Kongo. Beberapa di antaranya adalah pemain papan atas yang dibanderol dengan harga tinggi.

1. Romelu Lukaku

5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD KongoRomelu Lukaku (skysports.com)

Nama Romelu Lukaku sudah jelas sangat populer di telinga para penggemar sepak bola. Lukaku adalah striker yang saat ini membela timnas Belgia.

Lukaku menjadi bagian dari timnas senior Belgia sejak 2010. Hingga kini, ia telah memberikan 68 gol dari 101 penampilannya bersama timnas Belgia di semua kompetisi.

Saking produktifnya bersama timnas Belgia, tidak banyak yang tahu Lukaku memiliki kewarganegaraan kedua RD Kongo. Kecil kemungkinan Lukaku akan membela timnas RD Kongo mengingat ia sudah bergabung bersama timnas Belgia sejak masuk timnas Belgia U-15 pada 2008.

2. Christopher Nkunku

5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD KongoChristopher Nkunku (instagram.com/c_nkunku)

Christopher Nkunku merupakan salah satu pemain yang dibanderol mahal dan mempunyai dua kewarganegaraan, yaitu Prancis dan RD Kongo. Nkunku adalah penggawa klub Jerman, RB Leipzig.

Kini, nama Nkunku sudah mencuat ke permukaan berkat penampilannya yang kian bersinar. Namun, hal ini belum cukup memberikan jalan bagi Nkunku untuk masuk timnas senior Prancis. Ia masih bergabung dengan timnas Prancis U-21.

Nkunku merupakan pemain yang memiliki potensi yang bisa terus berkembang. Jika ia tampil konsisten dan meningkatkan performanya, kesempatan menjadi bagian dari timnas senior Prancis tentu akan terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Eks Chelsea yang Lebih Moncer dari Romelu Lukaku pada 2021/2022

3. Youri Tielemans

5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD KongoYouri Tielemans (instagram.com/youritielemans)

Pemain selanjutnya yang memiliki kewarganegaraan kedua RD Kongo adalah Youri Tielemans. Lahir di Belgia membuat Tielemans lebih memilih membela timnas Belgia.

Ia sudah bergabung bersama timnas Belgia sejak berusia 14 tahun. Kala itu, ia dipanggil bergabung bersama timnas Belgia U-15.

Saat ini, Tielemans merupakan salah satu pemain kunci Belgia. Ia bersaing dengan pemain berkelas dunia, seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Romelu Lukaku.

4. Presnel Kimpembe

5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD KongoPresnel Kimpembe (instagram.com/kimpembe3)

Pemain Paris Saint-Germain, Presnel Kimpembe adalah salah satu pemain ternama yang memiliki kewarganegaraan kedua RD Kongo. Kimpembe sempat melakoni debut bersama timnas RD Kongo U-21 pada 2014.

Meski begitu, ia hanya mencatatkan satu penampilan. Pada 2015, ia kemudian memilih membela timnas Prancis U-20.

Sebenarnya, pada awal masa debutnya, posisi Kimpembe di timnas Prancis kurang aman. Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Namun, situasi berbalik, kini ia menjadi bagian penting skuad Prancis.

5. Aaron Wan-Bissaka

5 Pemain Ternama yang Punya Kewarganegaraan RD KongoAaron Wan-Bissaka (instagram.com/a_bissaka)

Aaron Wan-Bissaka juga memiliki kewarganegaraan kedua RD Kongo. Pemain Manchester United ini sempat dipanggil bergabung timnas RD Kongo pada 2015.

Saat itu, ia masih berusia 17 tahun dan masuk skuad timnas RD Kongo U-20. Lahir di London, Inggris, membuatnya memilih untuk memenuhi panggilan timnas Inggris U-20 pada 2018.

Jalan terjal ditemui Wan-Bissaka saat ia tidak mampu menembus timnas senior Inggris hingga kini. Hal ini karena  banyaknya pemain top yang dimiliki Inggris untuk posisi yang ditempati Wan-Bissaka.

Meskipun kelima pemain tersebut tidak memilih RD Kongo sebagai negara yang mereka bela, tetapi itu tidak menutup pintu bagi para pemain tersebut untuk membela timnas RD Kongo pada masa mendatang. Semua bisa terjadi.

Baca Juga: 8 Fakta Aaron Wan-Bissaka, Bek Lincah Manchester United  

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya