5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulo

Terkenal sebagai gudangnya bintang dunia

Sao Paulo merupakan salah satu kota besar di Brasil. Pencinta sepak bola tentu tidak asing dengan kota ini. Sao Paulo terkenal sebagai kota lahirnya talenta sepak bola dunia.

Bintang-bintang besar sepak bola yang berkiprah di liga top dunia tidak jarang berasal dari Sao Paulo. Kota ini punya tempat menimba ilmu sepak bola terbaik di Brasil.

1. Marquinhos

5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulopotret Marquinhos (instagram.com/marquinhosm5)

Marcos Aoas Correa alias Marquinhos lahir di Sao Paulo pada 14 Mei 1994. Ia merupakan salah satu pemain bintang dunia asal Brasil. Marquinhos saat ini menjadi salah satu pemain berpengaruh di Paris Saint-Germain (PSG) dengan dipercaya sebagai kapten tim.

Dengan bakat dan kemampuannya, Marquinhos merupakan pemain termahal nomor satu yang lahir di Sao Paulo. Ia dibanderol dengan harga 75 juta euro atau sekitar 1,2 triliun rupiah.

Marquinhos juga termasuk pemain yang setia bersama PSG. Ia bergabung dengan raksasa Ligue 1 tersebut pada 2013. Kontraknya masih tersisa sampai 2024 mendatang.

2. Gabriel Jesus

5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulopotret Gabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Pemain Manchester City, Gabriel Jesus, adalah talenta selanjutnya yang lahir di Sao Paulo. Gabriel Jesus termasuk penyerang andalan di timnas Brasil. Ia berhasil menorehkan 18 gol dari 54 penampilannya bersama Tim Samba.

Gabriel Jesus juga sosok penting bagi Manchester City. Ia membantu mereka meraih gelar juara English Premier League (EPL) dan EFL Cup 2020/2021. Kokohnya Manchester City di puncak klasemen Premier League 2021/2022 ini tidak terlepas dari sumbangan gol Gabriel Jesus.

Gabriel Jesus resmi sendiri direkrut Manchester City dari klub Brasil, Palmeiras, pada 2017. Ia mencuri perhatian The Citizens dengan kemampuannya yang mengesankan.

Gabriel Jesus termasuk dalam daftar pemain dengan nilai pasar tinggi, yaitu mencapai 60 juta euro atau sekitar 965 miliar rupiah. Banderol tersebut merupakan yang tertinggi kedua bagi pemain kelahiran Sao Paulo.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulo

3. Antony

5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulopotret Antony (instagram.com/antony00)

Antony tengah bersinar di Eredivisie Belanda. Namanya melejit setelah makin gacor bersama Ajax Amsterdam pada 2021/2022 ini. Tidak heran ia masuk ke dalam daftar lima pemain dengan banderol tertinggi di kasta pertama Belanda tersebut.

Pemain bertalenta ini juga lahir di Sao Paulo. Antony genap berusia 22 tahun pada 24 Februari 2022.

Ia mengawali karier sepak bola di kota kelahirannya dengan bergabung bersama tim muda Sao Paulo. Antony kemudian debut profesional di tim senior Sao Paulo. Pada bursa transfer musim panas 2020, ia resmi hengkang ke Ajax Amsterdam dan terikat kontrak hingga 2025.

4. Emerson Royal

5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulopotret Emerson Royal (instagram.com/emerson_royal)

Emerson Aparecido Leite de Souza Junior alias Emerson Royal adalah salah satu pemain ternama yang lahir di Sao Paulo. Emerson Royal mempunyai dua kewarganegaraan, Brasil dan Spanyol. Lahir di Brasil membuatnya memilih membela timnas Brasil sejak ia bergabung bersama timnas U-20

Bek berusia 23 tahun ini sendiri mengawali karier di tim U-17 Sao Paulo dan sudah malang melintang ke berbagai klub. Pada 2021/2022, ia resmi membela Tottenham Hotspur. Sejauh ini, ia sudah merasakan kompetisi di tiga negara berbeda: Brasil, Spanyol, dan Inggris.

Kemampuan bertahannya tidak perlu diragukan lagi. Saat ini, ia termasuk dalam daftar pemain kelahiran Sao Paulo dengan banderol mahal, yaitu 25 juta euro atau sekitar 402 miliar rupiah.

5. Gabriel

5 Pesepak Bola Ternama yang Lahir di Sao Paulopotret Gabriel (instagram.com/_gabrielmagalhaes)

Gabriel adalah bek kunci lini pertahanan Arsenal. Pemain serbabisa ini lahir di Sao Paulo pada 19 Desember 1997. Pada 2022 ini, ia resmi menginjak usia 25 tahun.

Gabriel diboyong Arsenal pada 2020/2021 dari Lille. Bersama Arsenal, ia menemukan permainan terbaiknya. Kerja keras dan usahanya selama ini membuahkan hasil.

Sebagai seorang bek, Gabriel berhasil menyumbang tiga gol untuk tim asal London tersebut. Sumbangan itu dianggap sepadan dengan banderol 25 juta euro (402 miliar rupiah).

Dengan makin bermunculan talenta-talenta muda yang mencuri perhatian publik saat ini, tidak menutup kemungkinan bintang dunia pada masa depan berasal dan lahir dari Sao Paulo. Brasil sendiri sejauh ini tidak pernah kehabisan pemain berbakat, bukan?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan Rusia

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya