Apa Kabar Mantan Juara Dunia Tinju Chris John? Ini Kegiatannya Sekarang!

The Dragon tidak bisa lepas dari tinju.

Mantan juara dunia kelas bulu (WBA featherweight) asal Indonesia, Chris John telah memutuskan untuk pensiun sejak 2013. Alasannya adalah faktor stamina yang memaksa dirinya untuk gantung sarung tinju tiga tahun silam. Nah, tiga tahun terakhir namanya kurang mentereng lagi, meski pernah membintang sebuah film 2016 ini.

Apa yang dilakukannya sekarang? Chris John justru kembali ke ring tinju. Namun, bukan sebagai petinju, tapi promotor olahraga ini. Chris John, dikutip dari FightNews.com, memiliki jadi promotor tinju tahun 2016 ini. Dirinya bahkan telah resmi menjadi promotor internasional. Akan tetapi, Chris John tidak berkarier di luar negeri, tapi Indonesia.

Chris John dan pencarian terhadap petinju muda berbakat.

Apa Kabar Mantan Juara Dunia Tinju Chris John? Ini Kegiatannya Sekarang!fightnews.com

Sejak Agustus 2016, petinju the sebutan The Dragon atau Si Naga ini memilih jadi promotor dan mencari bibit-bibit baru dunia tinju. Pada awal kariernya ini, Chris John telah menggelar banyak pertandingan yang pertemukan petinju muda Indonesia dengan lawan dari luar negeri. Pada 8 Agustus 2016 silam, Chris John mempertemukan Hebi Marapu di kelas bulu dengan Jackson Koel Lapie yang juga dari Indonesia.

Sementara, pada 27 Agustus pula Iwan Zoda, juara kelas terbang IBF dipertemukan dengan petinju asal Thailand, Kajonsak Pothang. Dalam pertandingan tersebut, Iwan berhasil menang Knocked Out atau KO atas Pothang. Pertandingan berlansung di Ketapang, Kalimantan Barat.

Baru-baru ini, dirinya secara resmi perkenalkan diri sebagai promotor yang menyaring talenta muda Indonesia. Petinju kelas terbang WBA Tibo Monabesa berhasil menang KO atas penantang dari Filipina, Joel Taduran di Balai Sarbini, Jakarta.

Alasan Chris John mencari bibit muda adalah dia ingin para petinju punya kesempatan seperti dirinya saat awali karier dulu.

Baca Juga: Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesia

Chris John mengingat awal karier lewat jadi promotor.

Apa Kabar Mantan Juara Dunia Tinju Chris John? Ini Kegiatannya Sekarang!zimbio.com

Diberitakan oleh JakartaGlobe, Chris John mengaku ingin membantu para petinju berpotensi untuk mendapat kesempatan tampil. Dirinya ingin semua petinju mendapat kesempatan yang sama. Para petinju lokal dianggap sering dipandang sebelah mata. Para petinju muda ini bisa saja menghadapi atlet tinju nasional.

Hal tersebut juga dialami oleh Chris John di masa awal karier profesionalnya. Chris John ingin para petinju belajar kembangkan teknik pukulan mereka. Selain itu, mencari bakat baru untuk jadi ikon Indonesia.

Chris John bahkan memiliki acara sendiri di televisi terkait pencarian bakat ini. Bertajuk "Boxing Championship" para petinju muda ini akan bersaing demi jadi atlet berbakat bagi Indonesia.

Baca Juga: Kenapa Sih Pebalap Sering Menyemburkan Sampanye di Podium?

Topik:

Berita Terkini Lainnya