Kalahkan Barcelona dan Manchester United, Klub Ini Punya Pendapatan yang Terbesar!

9 triliun rupiah!

Apa sih definisi klub terkaya di dunia? Bukan hanya dari uang yang dipunya oleh pemilik dan investasi dari klub lho, tapi juga pendapatan keseluruhan. Klub-klub besar benua Eropa memang sudah selesai 'menghamburkan' pundi-pundi mereka untuk mendatangkan para pemain ternama ke tim mereka. Nah, saatnya menghitung pendapatan akhir klub.

Bulan September biasa dijadikan patokan akhir terkait pendapatan. Jendela transfer musim panas yang berakhir pada 1 September juga jadi alasannya. Nah, siapa sih yang punya pendapatan terbesar dan jadi klub terkaya di dunia?

Real Madrid punya pendapatan 620 juta Euro.

Kalahkan Barcelona dan Manchester United, Klub Ini Punya Pendapatan yang Terbesar!Kai Pfaffenbach / Reuters via as.com

Seperti dilansir dari Goal.com, klub asal Spanyol, Real Madrid telah memastikan diri jadi yang terkaya. Pihak Madrid sendiri pun mengonfirmasi hal ini dengan mengaku bahwa pendapatan mereka mencapai 620 juta Euro atau setara sembilan triliun rupiah.

Klub yang punya Cristiano Ronaldo, Gareth Bale dan Sergio Ramos ini mengaku punya tahun yang menguntungkan lagi 2016 ini. Juara Liga Champions Eropa ini mengalami peningkatan pendapatan sebesar 7,4 persen dari musim 2015/2016. Real Madrid jadi klub terkaya juga karena telah membayar hutang 96 juta Euro atau setara 1,3 triliun rupiah.

Kalahkan Barcelona dan Manchester United, Klub Ini Punya Pendapatan yang Terbesar!givemesport.com

Namun, keuntungan klub musim ini justru menurun 22,5 persen dari 55,9 juta Euro menjadi 43,3 juta Euro atau setara 629,1 miliar rupiah. Angka 600 juta Euro ini adalah yang pertama bagi sejarah klub di Spanyol dan Eropa. 

Baca Juga:15 Pemain Muda Berbakat Ini Akan Bersinar di Musim 2016/2017 Versi IDNtimes.com

Angka tersebut juga akhirnya membuat Real Madrid sebagai sebuah klub sepak bola punya tabungan lebih dari 211 juta Euro. Angka ini dapat digunakan untuk jual-beli pemain jendela transfer Januari ini. Angka tersebut juga tidak termasuk pembayaran gaji fantastis para pemain.

Real Madrid unggul dari Barcelona dan Manchester United.

Kalahkan Barcelona dan Manchester United, Klub Ini Punya Pendapatan yang Terbesar!twitter.com/fcbarcelona

Dua tim kaya dan besar lainnya, Barcelona serta Manchester United. Seperti diberitakan DailyMail.co.uk, Real Madrid unggul atas rivalnya di La Liga. Barcelona sendiri sebenarnya meraih pendapatan 679 juta Euro atau setara 9,8 triliun rupiah. 

Akan tetapi, angka tersebut harus dikurangi 70 juta Euro atau satu triliun rupiah dari pembelian pemain. Sementara angka 620 juta Euro Madrid tidak termasuk penjualan pemainnya. Dengan kata lain, Barcelona hanya mendapat 609 juta Euro atau sekitar 8,8 triliun rupiah. 

Di belakang Barcelona ada klub asal Inggris, Manchester United. United meraih pendapatan 570 juta rupiah, di luar penjualan pemain. Angka tersebut adalah 8,2 triliun rupiah.

Kalahkan Barcelona dan Manchester United, Klub Ini Punya Pendapatan yang Terbesar!gq234.com

Hasil ini menempatkan Real Madrid sebagai tim terkaya selama 11 tahun berturut-turut. Hebat!

Baca Juga: 11 Skuad Termahal di Liga Eropa, Bisakah Mereka Meraih Trofi Musim Ini?

Topik:

Berita Terkini Lainnya