Comscore Tracker

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester United

Belum ada yang bisa menggeser posisi David De Gea

Kiper atau penjaga gawang merupakan pertahanan terakhir yang bertugas mencegah tim lawan mencetak gol. Kiper kerap menjadi sorotan jika tampil baik atau kurang memuaskan.

Di Manchester United, terdapat nama David De Gea yang tak tergantikan di posisi penjaga gawang utama selama beberapa musim. Kiper yang bergabung dari Atletico Madrid pada 2011 itu kerap tampil apik walaupun beberapa kali tampil inkonsisten.

Untuk memberikan daya saing di pos penjaga gawang, bermunculan beberapa kiper top, baik itu dari transfer pemain atau dari kiper akademi. Berikut kiper top yang jadi cadangan David De Gea di Manchester United.

1. Dean Henderson

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester UnitedDean Henderson (instagram.com/deanhenderson)

Dean Henderson merupakan kiper didikan asli produk akademi Manchester United. Namanya mulai menjadi perbincangan setelah tampil apik saat dipinjamkan ke Sheffiield United. Ia membawa The Blades bertengger di posisi sembilan klasemen English Premier League (EPL) pada 2019/2020.

Kembali dari masa peminjaman, Dean Henderson hanya mencatat dua belas penampilan di EPL 2020/2021. Bahkan, tanpa penampilan pada musim berikutnya.

Pada 2022/2023, ia pun dipinjamkan ke tim promosi Nottingham Florest untuk menjaga performa. Ia punya harapan agar dipanggil Tim Nasional Inggris.

2. Sergio Romero

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester UnitedSergio Romero (instagram.com/sergioromero)

Berstatus kiper utama Tim Nasional Argentina tidak menjamin Sergio Romero langsung mendapatkan tempat utama di skuat The Reds Devil. Dibeli dari Sampdoria pada musim panas 2016, tetapi tidak mampu menggeser tempat David De Gea yang selalu menjadi pilihan utama.

Selama berseragam Manchester United, Sergio Romero membukukan 61 penampilan dengan catatan 39 kebobolan di semua kompetisi selama berseragam Setan Merah. Posisi kiper kedua diambil alih Dean Henderson pada 2020/2021 dan Romero keluar dari Manchester United pada musim berikutnya setelah kontraknya berakhir.

Baca Juga: 10 Fakta David De Gea, Kiper Manchester United yang Sedang Bangkit

3. Victor Valdes

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester UnitedVictor Valdes (twitter.com/ManUtd_ID)

Victor Valdes merupakan produk asli La Masia yang menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Ia berkostum El Barca selama 14 tahun dan sukses meraih berbagai trofi baik bersama klub maupun di level tim nasional.

Manchester United yang pada saat itu dilatih Louis van Gaal merekrutnya pada Januari 2015 sebagai sebagai pelapis David De Gea. Pada musim pertamanya, ia hanya tampil sebanyak dua kali.

Kedatangan Sergio Romero pada musim berikutnya membuatnya kehilangan tempat dan memilih dipinjamkan ke Standard Liege pada Januari 2016. Dia kemudian memutuskan pindah permanen ke Middlesbrough pada musim panas 2016.

4. Sam Johnstone 

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester UnitedSam Johnstone (instagram.com/samjohnstone)

Meski belum melakukan debut di kancah Premier League saat bersama Manchester United, Sam Johnstone tampil bersinar setelah pindah secara permanen ke Wes Bromwich Albion pada 2018.

Kariernya di Manchester United lebih sering dipinjamkan karena kesulitan bersaing dengan David De Gea, Anders Lindegaard, bahkan kiper muda lainnya, Ben Amos. Meski begitu, ia sudah mengantongi tiga caps bersama Timnas Inggris dan ikut dalam ajang Euro 2020. Pada 2022/2023, ia bergabung bersama Crystal Palace.

5. Anders Lindegaard

5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester UnitedAnders Lindegaard (instagram.com/anders.lindegaard)

Anders Lindegaard, kiper asal Denmark, digadang sebagai pewaris Peter Schmeichel karena berasal dari negara yang sama. Ia didatangkan pada akhir 2010 saat masa bakti Edwin van Der Sar segera berakhir.

David De Gea sendiri datang untuk diproyeksikan menjadi pengganti sepadan van der Sar sebagai kiper utama pada musim panas 2011. Buruknya performa De Gea pada awal penampilannya membuat Lindegaard mencuri tempat utama.

Meski begitu, cedera mengganggu Lindegaard. Tempatnya pun berhasil diambil alih De Gea yang selalu tampil baik.

Setelah gagal menggeser posisi De Gea, Lindegaard pergi dengan status bebas transfer ke West Bromwich pada 2015. Dia kini bermain untuk Helsinborgs, tim asal Swedia, sejak 2019/2020.

Terhitung sudah 11 musim David De Gea berseragam Manchester United dan masih dipercaya menjadi kiper utama sampai saat ini. Saingan bermunculan untuk merebut singgasana di bawah mistar The Red Devils. Namun, dia tidak juga goyah.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De Gea

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya