Comscore Tracker

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi Pemain

Calon pelatih top pada masa mendatang   

Jika ditanya siapa pelatih terbaik saat ini, maka akan terlintas nama Pep Guardiola. Banyak prestasi yang ditorehkannya selama berkarier di dunia kepelatihan. Ia bahkan pernah meraih enam trofi sekaligus bersama Barcelona pada 2008/2009.

Kariernya berlanjut barsama Bayern Munich pada 2013 dan Manchester City pada 2016. Ia masih melatih Manchester City pada 2022/2023 ini.

Pep Guardiola telah melatih banyak pemain dari tiga klub yang pernah diasuhnya. Beberapa malah sudah jadi pelatih. Inilah pelatih yang pernah dilatih Guardiola saat jadi pemain.

1. Xavi Hernandez

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi PemainXavi Hernandez (instagram.com/xavi)

Saat diperkenalkan sebagai kepala pelatih Barcelona, banyak penggemar sepak bola berharap Xavi Hernandez bisa mengikuti kesuksesan mantan pelatihnya di Barcelona, yaitu Pep Guardiola. Apalagi prestasi Xavi sebagai kepala pelatih terbilang cukup sukses.

Xavi sanggup mempersembahkan 2 trofi Liga Qatar dan 7 gelar domestik lain bersama Al-Sadd dengan catatan 102 pertandingan. Ia mengantongi rincian 67 kemenangan, 17 imbang, dan 18 kekalahan.

Xavi dan Guardiola sendiri pernah berkolaborasi sewaktu menjadi rekan di lapangan hijau hingga menjadi pemain dan pelatih. Xavi kini diharapkan kembali menghadirkan permainan indah seperti pada era kepemimpinan Pep Guardiola di Barcelona.

2. Vincent Kompany

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi PemainVincent Kompany memimpin latihan Burnley. (facebook.com/vincentkompany)

Menjadi andalan di lini belakang Manchester City asuhan Pep Guardiola sekaligus kapten tim, Vincent Kompany meninggalkan Manchester setelah 11 tahun pengabdian. Ia pergi pada 2018 dengan hijrah ke tim masa mudanya di Belgia, Anderlecht.

Selain menjadi pemain, Kompany merangkap menjadi pelatih di Anderlecht. Ia baru pensiun sebagai pemain setahun kemudian.

Pada 2021/2022, Kompany mengantarkan Anderlecht ke posisi ketiga klasemen akhir Liga Belgia serta sebagai finalis Piala Liga Belgia. Prestasi itu cukup menarik perhatian Burnley yang akhirnya menunjuk Vincent Kompany sebagai kepala pelatih pada 2022/2023. Mereka punya target kembali ke English Premier League (EPL) musim depan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester City

3. Rafael Marquez

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi PemainRafael Marquez saat melatih Barbelona B. (twitter.com/rafamarquezmx)

Meski tidak menjadi pilihan utama saat menjadi pemain Barcelona, Rafael Marquez selalu bermain impresif ketika diberi kesempatan tampil. Itu terlihat pada pertandingan perempat final Liga Champions Eropa saat melawan Arsenal.

Pada saat itu, Carles Puyol dan Gerard Pique harus absen karena terkena akumulasi kartu. Namun, duet Rafael Marquez dengan Gabriel Milito sukses mengawal pertahanan Barcelona dengan mengakhiri laga lewat skor 4-1 untuk kemenangan Barcelona.

Pemain yang pernah bermain di Piala Dunia berturut-turut dari 2002 sampai 2018 bersama Tim Nasional Mexico ini kini ditunjuk sebagai kepala pelatih Bacelona B. Ia menggantikan Sergi Barjuan yang dipecat usai gagal memenuhi target bersama Barcelona B. Marquez mengikuti jejak Guardiola yang memulai semuanya dari Barcelona B.

4. Gabriel Milito

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi PemainGabriel Milito (instagram.com/aaajoficial)

Saat masih menjadi pemain Barcelona, Gabriel Milito menjadi cadangan Carles Puyol dan Gerard Pique. Meski begitu, ia mempersembahkan banyak trofi kepada Barcelona, termasuk treble winner  pada 2008/2009 bersama Pep Guardiola.

Pada 2010, Milito memutuskan pulang ke Argentina dengan membela Independiante. Ia lalu pensiun 2 tahun setelahnya.

Begitu pensiun, Gabriel Milito memutuskan untuk melanjutkan karier sebagai pelatih sepak bola. Ia melatih Indepediente pada 2016, O'Higgins pada 2017, lalu Estudiantes de La Plata pada 2019. Ia kini menjadi kepala pelatih tim di liga teratas Argentina, Argentinos Junior, sejak 2021.

5. Thiery Henry

5 Pelatih yang Pernah Dilatih Guardiola Saat Jadi PemainThierry Henry (instagram.com/belgianreddevils)

Thierry Henry dan Pep Guardiola pernah bekerja sama sewaktu di Barcelona. Mereka mempersembahkan treble winner  pada 2008/2009.

Karier Henry sebagai pelatih sendiri tidak sehebat ketika menjadi pemain. Itu terbukti ketika ia ditunjuk menjadi kepala pelatih AS Monaco pada Oktober 2018, tetapi dipecat pada Januari 2019.

Henry kemudian mencoba peruntungannya ke Amerika Serikat dengan menukangi klub Major League Soccer (MLS), Montreal Impact. Namun, pandemik COVID-19 melanda sehingga membuatnya mengundurkan diri pada Maret 2021 dengan alasan keluarga.

Menjelang perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar, Thierry Henry membantu Roberto Martinez untuk menjadi asisten Tim Nasional Belgia. Sebelumnya, ia pernah menjadi asisten pelatih Belgia pada 2016 sampai 2018 serta saat Euro 2020.

Dari nama-nama di atas, adakah yang bakal mengikuti kesuksesan Pep Guardiola? Menarik menunggu kiprah mereka setelah ini. Mungkin beberapa di antaranya bisa sesukses Guardiola.

Baca Juga: Pep Guardiola Sebut Erling Haaland Mirip Lionel Messi

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya