Comscore Tracker

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi Pelatih

Calon pelatih top pada masa mendatang    

Belanda merupakan finalis Piala Dunia 2010 yang tampil mengesankan selama turnamen di Afrika Selatan. Sayangnya, mimpi menjadi juara dunia untuk kali pertama harus kandas oleh Spanyol. Padahal, saat itu, pasukan Der Oranje dihuni beberapa pemain top, seperti Arjen Robben, Robin van Persie, Wesley Sneijder, dan Giovanni van Bronckhorst.

Memasuki masa pensiun, beberapa pemain itu memutuskan untuk melanjutkan karier ke dunia kepelatihan. Berikut pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang saat ini jadi pelatih.

1. Giovanni van Bronckhorst 

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi PelatihGiovanni Van Bronckhorst (twitter.com/the_real_gio)

Nama pertama ada Giovanni van Bronckhorst, kapten yang mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia 2010. Dia merintis karier kepelatihanya sebagai asisten pelatih Feyenoord pada 2011.

Setahun setelahnya, van Bronckhorst ditunjuk menjadi pelatih Feyenoord U-21 sampai akhirnya naik jabatan untuk melatih tim utama pada 2015. Dia mampu membawa klub meraih gelar domestik, seperti juara Liga Belanda, Piala Belanda, dan Piala Super Belanda.

Pada 2020, van Bronckhorst melanjutkan kariernya di Guangzhou City FC, klub asal China. Namun, itu tak berlangsung lama karena Negeri Tirai Bambu memasuki masa pandemik COVID-19.

Puncak karier van Bronckhorst terjadi ketika membawa Rangers FC ke final Liga Europa 2021/2022. Padahal dia baru datang ke Rangers pada pertengahan musim untuk menggantikan Steven Gerrard yang hijrah ke Aston Villa.

2. Dirk Kuyt 

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi PelatihDirk Kuyt (instagram.com/kuyt)

Mantan bintang Liverpool, Dirk Kuyt, mengawali karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih Quick Boys, yang merupakan klubnya sebelum gantung sepatu. Dia kemudian pindah dengan menjabat sebagai asisten pelatih Feyenoord U-19.

Memasuki 2022/2023, ADO Den Haag menunjuk Dirk Kuyt untuk menggantikan Giovanni Franken sebagai kepala pelatih. Kuyt ditargetkan untuk mengembalikan ADO Den Haag ke kasta tertinggi liga Belanda.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi Pelatih

3. Robin van Persie

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi PelatihRobin Van Persie (twitter.com/persie_official)

Setelah pensiun sebagai pemain, Robin van Persie ditugaskan menjadi pelatih striker di Feyenoord Rotterdam pada 2020. Namun, menurut situs Transfermarkt, van Persie saat ini menjabat sebagai kepala pelatih Feyenoord Youth.

Pemain yang mendapatkan julukan The Flying Dutchman ini selalu menjadi pemain andalan di tiap tim yang dibelanya, seperti Feyenoord, Arsenal, dan Manchester United. Dia juga sukses mengantarkan Tim Nasional Belanda menjadi runner-up di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

4. Mark van Bommel

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi PelatihMark Van Bommel (instagram.com/markvanbommel6)

Mark van Bommel mengawali karier manajerialnya bersama PSV Eindhoven pada 2018. Pada 2021, Vfl Wolfsburg resmi menunjuknya sebagai pelatih. Namun, kurang dari 5 bulan menukangi klub, dia dipecat setelah gagal meraih kemenangan dalam 8 pertandingan di semua kompetisi.

Pada 2022/2023, Mark van Bommel resmi ditunjuk sebagai pelatih klub kasta tertinggi Belgia, Royal Antwerp. Dia menggantikan pelatih sebelumnya, Brian Priske, dan ditargetkan meraih tiket ke kompetisi Eropa pada musim depan. 

5. John Heitinga

5 Pemain Belanda Piala Dunia 2010 yang Saat Ini Jadi PelatihJohn Heitinga (instagram.com/johnheitina)

John Heitinga resmi mengemban tugas sebagai pelatih Jong Ajax. Pelatih berdarah Indonesia tersebut akan masuk ke staf kepelatihan tim utama Ajax.

Selama berkarier sebagai pemain, Heitinga pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Everton, Fulham, dan Hertha Berlin. Bersama Tim Nasional Belanda, dia telah mencatatkan 87 caps dan mencetak 7 gol. Kartu merahnya di final Piala Dunia 2010 menjadi momen yang tidak terlupakan. 

Masih terdapat nama Arjen Robben yang kini melatih tim junior Quick 1987 dan Stijn Schaars yang menukangi PSV Eindhoven Youth. Mereka terbilang masih fresh di dunia kepelatihan. Bukan tidak mungkin suatu saat nama-nama di atas bisa masuk dalam jajaran pelatih top dunia.

Baca Juga: Sambutlah Cody Gakpo, Andalan Anyar Timnas Belanda

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya