Comscore Tracker

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat Pertandingan

Ngeri juga, ya!

Christian Eriksen merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Denmark yang tumbang di tengah pertandingan saat menjalani laga pembuka Grup B Piala Eropa 2020 melawan Finlandia pada hari Sabtu (12/6/2021). Pemain berusia 29 tahun itu segera dibawa ke rumah sakit oleh petugas medis setelah diberi pertolongan pertama berupa cardiopulmonary resuscitation (CPR) dan kini kondisinya sudah stabil.

Kejadian yang menimpa Eriksen tersebut bukan merupakan kejadian pertama kali yang terjadi dalam sejarah sepak bola. Berikut ini adalah enam pemain sepak bola yang pernah mengalami kolaps di lapangan saat pertandingan. Siapa saja, ya? Check this out!

1. Marc-Vivien Foe

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat PertandinganMarc-Vivien Foe (dok. Gettyimage/Onze)

Foe merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Kamerun yang tiba-tiba terjatuh saat pertandingan semifinal Piala Konfederasi antara Kamerun melawan Kolombia di stadion Stade de Gerland, Lyon. Pemain berusia 28 tahun itu terjatuh pada menit ke-73 dan langsung di bawa pergi oleh staf medis sambil berusaha menyadarkannya.

Namun, upaya mereka gagal dan pria yang dikenal sebagai 'Marco' itu mengembuskan napas terakhirnya setelah diduga menderita kardiomiopati hipertrofik.

2. Fabrice Muamba

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat PertandinganFabrice Muamba (dok. Gettyimage/Richard Heathcote)

Fabrice Muamba adalah pemain sepak bola yang pernah membela Bolton Wanderers. Ia mengalami kolaps pada menit ke-43 dalam pertandingan Piala FA antara Bolton Wanderers melawan Tottenham Hotspur.

Jantung Muamba sempat berhenti selama 78 menit sebelum ia "dihidupkan" kembali. Mantan gelandang Timnas Inggris U-21 itu pun harus segera pensium pada usia 24 tahun.

Baca Juga: Insiden Christian Eriksen Kolaps, Berikut Cara Tolong Korban Serupa

3. Bafetimbi Gomis

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat PertandinganBafetimbi Gomis (dok. Gettyimage/Jamie McDonald)

Gomis merupakan pemain asal Prancis yang pernah beberapa kali pingsan di tengah pertandingan karena kondisi medis yang dideritanya. Gomis pernah jatuh pingsan saat bermain untuk Swansea City, Al-Hilal. dan Galatasaray.

Tidak ada gangguan yang serius dalam kesehatannya. Namun, saat kejadian pingsan pertamanya sebagai pemain Swansea City, timbul kekhawatiran sehingga Gomis segera mendapat CPR dan bantuan medis.

4. Antonio Puerta

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat PertandinganAntonio Puerta (dok. Gettyimage/John Walton-EMPICS)

Antonio Puerta adalah pemain sepak bola yang berposisi sebagai gelandang tengah asal Sevilla. Ia pingsan saat sedang berlari menuju daerah lawan di pertandingan pertama LaLiga musim 2007/2008 antara Sevilla melawan Getafe. 

Tim medis pun langsung bergegas membawa Puerta ke luar lapangan hingga kemudian dilarikan ke rumah sakit. Namun, ia mengembuskan napas terakhirnya setelah dirawat tiga hari kemudian. Penyebab kematiannya adalah karena kegagalan organ ganda serta gangguan pada jantungnya. Saat itu usianya baru 22 tahun.

5. Miklos Feher

Selain Eriksen, Inilah 5 Pesepak Bola yang Kolaps saat PertandinganMiklos Feher terjatuh di lapangan (dok. Gettyimage/Luis Veira)

Miklos Feher merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Hungaria. Feher terjatuh di tengah pertadingan saat bermain bersama Benfica melawan Vitoria Guimaraes pada tahun 2004.

Pemain berusia 24 tahun itu tidak sadarkan diri dan segera ditandu oleh tim medis ke luar lapangan karena mengalami serangan jantung. Petugas medis berusaha menyadarkan Feher sebelum Ia dilarikan kerumah sakit. Namun, dokter mencoba menolongnya sekitar 90 menit sebelum Feher dinyatakan meninggal dunia.

 

Itulah 5 pemain sepak bola yang pernah mengalami kolaps atau pingsan di tengah pertandingan. Tentunya kita harapkan pertandingan yang menarik tanpa ada kejadian mengerikan seperti yang dialami Eriksen kembali terulang.

Baca Juga: Kabar Bahagia! Christian Eriksen Pulang dari Rumah Sakit

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya