Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun Lebih

Jadi mentor untuk pemain muda

Penampilan Barcelona pada 2022/2023 cukup angin-anginan. Mereka mampu memimpin klasemen LaLiga Spanyol, tetapi melempem di Eropa.

Hal tersebut cukup wajar mengingat Barcelona sedang dalam masa regenerasi. Saat ini, Blaugrana banyak dihuni pemain muda yang performanya belum stabil. 

Bahkan, dari seluruh daftar pemain Barcelona 2022/2023, hanya ada enam pemain yang telah berusia 30 tahun lebih. Siapa sajakah mereka?

1. Marc-Andre ter Stegen (30 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihMarc–Andre ter Stegen (instagram.com/mterstegen1)

Selama berseragam Barcelona, nama Marc-Andre ter Stegen berhasil masuk ke jajaran kiper terbaik dunia. Posisinya sebagai kiper utama Blaugrana juga belum tergantikan pada 2022/2023 ini.

Performanya masih cukup menawan walaupun usianya sudah tidak muda lagi. Sejauh ini, kiper 30 tahun tersebut baru kebobolan 9 kali dengan berhasil mencatat 21 clean sheet dari 28 pertandingan di LaLiga musim ini.

2. Sergi Roberto (31 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihSergi Roberto (instagram.com/sergiroberto)

Sergi Roberto menjadi salah satu pemain jebolan La Masia yang berhasil menembus tim utama. Ia bergabung dengan tim utama sejak 2013 lalu. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu juga masih dipercaya untuk mengisi skuad Barcelona pada 2022/2023.

Kemampuannya yang bisa bermain di berbagai posisi sangat dibutuhkan tim. Pada 2022/2023, Roberto telah tampil sebanyak 29 kali dengan torehan 4 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Gagal Membawa Barcelona Meraih Trofi

3. Marcos Alonso (32 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihMarcos Alonso (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonso merupakan rekrutan anyar Barcelona. Ia didatangkan secara gratis dari Chelsea pada musim panas. Kehadiran pemain 32 tahun itu juga menambah opsi di lini belakang Barcelona.

Meski posisi aslinya bek kiri, ia kerap dimainkan sebagai bek tengah. Ia kalah bersaing dengan Alejandro Balde dan Jordi Alba di posisi yang sama. Selain itu, posturnya yang jangkung juga menjadi salah satu alasan ia kerap dimainkan sebagai bek tengah.

Sejauh ini, Alonso telah mengemas 3 gol dari 29 pertandingan di semua kompetisi pada 2022/2023. Melihat kontribusinya yang cukup bagus, Barcelona memperpanjang kontrak sang pemain hingga Juni 2024.

4. Jordi Alba (33 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihJordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Jordi Alba telah menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Barcelona selama bertahun-tahun. Namun, pada 2022/2023, ia tergusur Alejandro Balde. Alba pun harus rela hanya menjadi pemain pelapis.

Wajar saja, usianya yang telah menginjak 33 tahun membuat performanya kian menurun. Sejauh ini, Alba hanya mampu mengemas 1 gol dan 6 assist dari 24 laga di semua kompetisi pada2022/2023.

5. Sergio Busquest (34 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihSergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Sergio Busquest merupakan pemain paling senior sekaligus kapten bagi Barcelona. Bersama Barcelona, ia mampu menjelma menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik. Meskipun usianya makin menua, pemain 34 tahun itu masih dipercaya untuk mengisi lini tengah Blaugrana. 

Ketenangan serta kepiawaiannya dalam mengatur lini tengah berperan penting bagi permainan Barcelona. Sejauh ini, Busquets telah mencatat 35 penampilan dengan koleksi 3 assist di semua kompetisi pada 2022/2023.

6. Robert Lewandowski (34 tahun)

Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun LebihRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Pada bursa transfer musim panas 2022, Barcelona berhasil mendatangkan Robert Lewandowski dari Bayern Munich dengan nilai transfer mencapai 45 juta euro atau sekitar Rp730 milliar. Pemain 34 tahun itu langsung menyetel dengan permainan Barcelona dan menunjukkan ketajamannya.

Lewandowski memimpin daftar top skor sementara LaLiga 2022/2023 dengan koleksi 17 gol dari 24 pertandingan. Ia juga telah berhasil mengemas 6 assist. Statistik apiknya itu mampu membuktikan bahwa dirinya layak disebut sebagai penyerang terbaik di dunia saat ini.

Hadirnya para pemain senior di skuad yang berisikan banyak pemain muda menjadi sangat penting. Mereka bisa berbagi pengalaman serta membantu para pemain muda agar semakin berkembang.

Baca Juga: Lewandowski Ternyata Hampir Gabung MU, Begini Ceritanya!

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya