5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli Newcastle

The Magpies siap melakukan perombakan

Klub asal Inggris, Newcastle United, telah resmi diakuisisi oleh konsorsium Saudi Public Investment Fund (PIF) dengan harga sekitar 300 juta pound sterling (setara Rp5,8 triliun). Akuisisi The Magpies sukses mengubah mereka menjadi klub dengan pemilik terkaya di dunia, melewati Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Saat klub berganti kepemilikan, tentunya akan ada perombakan struktur kepengurusan yang ada di manajemen. Nah, berikut ini lima hal yang harus dilakukan Pangeran Mohammed bin Salman setelah membeli Newcastle United. Keep scrolling!

1. Mulai memikirkan nama top untuk menjadi pelatih

5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli Newcastlepotret Antonio Conte (sempreinter.com)

Inilah hal pertama yang harus mulai dipertimbangkan oleh Pangeran Mohammed bin Salman setelah membeli Newcastle United. Steve Bruce, manajer yang kini menangani klub, dinilai banyak pihak kurang kompeten untuk dapat membawa The Magpies lebih maju.

Eddie Howe dan Chris Wilder yang sebelumnya sempat masuk bursa kandidat pengganti Bruce tampaknya tidak akan terwujud. Sang pemilik baru tentunya akan mengincar pelatih terkenal yang dapat memastikan proyek klub berjalan dengan semestinya. Dua pelatih yang kini tengah menganggur, Antonio Conte dan Zinedine Zidane, menjadi kandidat kuat untuk posisi pelatih The Magpies.

2. Membangun tim mulai dari bursa transfer Januari

5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli NewcastlePemain Newcastle United melakukan selebrasi. (chroniclelive.co.uk)

Newcastle perlu melakukan perombakan hampir di semua elemen, tak terkecuali pemain. Jika sudah berhasil menemukan manajer baru, The Magpies harus mulai merencanakan tim pada bursa transfer Januari 2022 nanti.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengangkat mereka yang sekarang berada di posisi ke-19 klasemen sementara. Tentu saja, pada Januari, mereka mungkin tidak dapat merombak keseluruhan tim. Namun, setidaknya kerangka tim bisa mulai dibentuk dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle United

3. Rencanakan pemain yang dipertahankan

5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli NewcastleAllan Saint-Maximin menjadi pemain terbaik Newcastle United musim ini. (skysports.com)

Meski Newcastle memiliki rencana untuk merombak skuad mereka, ada beberapa pemain yang tetap harus mereka pertahankan. Salah satunya adalah Allan Saint-Maximin. Sang pemain menunjukkan performa terbaik musim ini, meskipun klubnya belum sekalipun mendapat kemenangan.

Selain Saint-Maximin, The Magpies juga perlu mempertahankan pemain kunci seperti Martin Dubravka, Joe Willock, Miguel Almiron, dan Callum Wilson.

4. Membuat rencana pengembangan pemain muda dan fasilitas klub

5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli Newcastlemarkas Newcastle United St. James Park (chroniclelive.co.uk)

Kesuksesan klub berasal dari fondasi yang kokoh. Pengembangan pemain muda pada era bursa transfer yang semakin menggila tentunya sangat diperlukan. Pada era pemilik sebelumnya, Newcastle tidak melakukan hal tersebut.

Kini, pemilik baru tampaknya fokus untuk membenahi semua sektor klub. Salah satunya program pengembangan pusat akademi muda untuk merekrut pemain berbakat di Tyneside. Selain itu, fasilitas latihan yang dibutuhkan pastinya akan diubah dan dibuat semodern seperti yang ada di klub big six Premier League.

5. Membangun koneksi dengan para supporter

5 Hal yang Harus Dilakukan Pangeran Salman setelah Beli NewcastleToon Army selalu menjadi penyemangat ketika Newcastle bertanding. (chroniclelive.co.uk)

Selama 14 tahun di bawah pemilik sebelumnya, suporter Newcastle sangat jarang diperhatikan dan didengarkan pendapatnya. Bahkan, menggambarkan visi dan ambisi klub seperti tak pernah terpikir oleh Mike Ashley. Alasan utamanya, ia seperti melihat Toon Army sebagai pelanggan saja.

Pemikiran seperti itu tentunya harus segera dihilangkan. PIF harus siap untuk mengungkapkan dan menunjukkan loyalitas mereka dalam membangun klub. Dengan begitu, suporter akan yakin dan mendukung sepenuhnya rencana jangka panjang klub.

Itulah lima hal yang harus dilakukan Pangeran Mohammed bin Salman setelah membeli Newcastle United. Jika mampu menjalankan klub dengan cara yang tepat, besar kemungkinan The Magpies akan kembali menjadi klub yang ditakuti seperti era 1990-an.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Newcastle United sebelum Datangnya PIF

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya