6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di Januari

Posisi mana sajakah yang perlu ditambal sederet tim ini?

Premier League sudah memasuki pekan ke-19. Sejumlah pelatih tentunya telah menyadari kekuatan dan kelemahan tim yang perlu mereka benahi.

Jelang dibukanya bursa transfer paruh musim, beberapa klub Inggris kabarnya siap memperkuat skuat mereka dengan sederet pemain baru yang berkualitas. Lantas, posisi mana saja yang harus diprioritaskan oleh masing-masing pelatih?

Berikut ini beberapa posisi yang perlu diperkuat oleh tim Big Six Premier League pada bursa transfer musim dingin 2021/2022.

1. Arsenal - gelandang tengah

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di Januaripotret Aaron Ramsdale dan Ben White (skysports.com)

Pada bursa transfer musim panas 2021/2022, Arsenal dikritik keras karena dianggap merekrut sejumlah pemain muda dengan harga yang terbilang terlalu mahal. Namun, saat ini banyak pihak yang justru memuji rekrutan The Gunners karena berhasil tampil gemilang.

Takehiro Tomiyasu dan Aaron Ramsdale menjadi dua nama yang disebut paling sukses untuk The Gunners. Selanjutnya ada nama Ben White dan Martin Odegaard yang makin berkembang di tiap pertandingan. Selain itu, Nuno Tavares dan Albert Sambi Lokonga juga tak pernah mengecewakan jika dipercaya tampil oleh sang pelatih, Mikel Arteta.

Namun, Arsenal masih harus memperkuat beberapa posisi lagi untuk skuat mereka. Prioritas pertama di bulan Januari 2022 nanti tentunya adalah gelandang tengah. Ya, The Gunners harus kehilangan Thomas Partey dan Mohamed Elneny yang memperkuat timnas mereka di ajang Piala Afrika.

2. Chelsea - bek kiri

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di Januaripotret Ben Chilwell (skysports.com)

Ben Chilwell menjadi salah satu pemain terbaik Chelsea di musim 2021/2022. Namun, cedera ACL yang ia derita saat melawan Juventus bulan lalu membuat Chilwell harus absen setidaknya hingga akhir musim.

Marcos Alonso yang menggantikannya di posisi bek kiri tak mampu tampil konsisten dan kerap menjadi titik lemah sisi kiri pertahanan The Blues. Bek kiri milik Everton, Lucas Digne, disebut-sebut menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan oleh sang pelatih, Thomas Tuchel.

Baca Juga: 5 Transfer Pinjaman Top ke Sesama Klub Inggris di Bursa Transfer 21/22

3. Liverpool - striker

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di Januaripotret Salah, Mane, dan Firmino (liverpoolfc.com)

Liverpool yang tengah berusaha mengejar Manchester City dalam perebutan gelar juara Premier League, tak lama lagi segera kehilangan trio mereka yang berangkat ke Piala Afrika. Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita merupakan tiga pilar penting untuk The Reds yang dipastikan absen guna membela tim nasional mereka.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pasti cukup pusing untuk mengatur tim di tengah jadwal padat. Kini, tersisa nama Divock Origi dan Takumi Minamino yang akan bersaing untuk mendapatkan tempat di tim utama bersama Roberto Firmino dan Diogo Jota. Mendatangkan penyerang serba bisa di bulan Januari nanti tentu berguna untuk The Reds tetap berada di jalur perebutan gelar juara Premier League.

4. Manchester City - striker

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di JanuariPotret selebrasi para pemain Man City usai mencetak gol ke gawang Leicester City, 26 Desember 2021. (mancitysquare.com)

Manchester City tampil luar biasa di Premier League musim 2021/2022. Mengoleksi 47 poin, The Citizen unggul 6 poin dari Liverpool dan Chelsea di posisi kedua dan ketiga klasemen sementara. Meski kecil kemungkinan mereka merekrut pemain baru di bursa transfer musim dingin 2022, tapi hengkangnya Ferran Torres ke Barcelona secara tidak langsung akan berimbas ke rencana transfer The Citizen.

Setelah gagal mengontrak Harry Kane di musim panas lalu, kini City kembali dikaitkan dengan sejumlah nama penyerang top. Erling Haaland dan Dusan Vlahovic menjadi dua nama terbaru yang diisukan akan segera merapat ke Etihad Stadium.

5. Manchester United - gelandang bertahan

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di JanuariFred menjadi pilihan utama di lini tengah Man Utd saat ini. (planetfootball.com)

Manchester United tengah mendapatkan kritik dari sejumlah penggemarnya dalam beberapa bulan terakhir. Teranyar, The Red Devils harus rela ditahan imbang 1-1 oleh tim zona degradasi, Newcastle United. Hasil tak meyakinkan tersebut membuat menajemen klub kabarnya siap mendukung penuh Ralf Rangnick di bursa transfer musim dingin 2022.

Posisi yang menjadi prioritas The Red Devils tentunya adalah gelandang bertahan. Peran Scott McTominay dan Fred dinilai masih jauh dari kata maksimal. Sementara itu, Nemanja Matic juga tak mampu dijadikan sebagai pilihan utama lagi. 

6. Tottenham Hotspur - bek tengah

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Tim Big Six Premier League di Januaripotret Kane dan Son (skysports.com)

Antonio Conte akan memulai revolusinya di Tottenham Hotspur pada bursa transfer Januari 2022. Prioritas utamanya adalah posisi bek tengah yang saat ini sangat terbatas akibat absennya Cristian Romero. 

Bek asal Sevilla, Jules Kounde, menjadi nama yang kembali diminati oleh The Lilywhites. Bek asal Torino, Gleison Bremer, juga menjadi alternatif lain untuk direkrut Spurs di bursa transfer musim dingin 2022. Selain itu, kabarnya sejumlah nama dari kompetisi Serie A juga ikut masuk dalam radar Conte.

Well, akankah klub-klub yang tergabung di Big Six Premier League tersebut akan aktif menambal posisi-posisi "lubang" tersebut di bursa transfer musim dingin 2021/2022? Menarik untuk kita nantikan di bulan Januari nanti, ya!

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya