Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalan

Menurutmu mana yang paling unik, nih?

Pertandingan yang dilabeli derby biasanya melibatkan persaingan antara dua tim satu kota, terdapat rivalitas masa lalu atau adanya perbedaan kelas atau strata. Lalu, bagaimana jika duel tersebut tetap dilabeli derby padahal tidak ada satupun syarat di atas yang terpenuhi?

Ternyata di Inggris, terdapat beberapa derby sepak bola yang tercipta karena terhubung dengan satu jalan yang sama, lho. Penasaran? Yuk, simak lima derby di ranah Liga Inggris yang dinamakan berdasarkan nama jalan raya. Unik!

1. M23-A23 Derby

Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalancpfc.co.uk

M23-A23 Derby merupakan pertemuan antara dua klub Premier League, Crystal Palace versus Brighton & Hove Albion. Derby ini sangat unik, karena Palace yang bermarkas di London sebenarnya terpisah jarak 124 km menuju markas Brighton di Sussex.

Meski terpisah jarah sangat jauh, namun keduanya menggunakan dua jalan yang sama untuk terhubung dari London Selatan menuju Sussex, yaitu M23 dan A23 road.

Selain itu, derby yang tercipta di medio 1970-an kian panas karena kedua suporter sempat saling sindir mengenai logo klub mereka yang sama-sama berjenis burung.

2. M1 Derby

Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalanlutontoday.co.uk

Pertemuan antara Watford dan Luton Town yang dibalut dengan nama M1 Derby ini merupakan salah satu persaingan yang sudah berlangsung sejak lama.

Awal bertemu sejak akhir abad 19, Watford yang berasal dari Hertfordshire dan Luton yang berasal dari Bedfordshire hanya terhubung satu jalan saja untuk menuju markas masing-masing, yaitu M1 road.

Baca Juga: 7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinanti

3. M69 Derby

Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalancoventrytelegraph.net

Meski kini terpisah satu divisi, pertemuan antara Leicester City dan Coventry City yang bernama M69 Derby juga menjadi salah satu derby yang menggunakan nama jalan. Hanya berjarak 38 km antara King Power Stadium dan Ricoh Arena, kedua klub terhubung satu sama lain dengan jalan raya lurus bernomor M69.

4. A62 Derby

Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalanexaminerlive.co.uk

A62 Derby merupakan pertemuan antara Huddersfield Town melawan Oldham Athletic. Kedua klub yang berasal dari Yorkshire dan Lancashire ini terpisahkan jarak 24 km dan terhubung dengan jalan raya A62.

Persaingan antar keduanya sedikit menurun beberapa tahun terakhir, karena Huddersfield Town berada di Championship (kasta kedua) dan Oldham di League Two (kasta keempat).

5. A420 Derby

Unik, 5 Derby Liga Inggris Ini Diberi Nama Berdasarkan Nama Jalanlastwordonsports.com

A420 Derby antara Oxford United versus Swindon Town merupakan salah satu derby paling sengit di sepak bola Inggris. Kedua klub terhubung melalui jalan raya bernomor A420 yang menghubungkan kota Oxfordshire dan Wiltshire.

Selama bertahun-tahun, tidak jarang kedua suporter kesebelasan menghadapi bentrok di dalam maupun luar lapangan ketika derby dilangsungkan.

 

Well, rivalitas di dunia sepak bola tidak melulu harus berasal dari kota yang sama, buktinya beberapa derby di atas bisa tercipta karena keduanya terhubung satu sama lain melalui jalan yang sama. Derby nama jalan mana yang paling unik menurutmu?

Baca Juga: Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggris

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya