Comscore Tracker

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italia

Mana derby yang paling panas menurutmu?

Persaingan sepak bola Italia terkenal menjadi salah satu yang paling menarik dan sarat akan sejarah, tak terkecuali derby. Pertandingan yang biasanya mempertemukan dua kesebelasan dengan rivalitas di masa lalu tersebut sering berlangsung dengan tensi yang tinggi.

Karena begitu banyaknya derby yang mempertemukan klub besar di Italia, terkadang duel derby dapat menentukan tim mana yang akan memenangkan gelar liga di musim tersebut. Berikut ini tujuh derby terpanas di sepak bola Italia. Keep scrolling!

1. Derby della Madonnina

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiableacherreport.com

Tidak diragukan lagi, Derby della Madonnina merupakan salah satu derby terpanas di sepak bola Italia. Pertemuan yang melibatkan dua klub asal kota Milan, AC Milan versus Internazionale Milan (Inter Milan) tentunya tidak boleh dilewatkan oleh pencinta sepak bola Italia.

2. Derby d'Italia

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiafourfourtwo.com

Skandal Calciopoli tidak dipungkiri menjadikan persaingan dua klub ini menjadi lebih panas. Namun jauh sebelum skandal tersebut, pertemuan antara Inter Milan dan Juventus yang dibalut dalam Derby d'Italia selalu ketat satu sama lain. Kedua klub tentunya ingin selalu menjadi yang terbaik di Serie-A.

3. Derby della Capitale

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiaworldfootballindex.com

Derby della Capitale yang mempertemukan AS Roma vs Lazio merupakan salah satu pertandingan yang selalu menyajikan pertandingan panas di dalam dan luar lapangan.

Suporter I Giallorossi dan le Aquile tercatat tidak pernah akur satu sama lain. Bahkan di tahun 2004, laga keduanya harus dihentikan kerena adanya kerusuhan suporter.

Baca Juga: Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggris

4. Derby della Sole

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiatheguardian.com

Sudah terlibat persaingan sejak lama, Derby della Sole yang mempertemukan Napoli vs AS Roma mencapai puncaknya di tahun 1980-an ketika Diego Maradona ikut terlibat di dalamnya.

Derby ini tercipta karena adanya perbedaan budaya antara suporter Partenopei yang berbasis di selatan dan suporter I Giallorossi dari ibu kota.

5. Derby della Mole

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiaespn.com

Derby della Mole adalah derby yang mempertemukan dua tim asal kota Turin, Juventus vs Torino. Seperti beberapa derby pada umumnya, terdapat perbedaan kelas yang memisahkan mereka.

La Vecchia Signora lebih banyak didukung oleh orang-orang kaya, sementara Il Toro lebih banyak mendapat dukungan dari para pekerja.

6. Derby della Lanterna

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiaforzaitalianfootball.com

Selanjutnya ada Derby della Lanterna yang mempertemukan Genoa dan Sampdoria. Rivalitas kedua klub asal kota Genova ini bermula sejak Sampdoria berdiri di tahun 1946. Saat itu, Il Samp didirikan dengan niat menggeser I Rossoblu sebagai klub terbaik di kawasan tersebut.

7. Derby di Sicilia

Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italiatheguardian.com

Derby di Sicilia antara Palermo kontra Catania menjadi ajang pembuktian soal siapa yang paling hebat di kepulauan sisilia. Tak jarang pertemuan kedua klub ini berakhir dengan kerusuhan suporter, salah satunya di tahun 2007.

 

Itulah tujuh derby sepak bola di negeri Pizza yang berlangsung dengan panas dan sarat akan sejarah. Derby mana kira-kira yang paling panas menurutmu, nih?

Baca Juga: Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesia

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya