5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisi

Usia klub ini baru 19 tahun, lho!

Apakah kamu pernah membayangkan jika klub kesayanganmu diakuisisi, lalu berganti nama dan pindah homebase ke kota lain? Ya, pastinya perasaan sedih bercampur marah akan timbul sebagai suporter klub tersebut. Begitulah yang dirasakan oleh suporter Wimbledon FC di tahun 2002 silam.

Menentang dengan cara mendirikan klub sepak bola baru, berikut ini lima fakta menarik mengenai AFC Wimbledon, klub sepak bola asal Inggris yang dibentuk oleh suporter akibat adanya akuisisi dan dualisme. Keep scrolling, ya! 

1. Diawali karena pindahnya Wimbledon FC menuju Milton Keynes

5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisifootballleagueworld.co.uk

Sejatinya, masyarakat Wimbledon sudah memiliki klub profesional bernama Wimbledon FC. Meski banyak menghabiskan waktu di divisi bawah, Wimbledon FC sempat mengejutkan dengan menjadi juara Piala FA di tahun 1988 setelah mengalahkan Liverpool 1-0.

Pada tahun 2002, keputusan kontroversial pihak liga untuk mengijinkan kepindahan 90 km kandang Wimbledon FC menuju Milton Keynes berujung panjang. Langkah tersebut banyak ditentang dan dianggap terlalu jauh bagi suporter.

Sebagian besar yang menentang, bereaksi dengan mendirikan klub baru bernama AFC Wimbledon. Sementara itu, dua tahun setelahnya klub Wimbledon FC berubah nama menjadi Milton Keynes Dons (MK Dons).

2. Menjadi salah satu klub profesional termuda di ranah sepak bola Inggris 

5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisifootballparadise.com

Terbentuk karena kekecewaan suporter Wimbledon FC yang kehilangan klub mereka, AFC Wimbledon yang didirikan pada Mei 2002 berhasil mendapat persetujuan dari FA untuk berkompetisi secara resmi. Memulai dari kasta ke-9, mereka bermarkas di Kingsmeadow Stadium.

Pertandingan pertama AFC Wimbledon saat itu adalah ketika kalah 4-0 dari Sutton United dalam laga persahabatan. Berhasil menarik sekitar 4.657 suporter, sebagian besar pemain yang saat itu bermain merupakan hasil seleksi dalam menemukan skuad tim utama The Dons.

Baca Juga: Bukan dari Inggris, 5 Klub Ini Bermain di Kompetisi Liga Inggris

3. Unbeaten terlama sepanjang sejarah sepak bola Inggris

5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisifootballparadise.com

Meski tergolong klub baru, AFC Wimbledon memiliki rekor yang sangat mengesankan. Hingga kini, mereka memegang catatan rekor tak terkalahkan terpanjang dalam ranah sepak bola Inggris, baik kompetisi profesional hingga amatir.

Total 78 pertandingan secara beruntun, The Dons tidak pernah menyentuh kekalahan, terhitung dari Februari 2003 hingga Desember 2004.

4. Hanya butuh 9 tahun untuk mencapai Football League

5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisifootballparadise.com

Rekor unbeaten yang mereka capai, secara tidak langsung menjadikan AFC Wimbledon naik kasta secara cepat. Tercatat, mereka mendapatkan lima promosi dalam kurun waktu 9 tahun sejak klub berdiri.

Kini, mereka berada di League One, atau kasta ketiga piramida sepak bola Inggris bersama klub yang pernah mengakuisisi Wimbledon FC, yaitu Milton Keynes Dons. Tak jarang, pertemuan keduanya di liga selalu melibatkan keributan antar suporter.

5. Sempat menjadi klub dengan kapasitas stadion paling kecil di Football League

5 Fakta AFC Wimbledon, Klub Buatan Suporter yang Lahir Akibat Akuisisifootballparadise.com

Saat berdiri di tahun 2002, AFC Wimbledon bermarkas di Kingsmeadow Stadium yang berkapasitas hanya 4.850 penonton. Kini, setelah 19 tahun berdiri, mereka berhasil membuat stadion baru nan modern bernama Plough Lane yang berkapasitas 9.300 dan sudah dibuka sejak 3 November 2020 lalu.

 

Well, itulah lima fakta menarik mengenai AFC Wimbledon, klub sepak bola asal Inggris yang dibentuk oleh suporter karena adanya akuisisi dan dualisme yang terjadi di Wimbledon FC. Semoga suporter AFC Wimbledon segera melihat tim kesayangan mereka kembali berlaga di kasta tertinggi, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Klub Profesional Termuda di Ranah Sepak Bola Inggris, Mana Saja?

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya