7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier League

Klub mana saja, ya?

EFL Championship merupakan kompetisi kasta kedua dalam piramida sepak bola Inggris. Meski telah memasuki pekan ke-38 atau menyisakan 8 pertandingan, hingga kini masih belum ada satu pun tim yang memastikan tiket promosi menuju Premier League.

Sering menghadirkan persaingan yang sengit dalam memperebutkan jatah promosi, berikut ini tujuh klub yang berpotensi naik kasta ke Premier League musim 2021/2022. Keep scrolling!

1. Norwich City

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguecanaries.co.uk

Norwich City yang pada musim 2019/2020 harus terdegradasi karena berada di posisi juru kunci, kini menjadi kandidat kuat untuk kembali naik kasta. Hingga pekan 38, The Canaries sukses berada di puncak klasemen Championship dengan mengumpulkan 83 poin.

Terpaut 14 poin dari zona play-off, mereka tampil luar biasa dengan catatan 25 kemenangan, 8 hasil imbang, dan hanya menelan 5 kekalahan.

2. Watford

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguedailymail.co.uk

Watford yang bernasib sama dengan Norwich City di musim lalu, juga berpeluang untuk kembali ke ajang Premier League. Sempat tampil mengecewakan di awal musim, perlahan Watford tampil konsisten dan kini sukses duduk manis di posisi kedua.

The Hornets sudah mengumpulkan 75 poin, hasil dari 22 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 7 kekalahan.

3. Swansea City

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguebbc.com

Terakhir kali Swansea City berada di kasta tertinggi adalah di musim 2017/2018. Kala itu, mereka terdegradasi karena berada di posisi ke 18. Kini, asa The Swans untuk kembali ke Premier League terbuka sangat lebar.

Mengumpulkan 69 poin, Swansea hanya berjarak 6 poin dari Watford yang berada di posisi promosi otomatis. Selain masih memiliki satu laga tunda, Swansea dan Watford juga masih akan saling berhadapan di laga terakhir Championship musim 2020/2021.

Baca Juga: Ketagihan Bintang Muda Swansea, MU Bakal Rekrut Joe Rodon?

4. Brentford

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguebrentfordfc.com

Nyaris promosi di musim 2019/2020, Brentford kala itu harus tertunduk setelah kalah 1-2 dari Fulham, dalam final play-off yang di gelar di Wembley Stadium. Kini, The Bees berpeluang untuk kembali berjuang mendapatkan promosi. 

Memiliki 68 poin hasil dari 19 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 7 kekalahan, membuat mereka masih memiliki peluang besar, bahkan lewat jalur otomatis. Selain itu, Brentford masih memiliki satu laga tunda.

5. Barnsley

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguetelegraph.co.uk

Berada di bibir jurang degradasi Championship musim 2019/2020, Barnsley musim ini tampil luar biasa mengejutkan dengan sukses berada di zona play-off, yakni peringkat 5.

The Tykes mengumpulkan 64 poin, hasil dari 19 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 12 kekalahan hingga pekan ke-38, atau hanya selisih 9 poin dari Watford yang berada di posisi promosi otomatis.

6. Reading

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguegetreading.co.uk

Tidak ada yang mengira jika klub papan tengah Championship musim lalu, Reading, mampu bersaing untuk memperebutkan jatah promosi menuju Premier League.

Klub berjuluk The Royals ini berada di posisi 6 klasemen sementara, mereka berhasil mengumpulkan 62 poin, hasil dari 18 kemenangan, 8 hasil imbang serta 12 kekalahan.

7. Bournemouth

7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier Leaguetelegraph.co.uk

Meskipun berada di posisi 7 klasemen sementara Championship, Bournemouth masih sangat mungkin untuk kembali ke Premier League, setelah musim lalu harus rela terdegradasi.

Sejauh ini, The Cherries mengumpulkan 59 poin, atau hanya selisih 3 poin dari Reading di zona play-off dan mereka masih memiliki satu laga tunda. 

Dengan menyisakan kurang lebih 8 pertandingan, tentunya banyak drama yang mungkin masih akan terjadi. Mana klub yang kamu jagokan untuk promosi menuju Premier League?

Baca Juga: Bournemouth, Watford, dan Norwich Terdegradasi dari Premier League

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya