6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022

Ada Everton dan Leeds United!

Persaingan di English Premier League (EPL) kian menarik. Hingga pekan ke-27, pertarungan dalam memperebutkan gelar juara masih sangat terbuka antara Manchester City dan Liverpool. Begitu juga persaingan mendapatkan tiket kompetisi Eropa yang kini diperebutkan enam klub (Chelsea, Arsenal, Manchester United, West Ham United, Wolverhampton Wanderers, dan Tottenham Hotspur).

Selain itu, persaingan di papan bawah tidak kalah seru, karena melibatkan sejumlah klub yang sebelumnya tidak diprediksi turun kasta. Berikut ini enam klub Premier League yang terancam degradasi ke Championship pada 2022.

1. Norwich City

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022Kesedihan para pemain Norwich City setelah terdegradasi pada 2019/2020. (sportinglife.com)

Norwich City menjadi kandidat terkuat yang diprediksi turun kasta. The Canaries sebenarnya baru saja promosi musim ini. Mereka juga melakukan pergantian pelatih dari Daniel Farke ke Dean Smith untuk memperbaiki posisi. Namun, masih belum terlihat memberikan dampak yang signifikan.

Hanya meraih 4 kemenangan, 5 imbang, serta 17 kekalahan sepanjang musim membuat mereka harus rela berada di dasar klasemen sementara. Mereka kesulitan untuk sekadar naik peringkat.

2. Watford

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022David De Gea saat menepis penalti pemain Watford, Ismaila Sarr. (skysports.com)

Berada di posisi ke-19, Watford saat ini dalam ancaman turun kasta ke Championship semusim setelah mereka promosi. The Hornets bahkan tercatat telah melakukan dua kali pergantian pelatih musim ini.

Watford telah menjalani 26 pertandingan. Sayangnya, mereka hanya mengumpulkan 19 poin hasil dari 5 kemenangan, 4 imbang, dan 17 kekalahan.

3. Burnley

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022Para pemain Burnley saat menghadapi sesama rival papan bawah, Leeds United. (skysports.com)

Permasalahan terbesar Burnley musim ini ada pada kemampuan mereka dalam mencetak gol. The Clarets baru mencetak 22 gol sepanjang 2021/2022. Catatan itu menjadi yang terendah kedua setelah sang juru kunci, Norwich City.

Burnley juga terlalu banyak meraih hasil imbang (dua belas kali). Mereka baru mengumpulkan 21 poin dan berada di posisi ke-18.

Baca Juga: 5 Pemain Divisi Championship Ini Bisa Jadi Buruan Klub Premier League

4. Everton

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022Frank Lampard, manajer Everton (skysports.com)

Berada di jurang degradasi, Everton terancam turun kasta untuk pertama kalinya sejak 1950/1951. Performa buruk The Toffees musim ini membuat mereka harus menempati posisi ke-17.

Mereka telah melakukan pergantian pelatih dari Rafa Benitez ke Frank Lampard. Namun, klub yang bermarkas di Goodison Park ini baru mengumpulkan 22 poin hasil dari 6 kemenangan, 4 imbang, dan 14 kekalahan.

5. Leeds United

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022Manchester United menang atas Leeds United 5-1. (manutd.com).

Klub yang musim lalu tampil luar biasa dan banyak dipuji dengan permainan menyerang mereka, Leeds United, justru tampil sangat buruk musim ini. Leeds baru mengumpulkan 23 poin dari 26 laga yang telah mereka jalani.

Hanya meraih lima kemenangan, The Whites juga menjadi klub dengan jumlah kebobolan paling banyak di Premier League. Mereka sudah jebol 60 kali musim ini.

6. Brentford

6 Klub EPL yang Terancam Degradasi ke Championship pada 2022Performa Brentford makin menurun dibandingkan awal musim 2021/2022. (theathletic.com)

Klub selanjutnya yang terancam turun kasta adalah klub asal London, Brentford. Rival sekota Chelsea ini berada di posisi ke-15 klasemen sementara.

Raihan 6 kemenangan, 6 imbang, dan 15 kekalahan tentunya bukan hasil yang diharapkan suporter The Bees. Apalagi mengingat mereka memulai musim dengan sangat menjanjikan dengan sukses mengalahkan Arsenal.

Jika tidak ingin terdegradasi, klub-klub di atas harus segera memperbaiki performa mereka pada sisa musim. Kira-kira klub manakah yang akan terhindar dari degradasi?

Baca Juga: 5 Pemain Championship yang Bisa Direkrut Klub EPL pada Januari 2022

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya