5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandang

Klub-klub jago tandang, nih!

Liga Inggris dikenal sebagai salah satu kompetisi sepak bola paling ketat di seluruh jagat raya. Tidak sedikit klub besar yang harus menelan pil pahit karena kalah dari klub yang berstatus "kuda hitam". Dengan sengitnya persaingan, tentu akan sulit untuk tidak kalah dalam laga home maupun away dalam kurun waktu yang lama.

Nah, meskipun sulit, deretan klub Liga Inggris berikut ini sempat dijuluki raja away, karena memiliki rekor unbeaten atau tidak kalah terlama di laga tandang. Klub mana saja? Simak, yuk!

1. Arsenal, 27 pertandingan (April 2003—September 2004)

5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandangpremierleague.com

Meski saat ini tengah terseok-seok, Arsenal sempat mendominasi Premier League pada awal abad 21. Ya, saat itu The Gunners memiliki rekor yang sangat membanggakan, yakni tidak terkalahkan selama lebih dari satu musim (49 pertandingan).

Tak hanya itu, mereka juga jadi klub terlama yang tidak kalah dalam laga tandang, yaitu 27 pertandingan. The Gunners mengawali rekor mereka dengan hasil imbang 1-1 di Aston Villa pada tanggal 5 April 2003, sebelum akhirnya terhenti secara kontroversial di Old Trafford oleh Manchester United pada 24 Oktober 2004.

2. Arsenal, 23 pertandingan (Agustus 2001—September 2002)

5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandangfootball.london

Sebelum bermain luar biasa di musim 2003/2004, The Gunners juga sempat mempunyai rekor mengesankan di laga tandang. Pada periode 2001-2002, klub yang dulu bermarkas di Highbury Stadium ini berhasil tidak kalah selama 23 pertandingan away.

Perjalanan 23 pertandingan tersebut, dimulai dengan kemenangan 4-0 di Middlesborough pada pertandingan pembuka musim 2001/2002, sebelum akhirnya kalah 2-1 dari Everton lewat gol Wayne Rooney pada 19 Oktober 2002.

Baca Juga: 6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

3. Manchester United, 22 pertandingan (Februari 2020—Sekarang)

5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandangcaughtoffside.com

Sejak Ole Gunnar Solskjaer mengambil alih kursi kepelatihan Manchester United pada Maret 2019, mungkin kita lebih banyak mendengar tentang kapan ia akan segera di pecat. Ya, The Red Devils memang kerap tampil kurang meyakinkan di bawah asuhan Ole, namun ada satu rekor mengesankan yang berhasil ia capai.

Manchester United berhasil tidak kalah selama 22 pertandingan tandang, terhitung sejak 19 Januari 2020 saat kalah 2-0 dari Liverpool, hingga kini.

4. Liverpool, 21 pertandingan (Januari 2019—Februari 2020)

5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandangthekoptimes.com

Kekalahan dari Manchester City 2-1 dalam laga yang sangat ketat pada 03 Januari 2019, membuat Liverpool kehilangan kesempatan untuk memenangkan gelar liga pada musim 2018/2019.  Namun, itu ibarat titik awal bagi The Reds, sejak saat itu mereka berhasil tidak kalah dalam 21 laga away beruntun.

Dimulai dari kemenangan 1-0 di markas Brighton & Hove Albion, rekor mereka harus terhenti di markas Watford setelah kalah telak 3-0 di tanggal 1 Maret 2020.

5. Nottingham Forest, 21 pertandingan (November 1977—Desember 1978)

5 Klub Liga Inggris dengan Rekor Unbeaten Terlama di Laga Tandangirishmirror.ie

Jauh sebelum era Premier League di mulai, Nottingham Forest menjadi kekuatan papan atas yang menargetkan gelar juara. Pada periode 1977/1978, The Forest berhasil tak terkalahkan selama 21 pertandingan beruntun Divisi Satu.

Klub yang bermarkas di City Ground Stadium ini memulai rekor mereka di kandang West Bromwich Albion, sebelum akhirnya harus kalah di markas Liverpool pada 9 Desember 1978. Dalam perjalanan spektakuler mereka, Nottingham juga berhasil membukukan kemenangan telak 4-0 atas Manchester United di Theatre of Dreams, julukan stadion kandang United.

 

So, itulah deretan klub Liga Inggris yang memiliki rekor terlama untuk tidak kalah dalam laga tandang. Meski sulit, namun klub-klub di atas mampu membuktikan kepada semuanya bahwa mereka bisa.

Baca Juga: 10 Klub Bola dengan Rekor Tak Terkalahkan Terlama di Kandang

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya