5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!

Mulai dari Arsenal hingga Liverpool

Kompetisi Piala Liga Inggris (EFL Cup) atau yang kini dikenal dengan nama Carabao Cup karena sponsor, mulai bergulir sejak musim 1960/61. Menjadi salah satu dari tiga kompetisi sepak bola domestik yang ada di Inggris, kompetisi ini memiliki format sistem gugur.

Dalam sejarahnya, ada sejumlah klub yang telah mengukir prestasi dengan menjadi juara. Namun, tak sedikit yang bernasib kurang beruntung karena harus merasakan pahitnya kalah di final secara berulang kali. Well, berikut ini lima klub yang tercatat paling sering kalah di laga final Piala Liga Inggris. Check this out!

1. Arsenal (6 final)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!Potret selebrasi para pemain Birmingham City setelah mengalahkan Arsenal di final Piala Liga Inggris musim 2010/11. (planetfootball.com)

Klub asal kota London Utara, Arsenal, menjadi klub yang paling sial di ajang Piala Liga. The Gunners telah bermain di enam laga final dan hanya berhasil memenangkan gelar dua kali saja.

Terakhir kali klub bermarkas di Emirates Stadium ini mendapatkan trofi Piala Liga adalah musim 1992/93. Bahkan, klub yang kini bermarkas di Emirates Stadium pernah kalah secara beruntun di final pada musim 1967/68 dan 1968/69.

2. Tottenham Hotspur (5 final)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!Potret Son Heung-min saat merayakan gol yang dicetak ke gawang lawan. (allkpop.com)

Rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur, menempati urutan kedua sebagai klub yang paling sering kalah di final Piala Liga. The Lilywhites tercatat telah kalah di 5 dari 9 final yang mereka jalani.

Terbaru adalah musim 2020/21 saat mereka tumbang 1-0 dari Manchester City dalam laga final yang digelar di Wembley Stadium. Terakhir mereka menjadi juara di ajang ini adalah musim 2007/08.

Baca Juga: 9 Fakta Son Heung Min, Pesepak Bola yang Dirumorkan Jadi Pacar Jisoo

3. Aston Villa (4 final)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!Duel antara Jack Grealish saat masih berseragam Aston Villa dengan para pemain Manchester City. (expressandstar.com)

Aston Villa merupakan salah satu klub yang kerap kali menjadi kuda hitam di ajang Premier League. Tak berbeda jauh, di ajang Piala Liga The Villans juga termasuk ke jajaran klub yang paling sering masuk final (9 kali) dan memenangkannya sebanyak 5 kali.

Terakhir kali mereka menjadi juara di ajang ini adalah musim 1995/96. Kala itu rival berat Birmingham City ini mengalahkan Leeds United dengan skor 3-0.

4. Manchester United (4 final)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!Kekecewaan Bruno Fernandes setelah Manchester United disingkirkan West Ham di ajang Piala Liga Inggris. (marca.com)

Manchester United menjadi klub berikutnya yang masuk sebagai yang sering kalah di laga final Piala Liga. The Red Devils sejauh ini sukses catatkan 9 penampilan di laga final, namun hanya setengahnya berhasil keluar sebagai juara (5 kali).

Periode 1990-an hingga awal 2000-an menjadi periode paling sering The Red Devils kalah di partai puncak, yakni sebanyak 3 kali.

5. Liverpool (4 final)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!Potret kesedihan para pemain Liverpool saat kalah di final Piala Liga Inggris 2015/16. (liverpoolecho.co.uk)

Berhasil lolos ke babak final Piala Liga musim ini, Liverpool akan berjumpa Chelsea dalam laga yang akan digelar di Wembley Stadium (27/2/2022).

Meski sering kalah di final (4 kali), The Reds juga tercatat sebagai klub dengan gelar terbanyak di kompetisi ini, yakni 8 trofi (setara dengan Manchester City). Terakhir kali mereka kalah di final adalah musim 2015/16 saat menghadapi Manchester City.

 

Bak bernasib sial, klub-klub di atas harus rela merasakan pahitnya melihat rival mereka meraih gelar juara secara berulang kali di laga final.

Baca Juga: Fakta Horor Arsenal Usai Disingkirkan Liverpool dari Piala Liga

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya