6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier League

Klub apa saja, ya?

Liga Primer Inggris atau Premier League merupakan kompetisi sepak bola yang paling banyak ditonton di muka bumi. Persaingan yang sengit menuju tangga juara dan menghindari zona degradasi merupakan alasan Premier League layak disebut jadi salah satu liga terbaik.

Ada mitos untuk klub-klub yang bersaing di zona degradasi, yakni jika klub tersebut sudah berhasil mengumpulkan 40 poin, mereka akan aman dari ancaman degradasi. Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar karena beberapa klub berikut ini harus rela terdegradasi meski miliki poin yang lumayan tinggi. Klub mana sajakah? Berikut ulasannya!

1. West Ham United (42 poin musim 2002/2003)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguepremierleague.com

West Ham United menjadi tim pertama yang berada di daftar ini. The Hammers  turun kasta menuju divisi Championship pada akhir musim 2002/2003 dengan perasaan campur aduk. West Ham berhasil meraih total 42 poin dari 38 pertandingan yang mereka jalani.

42 merupakan poin yang tergolong besar untuk klub yang terdegradasi. Bahkan, hingga saat ini, rekor poin tersebut belum mampu dipecahkan oleh klub mana pun.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Pernah Bermain di Manchester City dan West Ham

2. Sunderland (40 poin musim 1996/1997)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguesportbible.com

Sebelum kisah yang menimpa West Ham United, Sunderland sudah merasakannya terlebih dahulu. Pada musim terakhir mereka bermarkas di Roker Park Stadium, yaitu musim 1996/1997, The Black Cats tidak bisa memberikan kado perpisahan yang manis untuk stadion mereka.

Meski mengumpulkan total 40 poin, Sunderland tetap harus turun kasta ke divisi Championship. Musim tersebut memang dikenal menjadi salah satu musim paling ketat sepanjang sejarah karena jika Sunderland berhasil memenangkan pertandingan terakhir mereka, The Black Cats tidak hanya akan selamat dari degradasi, namun mereka akan finish di posisi 13.

3. Bolton Wanderers (40 poin musim 1997/1998)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguetalksport.com

Satu musim setelah Sunderland, Bolton Wanderers juga mengalami nasib yang kurang lebih mirip, namun dengan cara yang lebih tragis. The Trotters yang saat itu mengumpulkan 40 poin harus terdegradasi menuju divisi Championship.

Yang lebih menyesakkan lagi adalah fakta bahwa tim yang selamat saat itu, Everton, juga mengumpulkan poin yang sama, namun memiliki selisih gol lebih baik. Bolton harus menerima kenyataan pahit dengan turun kasta karena kalah selisih gol!

4. Middlesbrough (39 poin musim 1996/1997)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguebbc.co.uk

Middlesbrough atau biasa disebut Boro merupakan klub berikutnya yang ada pada daftar ini. Di musim yang sama dengan Sunderland, yaitu 1996/1997, The Boro harus turun kasta meskipun telah mengumpulkan total 39 poin.

Klub yang bermarkas di Riverside Stadium ini hanya berjarak 3 poin dari Blackburn Rovers yang ada di posisi ke-13. Bahkan, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik daripada penghuni sepuluh besar, Leeds United.

5. Birmingham City (39 Poin musim 2010/2011)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguebirminghammail.co.uk

Birmingham CIty juga dianggap kurang beruntung karena harus terdegradasi pada musim 2010/2011 dengan poin cukup besar, 39 poin. The Blues saat itu hanya selisih 1 poin dari batas aman yang ditempati oleh Wolverhampton Wanderers.

Uniknya, di musim saat mereka terdegradasi, Birmingham City berhasil menjadi juara Piala Liga dengan mengalahkan tim kuat asal London, Arsenal.

6. Blackpool (39 Poin musim 2010/2011)

6 Klub dengan Poin Tertinggi yang Terdegradasi dari Premier Leaguemetro.co.uk

Musim 2010/2011 memang menjadi salah satu musim yang ketat hingga pekan terakhir. Tercatat hingga pekan 38 ada 5 klub yang belum jelas statusnya akan bertahan atau turun kasta.

Blackpool yang bermain atraktif di musim tersebut meraih poin yang sama dengan Birmingham yang juga terdegradasi, yaitu 39 poin. Jika saja pasukan Ian Holloway berhasil mengubah salah satu kekalahan mereka menjadi hasil seri, bukan tidak mungkin Blackpool tetap berada di kasta tertinggi.

 

Ada kalanya di suatu musim kompetisi hanya dengan 35 poin suatu klub berhasil selamat dari degradasi. Namun, di musim lain, 42 poin pun belum cukup mengamankan posisi mereka tetap berada di kasta tertinggi.

Baca Juga: 7 Klub Top Eropa yang Paling Sering Degradasi, Ada MU dan Liverpool! 

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya