5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!

Mulai Arsenal hingga Chelsea

Piala FA merupakan kompetisi sepak bola tertua di Inggris, bahkan di dunia. Bergulir sejak musim 1871/1872, tercatat sudah hampir 150 musim kompetisi ini bergulir dan kerap menghadirkan pertandingan dramatis hingga partai puncak.

Seperti bernasib kurang beruntung, berikut ini lima klub yang tercatat paling sering kalah di partai final Piala FA. Klub mana sajakah? Daripada penasaran, simak, yuk!

1. Arsenal (8 kali)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!Arsenal (caughtoffside.com)

Klub asal kota London, Arsenal, tercatat menjadi klub paling beruntung dan sial dalam sejarah Piala FA, kok bisa? Ya, The Gunners tercatat sebagai klub peraih gelar terbanyak di kompetisi tersebut, dengan 14 trofi. Namun, The Gunners juga tercatat sebagai klub terbanyak yang kalah di partai puncak, yakni 8 kali.

Periode 1970-an menjadi periode paling sering Arsenal kalah di partai puncak, yakni 3 kali. Meski begitu, klub yang kini bermarkas di Emirates Stadium tersebut tidak pernah kalah dalam 7 laga final terakhir mereka di Piala FA.

2. Manchester United (8 kali)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!Manchester United (weallfollowunited.com)

Manchester United menempati urutan kedua klub yang paling sering ke final Piala FA. The Red Devils sejauh ini sukses catatkan 19 penampilan di partai puncak.

The Red Devils telah mengangkat trofi sebanyak 12 kali, namun terakhir kali memenangkannya adalah di musim 2015/2016 silam. Kala itu, mereka berhasil tundukkan Crystal Palace di final.

Baca Juga: 5 Klub Inggris dengan Perolehan Gelar Piala Liga Terbanyak

3. Liverpool (7 kali)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!Liverpool (bbc.com)

Klub asal kota Merseyside, Liverpool, merupakan salah satu klub yang paling dominan di Inggris beberapa tahun terakhir, setelah memenangkan trofi Premier League Inggris dan Liga Champions. Di ajang Piala FA, The Reds tercatat sudah mengoleksi total 7 gelar.

Selain itu, Liverpool juga menjadi salah satu klub yang sering kalah di laga final, yakni 7 kali. Terakhir kali mereka menjadi juara di ajang ini adalah musim 2005/2006, kala itu The Reds menang adu penalti atas West Ham United.

4. Newcastle United (7 kali)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!Newcastle United (chroniclelive.co.uk)

Klub asal kota Tyne and Wear, Newcastle United, telah bermain di 13 final Piala FA dan hanya memenangkan kurang dari setengahnya, yakni 6 kali.

The Magpies bahkan pernah kalah secara beruntun di final Piala FA musim 1997/1998 dan 1998/1999. Terakhir kali rival dari Sunderland ini mengangkan piala tersebut adalah 66 tahun silam, yakni musim 1954/1955.

5. Chelsea (6 kali)

5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala FA, Kurang Beruntung!Chelsea (football.london)

Berhasil lolos ke babak final Piala FA musim ini, Chelsea akan berjumpa Leicester City dalam laga yang akan digelar di Wembley Stadium (15/5/2021).

Chelsea sedikit dihantui catatan kurang baik di laga final, selain harus berhadapan dengan pesaing mereka dalam memperebutkan tiket zona Liga Champions, The Blues yang kini dilatih Thomas Tuchel telah kalah 6 kali di partai puncak, salah satunya di musim lalu dari Arsenal.

 

Well, itulah lima klub yang tercatat paling sering kalah di laga final Piala FA. Bernasib kurang beruntung, deretan klub di atas harus rela merasakan pahitnya melihat rival-rival mereka meraih gelar juara secara berulang kali.

Baca Juga: Sering Terpeleset di Final Piala FA, Chelsea Waspasai Leicester

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya