7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang Sejarah

Menghadirkan banyak momen dramatis!

Play-off divisi Championship merupakan serangkaian pertandingan sepak bola yang mempertemukan klub-klub yang mengakhiri musim di urutan tiga hingga enam kompetisi kasta kedua di Inggris.

Bergulir sejak musim 1987/1988, tercatat sudah 34 musim keberadaan kompetisi yang dinilai menambah hiburan dan keseruan untuk meraih tiket terakhir promosi ke Liga Primer Inggris ini. Menghadirkan banyak momen dramatis, berikut ini tujuh laga play-off Championship yang paling berkesan sepanjang sejarah. Memorable!

1. Swindon Town 4-3 Leicester City (1993)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahSwindon kejutkan Leicester. (swindonadvertiser.co.uk)

Final play-off musim 1992/1993 menjadi salah satu laga yang paling berkesan dalam sejarah kompetisi ini. Swindon Town dan Leicester City berhasil lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Portsmouth dan Tranmere Rovers yang jika dilihat dari klasemen berada di atas mereka.

Swindon yang kala itu sudah unggul 0-3 hingga awal babak kedua sedikit lengah dan membiarkan Leicester menyamakan skor menjadi 3-3 hanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Drama terus terjadi sampai akhirnya Swindon mendapatkan hadiah penalti di menit ke-84. Paul Bodin berhasil mengeksekusi dengan sempurna dan meloloskan The Robins ke kasta tertinggi.

2. Charlton Athletic 4-4 Sunderland (1998)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahLaga Charlton vs Sunderland tahun 1998 disebut sebagai final play-off terbaik. (bbc.com)

Charlton Athletic dan Sunderland bertemu dalam final play-off musim 1997/1998 di Wembley Stadium. Keduanya lolos setelah mengandaskan perlawanan dari Ipswich Town dan Sheffield United.

Setelah sempat unggul 1-0 lebih dulu, Charlton secara dramatis selalu berhasil mengejar ketertinggalan tiga kali dari Sunderland dan memaksa skor menjadi sama kuat 4-4 hingga adu penalti. Dalam drama tos-tosan, The Addicks kembali beruntung setelah salah satu pemain The Black Cats, Michael Gray, gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna.

3. Ipswich Town 5-3 Bolton Wanderers (2000)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahIpswich unggul aggregat 7-5 atas Bolton di semifinal play-off tahun 2000. (itfc.co.uk)

Setelah bermain imbang 2-2 di leg pertama semifinal play-off, Ipswich Town dan Bolton Wanderers kembali tampil sama kuat di leg kedua. Keunggulan tiga kali Bolton mampu selalu disamakan oleh Ipswich. Skor sama kuat 3-3 memaksa laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

The Tractor Boys tampil tanpa celah di babak tambahan setelah melesakkan dua gol yang tak mampu dibalas oleh The Trotters. Unggul aggregat 7-5, Ipswich lolos ke final dan berhasil mengalahkan Barnsley untuk menyegel tiket promosi musim 1999/2000.

Baca Juga: 5 Pemain yang Gagal Tampil Apik pada Musim Debutnya di Premier League

4. Derby County 2-3 Southampton (2007)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahPara pemain Derby saat sedang selebrasi. (derbytelegraph.co.uk)

Derby County menatap leg kedua semifinal play-off dengan kemenangan 1-2 atas Southampton di leg pertama musim 2006/2007. Namun, Derby yang saat itu berada di posisi ketiga klasemen akhir, secara mengejutkan tumbang 2-3 dalam laga yang digelar di kandang mereka sendiri.

Dengan agregat sama kuat 4-4 (karena dalam play-off tidak dikenal istilah gol tandang), laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Setelah tak ada gol tercipta, The Rams akhirnya lolos ke final setelah menang dramatis 4-3 lewat adu penalti.

5. Blackpool 3-2 Cardiff City (2010)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahBlackpool lolos ke Liga Primer Inggris musim 2010/2011. (blackpoolfc.co.uk)

Lolosnya Blackpool ke Liga Primer Inggris tahun 2010 silam merupakan salah satu dongeng terbaik dalam sejarah Championship. The Seasiders kala itu sama sekali tidak diunggulkan karena hanya berada di posisi terakhir zona play-off.

Namun, Blackpool mematahkan semua anggapan remeh setelah berhasil kalahkan Nottingham Forest dengan agregat 6-4 di babak semifinal. Lalu, di laga final melawan Cardiff City, mereka berhasil bangkit dari ketertinggalan dua kali untuk menang 3-2 dan menuju ke Liga Primer Inggris untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

6. Watford 3-1 Leicester City (2013)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahPara suporter Watford ikut larut dalam kegembiraan. (watfordfc.com)

Penggemar setia si kulit bundar tentu ingat salah satu momen paling dramatis sepanjang sejarah sepak bola. Leicester City bertemu Watford dalam semifinal leg kedua dengan berbekal keunggulan tipis 1-0 saat bermain di King Power Stadium.

Di menit ke-96, saat agregat sama kuat 2-2, Leicester dianugerahi penalti. Jika berhasil cetak gol, The Foxes akan bertemu Crystal Palace di final. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, The Hornets masih terselamatkan setelah sang kiper, Manuel Almunia, melakukan penyelamatan ganda kala itu.

Saat kegembiraan belum usai, salah satu pemain Watford mendapatkan bola rebound yang langsung diumpan untuk melakukan serangan balik yang berujung gol dari Troy Deeney. The Hornets pun secara dramatis lolos ke partai puncak play-off musim tersebut.

7. Leeds United 2-4 Derby County (2019)

7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang SejarahSelebrasi skuad Derby County. (bbc.com)

Perselisihan Leeds United dan Derby County di Championship musim 2018/2019 sudah berlangsung sejak Leeds asuhan Marcelo Bielsa diketahui mengirim seseorang untuk memata-matai persiapan Derby jelang pertemuan keduanya di awal musim.

Frank Lampard yang sempat marah semakin menjadi bahan ejekan suporter Leeds, terutama setelah mereka kalah di leg pertama 1-0 di Pride Park. Namun, pada leg kedua, The Rams secara mengejutkan berhasil membalikkan keadaan dengan menang 2-4 di Elland Road dalam laga yang berlangsung penuh dengan emosi.

 

Itulah tujuh laga play-off Championship yang paling berkesan sepanjang sejarah. Menghadirkan banyak momen dramatis, ternyata kompetisi kasta kedua Inggris ini gak kalah seru dari Liga Primer Inggris!

Baca Juga: 7 Klub Championship yang Berpeluang Naik Kasta ke Premier League

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya