Comscore Tracker

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020

Apakah Gli Azzurri mampu menjadi juara?

Timnas Italia tampil luar biasa di ajang Piala Eropa 2020 dengan lolos hingga partai final. Kepastian itu didapat setelah mereka mengalahkan Spanyol dengan skor 4-2 lewat drama adu penalti, setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 hingga babak perpanjangan waktu.

Gli Azzurri yang secara historis dikenal sebagai tim yang disiplin dalam bertahan dan kerap bermain pragmatis, tampil sedikit berbeda di ajang Piala Eropa 2020 ini. Selain faktor pelatih, beberapa pemain ini berhasil menjadi sosok kunci keberhasilan Italia lolos ke partai puncak. Siapa sajakah mereka? Daripada penasaran, yuk, simak!

5. Lorenzo Insigne

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020Lorenzo Insigne (the-sun.com)

Di ajang Piala Eropa 2020, tim Italia tidak memiliki pencetak gol yang menonjol. Tercatat, Gli Azzurri memiliki lima pemain yang mencetak dua gol, serta satu pemain yang mencetak satu gol.

Lorenzo Insigne yang baru saja melewati musim hebat bersama Napoli dengan mencetak 19 gol, memberikan warna tersendiri untuk lini serang Gli Azzurri. Gol indah melengkungnya ke gawang Belgia, bahkan disebut menjadi salah satu gol terbaik di ajang Piala Eropa 2020.

4. Giorgio Chiellini

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020Giorgio Chiellini (givemesport.com)

Bek veteran berusia 36 tahun, Giorgio Chiellini, telah menjadi salah satu bek tengah terbaik di Eropa selama 15 tahun terakhir. Duetnya bersama Leonardo Bonucci, mampu menjadi tembok pertahanan Italia selama bertahun-tahun.

Selain menjadi benteng untuk lini belakang Gli Azzurri, Chiellini juga sukses menjadi panutan yang membimbing skuad muda Timnas Italia.

Baca Juga: 6 Tim yang Dikalahkan Italia Hingga Melaju ke Final Piala Eropa 2020

3. Marco Verratti

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020Marco Verratti (independent.co.uk)

Gelandang serbabisa asal klub Paris Saint-Germain, Marco Verratti, menjadi salah satu pemain berpengalaman di skuad Italia. Meskipun sempat melewatkan dua laga awal turnamen karena cedera, ia mampu bangkit dan langsung nyetel dengan lini tengah Gli Azzurri.

Memiliki kejelian dalam menciptakan peluang, Verratti tercatat sudah menciptakan dua assist sepanjang gelaran Piala Eropa 2020.

2. Jorginho

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020Jorginho (theathletic.com)

Jorginho menjalani musim yang luar biasa bersama klub asal Inggris, Chelsea. Mantan pemain Napoli ini berhasil menjadi penghubung sempurna antara lini depan dan belakang The Blues.

Tak hanya di level klub, Jorginho juga menjadi sosok kunci Italia lolos ke final Piala Eropa 2020. Tercatat, ia tidak pernah sekalipun absen di enam pertandingan yang telah dilalui Gli Azzurri.

1. Leonardo Spinazzola

Lolos ke Final, Ini 5 Pemain Kunci Timnas Italia di Piala Eropa 2020Leonardo Spinazzola (fourfourtwo.com)

Leonardo Spinazzola berhasil curi perhatian sepanjang gelaran Piala Eropa 2020. Berposisi sebagai bek sayap kiri, ia mampu menjadi ancaman serius di sisi kiri Gli Azzurri. Catatan dua assist yang ia bukukan, tergolong luar biasa untuk pemain yang berposisi sebagai seorang bek.

Namun, sayangnya kiprah Spinazzola harus berakhir lebih cepat di ajang Piala Eropa 2020. Ia mengalami cedera serius kala berjumpa Belgia di babak perempatfinal.

Melebihi target awal yang hanya mengincar semifinal, Italia sukses menunjukkan bahwa mereka tetaplah tim yang patut diperhitungkan. Kira-kira, akankah Gli Azzurri mampu menjadi juara Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Fakta Leonardo Spinazzola, Bintang Italia di Piala Eropa 2020

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

@faizirsyad15 | football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya