Comscore Tracker

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester City

City gak cuma jago beli pemain mahal, kok

Manchester City telah mengalami peningkatan prestasi yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Sejak dibeli oleh Sheikh Mansour di tahun 2008, klub berjuluk The Cityzen ini perlahan menjelma menjadi salah satu klub terbaik, tak hanya di Inggris namun juga di dunia.

Meski kerap mendapat julukan klub instan karena sering membeli pemain bintang, namun The Cityzen tidak pernah lupa untuk mengembangkan para pemain akademi mereka, lho.

Jarang diketahui, berikut ini lima pemain top yang ternyata pernah menimba ilmu bersama akademi Manchester City. Gak nyangka, ya. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Jadon Sancho

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester Citydw.com

Siapa lagi yang akan berada di daftar pertama jika bukan nama Jadon Sancho? Ya, pemain sayap berusia 20 tahun ini pindah dari akademi Manchester City menuju Borussia Dortmund dengan mahar £8 juta atau sekitar Rp137 milyar pada tahun 2017 silam.

Banyak yang menilai The Citizen salah besar membiarkan pemain berbakat ini pergi bergitu saja. Karena, selama Sancho terus tampil mengesankan selama berada di Bundesliga. Kini, ia menjadi buruan klub-klub top Eropa, mulai dari Real Madrid, Liverpool, hingga Bayern Munchen.

2. Daniel Sturridge

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester Citymanchestereveningnews.co.uk

Daniel Sturridge terkenal karena pernah bermain untuk beberapa klub top Inggris, seperti Chelsea dan Liverpool. Bahkan bersama The Reds, ia membentuk duet mematikan dengan Luis Suarez yang terkenal dengan sebutan (SAS).

Pemain yang tergabung bersama akademi Manchester City di tahun 2003 hingga 2006 ini, juga sempat memenangkan gelar Champions League bersama The Blues di musim 2011/2012. Meskipun kariernya naik turun karena cedera, tidak dipungkiri ia menjadi salah satu nama top yang pernah lulus dari akademi The Cityzen.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Gagal Bersinar Bersama Manchester City

3. Kieran Trippier

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester Citytalksport.com

Salah satu bek kanan andalan timnas Inggris, Kieran Trippier juga sempat menimba ilmu bersama akademi Manchester City. Menghabiskan total 13 tahun, ia tidak pernah tampil untuk tim utama The Citizen.

Merasakan kurangnya peluang, Trippier akhirnya meninggalkan City menuju Burnley di tahun 2012. Bersama Burnley, ia berkembang sangat pesat dan membantu The Clarets mendapatkan promosi ke Premier League.

Setelah 4 tahun di Turf Moor, Trippier bergabung dengan Tottenham Hotspur dan mendapatkan panggilan dari timnas Inggris untuk pertama kalinya pada Mei 2017. Kini, ia bermain bersama salah satu tim elit Eropa, Atletico Madrid.

4. Kasper Schmeichel

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester Citybbc.com

Kasper Schmeichel merupakan putra dari salah satu legenda Manchester United, Peter Schmeichel. Tak disangka, penjaga gawang berkebangsaan Denmark ini merupakan jebolan akademi Manchester City.

Meskipun sempat bermain bersama tim utama The Citizen, Kasper tercatat lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Lelah terus dipinjamkan, ia akhirnya memutuskan untuk hengkang menuju Notts County di tahun 2009.

Setelahnya, ia sempat bergabung bersama Leeds United sebelum akhirnya menjadi pilihan utama dan membantu Leicester City mendapatkan gelar Premier League musim 2015/2016.

5. Phil Foden

Gak Nyangka, 5 Pemain Top Ini Ternyata Jebolan Akademi Manchester Citypremierleague.com

Phil Foden merupakan salah satu dari sedikit pemain akademi Manchester City yang berhasil menembus tim utama secara rutin. Bergabung sejak usia sembilan tahun, ia diprediksi menjadi aset berharga untuk Manchester City dan juga timnas Inggris.

Di usia 20 tahun, permainan Foden sudah sangat matang dan dianggap sebagai penerus dari salah satu gelandang terbaik The Cityzen, David Silva. Ia bahkan memegang rekor sebagai pencetak gol termuda Manchester City di ajang Champions League, yaitu pada usia 18 tahun dan 288 hari.

 

Well, itulah lima pemain top yang merupakan jebolan dari akademi Manchester City. Meski sedikit yang berhasil menembus tim utamabeberapa pemain di atas tetap mampu berprestasi meski bukan bersama The Cityzen.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Phil Foden, Pemain Muda Andalan Manchester City

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya