Comscore Tracker

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah

Mana yang paling kontroversial menurutmu?

Dalam sepak bola, tak jarang terjadi kontroversi di beberapa pertandingan. Pengambilan keputusan yang keliru dari sang pengadil lapangan hingga sejarah rivalitas dua kesebelasan diibaratkan sebagai bumbu dalam dunia si kulit bundar.

Tak jarang beberapa pertandingan sepak bola yang berlangsung di masa lalu masih saja menjadi perbincangan hingga kini karena ada kontroversi di dalamnya. Penasaran pertandingan mana saja? Berikut ulasannya!

1. Chelsea vs Barcelona (Semifinal Liga Champions 2008/2009)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahskysports.com

Berbekal hasil imbang di Camp Nou dalam leg pertama semifinal Liga Champions, Chelsea secara kontroversial harus tersingkir setelah hanya bermain imbang 1-1 dalam laga yang di gelar di Stamford Bridge.

Saat itu, banyak pihak yang mengklaimThe Blues layak mendapatkan 4 penalti yang tidak diberikan oleh wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

2. Jerman Barat vs Austria (Penyisihan Grup Piala Dunia 1982)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahtheguardian.com

Disgrace of Gijon merupakan salah satu skandal pertandingan yang melibatkan Jerman Barat dan Austria. Awalnya, kedua kesebelasan bermain normal sampai Jerman Barat mencetak gol di menit ke-10.

Setelah gol tersebut, kedua tim seperti tidak niat bermain karena bola selalu dialirkan ke belakang dan tidak ada pemain yang berusaha merebut bola. Alasan keduanya bermain seperti itu adalah agar mereka lolos bersama ke fase gugur dan menyingkirkan Aljazair.

3. Korea Selatan vs Italia (16 Besar Piala Dunia 2002)

https://www.youtube.com/embed/70YBjA0bLFM

Awalnya, Korea Selatan banyak dipuji karena berhasil lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2002. Namun, sejak fase gugur, pertandingan mereka selalu diiringi banyak kontroversi.

Pada babak 16 besar, mereka sukses menyingkirkan Italia lewat beberapa keputusan buruk yang dibuat oleh wasit. Gol Italia yang dianulir hingga gol emas yang dicetak pemain Korea Selatan, Ahn Jung Hwan, menjadi saksi kontroversialnya pertandingan tersebut.

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

4. Serbia vs Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2016)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahtheguardian.com

Selanjutnya ada pertandingan panas yang melibatkan Serbia dan Albania pada tahun 2014. Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Partizan tersebut terpaksa dihentikan menjelang babak pertama usai saat skor masih 0-0.

Penyebabnya adalah pemain belakang Serbia, Stefan Mitrovic, menangkap dan menurunkan drone yang berisi bendera peta Kosovo. Perlu diketahui, Kosovo sebelumnya merupakan bagian dari negara Serbia.

5. Argentina vs Inggris (Perempat Final Piala Dunia 1966)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahtelegraph.co.uk

Banyak yang beranggapan bahwa Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966 dengan cara merampok, salah satu korbannya adalah Argentina.

Di babak perempat final, bek sekaligus kapten Argentina, Antonio Rattin, diusir keluar lapangan yang menyebabkan Tim Tango tidak bisa mengimbangi permainan tuan rumah. Pertemuan kontroversial tersebut menjadi awal rivalitas panas antara Argentina dan juga Inggris.

6. Irlandia vs Prancis (Play Off Piala Dunia 2010)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahmirror.co.uk

Pertandingan antara Irlandia melawan Prancis dalam play off leg kedua Piala Dunia 2010 mungkin masih terekam dalam ingatan para penggemar sepak bola hingga kini.

Saat itu, agregat sama kuat 1-1 sebelum Thierry Henry membantu dalam proses gol "tangan tuhan" di babak perpanjangan waktu. Aksi kotor tersebut membuat Prancis lolos ke Piala Dunia 2010.

7. Italia vs Perancis (Final Piala Dunia 2006)

https://www.youtube.com/embed/Nlsm0RlC8zI

Final Piala Dunia 2006 merupakan salah satu pertandingan yang menguras banyak emosi. Prancis yang mendominasi hanya bermain 1-1 sebelum akhirnya kalah dalam drama adu penalti.

Namun, yang menjadi kontroversi dan perhatian pencinta sepak bola adalah ketika Zinedine Zidane kedapatan menanduk Marco Materazzi pada menit ke-110.

8. Portugal vs Belanda (16 Besar Piala Dunia 2006)

https://www.youtube.com/embed/cFDoPRSnefE

Pertandingan 16 besar Piala Dunia 2006 antara Portugal dan Belanda disebut banyak pihak lebih dari sekadar pertandingan sepak bola.

Pertandingan yang dikenal sebagai "pembantaian Nuremberg" ini menciptakan rekor, yaitu 16 kartu kuning dan 4 kartu merah untuk pemain kedua negara dalam pertandingan tersebut.

9. Juventus vs Roma (Serie A Musim 2013/2014)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahgoal.com

Di musim 2013/2014, pertarungan Juventus melawan AS Roma berubah menjadi pertandingan yang dramatis. Lima gol tercipta saat itu, tiga di antaranya datang dari titik putih.

Wasit yang memimpin pertandingan saat itu, Gianluca Rocchi, menjadi sorotan karena membuat keputusan kontroversial tersebut. Dari 3 penalti, hanya 1 yang dinilai layak diberikan. Selain itu, ia mengeluarkan dua kartu merah untuk pemain Juventus dan AS Roma.

10. Manchester United vs Arsenal (Premier League musim 2004/2005)

10 Pertandingan Sepak Bola Paling Kontroversial Sepanjang Sejarahskysports.com

Di era 2000-an, pertemuan Manchester United melawan Arsenal selalu berlangsung panas dan sengit. Tak jarang sering terjadi perang urat saraf, baik sebelum maupun setelah pertandingan.

Pada musim 2004/2005, Manchester United berhasil mengalahkan Arsenal 2-0 dalam laga yang digelar dan menghentikan rentetan 49 pertandingan tak terkalahkan milik The Gunners. Saat itu, banyak pihak menganggap The Red Devils dibantu oleh keputusan kontroversial wasit yang memberikan penalti untuk mereka.

 

Well, deretan pertandingan kontroversial di atas pastinya akan sulit dilupakan oleh para pencinta si kulit bundar. Kira-kira, mana nih pertandingan yang paling kontroversial menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Bawah Ole Solskjaer

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya