Comscore Tracker

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!

Di luar dugaan berhasil melangkah jauh bahkan juara

Kejuaraan sepak bola Piala Eropa merupakan panggung bagi negara-negara di kawasan Benua Biru untuk bersaing menjadi yang terbaik. Dalam sejarahnya, tak sedikit negara mampu tampil mengejutkan dan melangkah jauh dari yang diprediksi. Sama sekali tak disangka, berikut ini lima tim yang pernah tampil secara mengejutkan di ajang Piala Eropa. Check this out!

5. Wales (Piala Eropa 2016)

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!Gareth Bale menjadi andalan timnas Wales di ajang Piala Eropa 2016. (deeside.com)

Wales tampil sangat luar biasa dalam gelaran Piala Eropa 2016. Kala itu, The Dragons mampu mencapai babak semifinal dalam debut mereka di kompetisi terbesar Benua Biru tersebut.

Tampil gigih dan pantang menyerah, Wales berhasil 'mengangkangi' Inggris untuk menjadi juara grup. Setelah itu, mereka juga sukses mengalahkan Belgia 3-1 di babak perempatfinal, sebelum akhirnya menyerah 2-0 dari Portugal dalam laga semifinal.

4. Turki (Piala Eropa 2008)

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!Turki tampil mengejutkan di ajang Piala Eropa 2008. (turkeyfromtheterraces.com)

Piala Eropa 2008 menjadi salah satu kejuaraan yang dinilai banyak pihak sebagai salah satu yang paling ikonik. Ada Spanyol yang kala itu memulai revolusi sepak bola mereka dengan era tiki-taka, serta ada Turki yang secara mengejutkan lolos hingga babak semifinal.

Berada di grup A yang cukup sulit bersama tuan rumah Swiss, Republik Ceko, dan Portugal, Turki diprediksi tidak akan mampu lolos dari babak penyisihan grup. Namun, seolah membalikkan semua anggapan, Turki mampu melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kroasia lewat drama adu penalti, sebelum akhirnya kalah dramatis 3-2 dari Jerman lewat gol di menit ke-90.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu Tahu

3. Republik Ceko (Piala Eropa 1996)

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!Potret selebrasi para pemain Republik Ceko di Piala Eropa 1996. (liverpoolecho.co.uk)

Republik Ceko memiliki perjalanan paling mengesankan di ajang Piala Eropa 1996 ketika berhasil lolos hingga babak final. Menghadapi banyak rintangan, Ceko tergabung di grup C bersama Jerman, Italia, dan Rusia. Banyak yang memprediksi bahwa Ceko akan finish di urutan paling buncit.

Namun, mereka secara mengejutkan berhasil mengalahkan Italia dan menahan imbang Rusia untuk mengakhiri grup di posisi kedua. Di babak perempat final, Ceko kembali mengejutkan tim top lainnya, Portugal, dengan kemenangan tipis 1-0.

Tak hanya itu, mereka lagi-lagi mengalahkan tim kuat Prancis lewat drama adu penalti di babak semifinal. Sayangnya, dongeng perjalanan sulit mereka tidak berakhir dengan bahagia, setelah harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor 2-1 lewat babak perpanjangan waktu di final.

2. Yunani (Piala Eropa 2004)

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!Selebrasi para pemain Yunani di belakang Cristiano Ronaldo. (sbnation.com)

Sebelum Piala Eropa 2004 dimulai, Yunani diprediksi hanya memiliki peluang 150 banding 1 untuk menjadi juara. Selain hanya berada di pot terakhir ketika pengundian, Yunani juga terakhir kali mengikuti ajang Piala Eropa adalah di tahun 1980.

Berada di grup neraka bersama Portugal, Spanyol, dan Rusia, Yunani secara mengejutkan finish di peringkat ke-2 klasemen akhir. Di babak perempat final, mereka mampu kejutkan juara bertahan Perancis dengan skor 1-0. Setelah itu, Yunani menghadapi Republik Ceko di semifinal dan berhasil kembali menang tipis 1-0.

Mereka akhirnya bertemu Portugal lagi di final yang kala itu dibela sejumlah bintang seperti Deco, Luis Figo, dan Cristiano Ronaldo. Namun seperti sudah ditakdirkan, Yunani kembali menang tipis 1-0 lewat gol dari Angelos Charisteas. Malam itu menjadi malam terbesar dalam sejarah Yunani, karena dongeng mereka berakhir dengan manis.

1. Denmark (Piala Eropa 1992)

5 Tim yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Eropa, Gak Disangka!Dongeng Denmark di Piala Eropa 1992 berakhir dengan manis. (90min.com)

Menjelang Piala Eropa 1992, Denmark sebenarnya tidak lolos ke turnamen yang kala itu masih berisi 8 negara saja. Namun, mereka berhasil mendapat tiket gratis setelah Yugoslavia menarik diri akibat perang senegara.

Di ajang tersebut, Denmark sama sekali tidak diunggulkan, bahkan untuk sekadar lolos dari babak grup. Namun, seperti mendapat keberuntungan, Danish Dynamite berhasil lolos ke semifinal setelah terbantu dengan buruknya performa Prancis dan Inggris.

Di babak semifinal, mereka bertemu sang juara bertahan, Belanda. Denmark secara dramatis menang lewat drama adu penalti. Lalu di babak final, mereka menghadapi sang juara Piala Dunia 1990, Jerman. Namun, entah bagaimana Denmark secara ajaib bertahan dan mencetak dua gol tanpa balas untuk memenangkan trofi internasional pertama mereka.

 

Well, itulah lima tim yang pernah tampil mengejutkan di ajang Piala Eropa. Bak dongeng, mereka yang hanya berstatus "kuda hitam" mampu kalahkan tim yang lebih kuat. Kira-kira, tim manakah yang akan menjadi kejutan di Piala Eropa 2020 nanti? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Siap Menunjukkan Kualitasnya di Piala Eropa 2020

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

@faizirsyad15 | football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya