Comscore Tracker

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022

Perombakan harus dilakukan The Gunners agar dapat bangkit!

Musim 2020/2021 menjadi musim yang sangat berat untuk Arsenal. Di liga, tim asuhan Mikel Arteta hanya finish di posisi ke-8. Sementara di ajang Piala Liga dan Piala FA, mereka tersingkir oleh Southampton dan Manchester City. Tak hanya itu, kesempatan terakhir The Gunners menyelamatkan musim mereka lewat jalur Liga Europa berakhir dengan tragis setelah tersingkir di babak semifinal dari sang juara, Villarreal. 

Dengan kondisi tersebut, Arteta kabarnya siap melakukan perombakan skuad besar-besaran untuk meningkatkan performa tim di musim depan. Kira-kira, posisi mana saja yang harus diprioritaskan oleh pelatih asal Spanyol tersebut?

Berikut ini enam posisi yang perlu diperkuat oleh Arsenal pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Yuk, simak!

1. Kiper

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Bernd Leno kabarnya siap hengkang dari Emirates Stadium. (football.london)

Keputusan yang dibuat Arteta saat mempertahankan Bernd Leno dan melepas Emiliano Martinez di awal musim 2020/2021 tampaknya akan menjadi salah satu yang ia sesali. Leno memang tampil cukup baik sepanjang musim lalu, namun ada kabar yang menyebutkan sang penjaga gawang ingin hengkang untuk mencari pengalaman baru.

Jika Leno hengkang, The Gunners harus memprioritaskan posisi kiper di bursa transfer musim panas ini. Nama kiper Brentford, David Raya, menjadi salah satu nama yang diincar Arsenal. Selain itu, Andre Onana yang kini berseragam Ajax juga ikut masuk dalam radar Mikel Arteta.

2. Bek kiri

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Potret Nicolas Pepe saat berduel dengan pemain yang isunya diincar Arsenal, Ryan Bertrand. (football.london)

Kieran Tierney merupakan bek kiri utama Arsenal yang posisinya sangat sulit digantikan. Ketika ia bermain, Tierney biasanya menjadi salah satu pemain yang paling menonjol. Namun, masalah cedera kerap kali menghantui pemain berusia 24 tahun tersebut. Granit Xhaka, Cedric Soares, dan Bukayo Saka bergantian mengisi kekosongan yang ditinggal Tierney saat cedera.

Xhaka dan Cedric tampil kurang optimal di posisi tersebut, sementara Saka memiliki permainan terbaiknya saat ditempatkan sebagai seorang pemain sayap. Kabarnya, nama bek kiri Southampton yang kontraknya habis di akhir bulan ini, Ryan Bertrand, diincar oleh The Gunners untuk menjadi pelapis yang solid bagi Tierney.

3. Bek kanan

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Max Aarons menjadi satu dari beberapa nama bek kanan yang dirumorkan bergabung ke Arsenal. (dailycannon.com)

Di sisi lain pertahanan, Arsenal memiliki masalah sebaliknya. Hector Bellerin, Cedric Soares, dan Calum Chambers dapat dijadikan opsi untuk posisi bek kanan. Namun, ketiganya kerap menampilkan performa inkonsistensi saat dipercaya sebagai pemain utama.

Max Aarons dari Norwich City, Achraf Hakimi dari Inter Milan, dan Zeki Celik dari Lille menjadi beberapa nama yang dikaitkan oleh Arsenal beberapa minggu terakhir. Dari ketiganya, nama Aarons menjadi yang paling realistis untuk didatangkan oleh The Gunners.

Baca Juga: 5 Bek Kanan Top yang Juga Bisa Berposisi Sebagai Bek Kiri

4. Gelandang tengah

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Duet lini tengah Partey-Xhaka nampaknya tidak akan terlihat di musim depan. (dailycannon.com)

Lini tengah menjadi masalah terbesar untuk Arsenal di musim lalu. Thomas Partey yang dibeli dari Atletico Madrid belum memberikan dampak yang signifikan karena tak adanya pendamping yang sepadan untuknya.

Granit Xhaka tidak mampu tampil konsisten sepanjang musim dan kabarnya meminta untuk dijual. Dani Ceballos tidak sebagus masa peminjaman pertamanya serta Mohamed Elneny kurang mendapat kepercayaan dari Arteta. 

Yves Bissouma (Brighton), Ruben Neves (Wolves), Houssem Aouar (Lyon), dan Sander Berge (Sheffield United) merupakan beberapa nama yang dikaitkan menuju kepindahan ke Emirates Stadium. Tak ada yang murah, The Gunners mau tidak mau harus menghabiskan sebagian besar anggaran mereka untuk memperkuat posisi ini.

5. Gelandang serang

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Hadirnya Emile Smith Rowe membuat lini depan Arsenal lebih hidup. (thetimes.co.uk)

Dengan munculnya nama Emile Smith Rowe sebagai gelandang serang sejak Desember silam, lini depan Arsenal terlihat lebih hidup. Namun, tentunya tak bisa hanya mengandalkan satu gelandang serang saja untuk bermain di berbagai kompetisi yang panjang.

Musim lalu, Martin Odegaard menjadi opsi lain gelandang serang Arsenal yang didatangkan dengan status pinjaman dari Real Madrid selama enam bulan. Kabarnya, The Gunners siap menebus pemain berusia 22 tahun tersebut untuk dapat bisa kembali ke London Utara.

6. Penyerang

6 Posisi yang Perlu Diperkuat Arsenal untuk Menghadapi Musim 2021/2022Lacazette dan Aubameyang menjadi penyerang yang diandalkan Arsenal beberapa tahun terakhir. (sportsmole.co.uk)

Alexandre Lacazette menjadi penyerang andalan Arsenal sepanjang musim lalu. Namun, dengan hanya satu tahun tersisa di kontraknya, mungkin akan membuat sang pemain dilego oleh The Gunners. Selain itu, Eddie Nketiah juga memasuki tahun terakhir masa kontraknya.

Dengan hanya menyisakan Pierre-Emerick Aubameyang, Gabriel Martinelli, dan Folarin Balogun sebagai opsi di lini depan, The Gunners dikaitkan dengan beberapa nama penyerang. Moussa Dembele (Lyon) dan Odsonne Edouard (Celtic) menjadi dua nama yang kabarnya diincar.

 

Itulah enam posisi yang perlu diperkuat oleh Arsenal pada bursa transfer musim panas. Jika mampu menambal beberapa posisi di atas, bukan tidak mungkin The Gunners akan kembali bangkit dan bersaing di papan atas Premier League musim 2021/2022.

Baca Juga: 6 Klub Favorit Harry Kane untuk Mencetak Gol, Ada Arsenal!

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

@faizirsyad15 | football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya