Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense Jatuh

"Semua penumpang menjerit"

Untuk pertama kalinya, korban jatuhnya pesawat LaMia dengan nomor penerbangan 2933 menuturkan detik-detik mengerikan menjelang jatuhnya pesawat tersebut. Salah satu korban selamat, Erwin Tumiri mengatakan, semua penumpang menjerit saat pilot mengumumkan bahwa pesawat akan jatuh. 

Sementara penumpang lain menjerit panik, Erwin yang merupakan teknisi memilih melakukan penyelamatan seperti dianjurkan dalam protokol keselamatan penerbangan."Saya menempatkan tas di antara kaki dan membungkukkan badan ke bawah," kata Erwin seperti dikutip dari The Mirror, Kamis (1/12).

Seperti diketahui, pesawat LaMia mengalami kecelakaan di sebuah pegunungan di Bolivia pada Senin (28/11). Jatuhnya pesawat sewaan yang terbang dari Brasil menuju Medelin, Bolivia tersebut  menewaskan 71 orang. Puluhan di antaranya adalah rombongan tim asal Brasil, Chapecoense yang akan menjalani final Copa Sudamericana. Namun tiga pemain tim Chapecoense, dua awak pesawat, dan seorang wartawan selamat. 

Pesawat tiba-tiba menukik tajam.

Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense JatuhDaily Mail

Korban selamat lain, yaitu pramugari pesawat, Ximena Suarez, juga mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi begitu cepat dan menyeramkan. Pesawat itu tiba-tiba menukik dengan tajam dan diiringi teriakan histeris penumpang.

Dugaan sementara pesawat kehabisan bahan bakar.

Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense JatuhMirror.co.uk

Dugaan sementara, kejadian itu terjadi karena pesawat kehabisan bahan bakar. Pilot diduga tak memberi kabar tentang kondisi bahan bakar pesawat. Menurut pengawas penerbangan, pesawat sebenarnya sudah diizinkan untuk mendarat di Bogota. Namun, entah mengapa pesawat malah memilih melanjutkan perjalanan ke Medelin dengan bahan bakar yang terbatas.

Pihak maskapai masih menunggu penyelidikan lebih lanjut. 

Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense JatuhMirror.co.uk

Salah satu Direktur LaMia, General Gustavo Vargas mengatakan bahwa saat ini mereka masih menunggu informasi dari penyelidik tentang kemungkinan pesawat kehabisan bahan bakar. Jika memang bahan bakar adalah penyebab utama, Gustavo mengatakan bahwa seharusnya sang pilot mengisi bahan bakar di Bogota, bukan melanjutkannya. 

Tiga pemain Chapeccoense masih dirawat intensif.

Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense JatuhReuters via Mirror.co.uk

Dikutip dari Daily Mail, tiga pemain Chapecoense yaitu dua bek Alan Ruschel (27), dan Helio Neto (31), serta kiper Jackson Follmann (24), saat ini masih dalam kondisi stabil namun tetap dirawat secara intensif. Mereka mengalami trauma di kepala, dada dan paru-paru.

Baca juga: Selfie Pemain Chapecoense Sebelum Pesawat yang Ditumpangi Jatuh Menewaskan 71 Orang

Topik:

Berita Terkini Lainnya