Comscore Tracker

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa

Pemain timnas kerap salat berjamaah sebelum dan sesudah laga

Di luar dugaan, tim nasional Indonesia menembus babak final piala AFF 2016. Mereka menyingkirkan salah satu tim favorit juara, Vietnam. Capain ini tentu menuai banyak apresiasi. Sebab, ini adalah kejuaraan pertama yang mereka ikuti setelah terkena sanksi dari federasi sepakbola dunia, FIFA.

Selain sepak terjang di lapangan, ada juga hal unik yang tak banyak diketahui oleh banyak orang yaitu sisi religius mereka. Jepretan kamera beberapa kali berhasil menangkap momen saat mereka sedang berdoa sebelum dan sesudah laga.

Berdoa sebelum laga.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@pssi_fai

 

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@pssi_fai

Sudah menjadi tradisi bagi tim nasional untuk berdoa sebelum menjalani pertandingan. Seperti diunggah oleh akun Twitter PSSI, para pemain dan official tim tampak melakukan doa bersama sembari membentangkan bendera merah putih sebelum melakoni laga melawan Vietnam pada leg pertama. Pada pertandingan itu, Indonesia unggul 2-1.

Baca juga: Piala AFF 2016 di Depan Mata, Ini Jadwalnya!

Salat sebelum laga.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@pssi_fai

Akun itu juga mengunggah foto para pemain sedang melakukan salat berjamaah sebelum bertanding melawan Vietnam semalam. Doa mereka berbuah hasil, Indonesia menahan imbang Vietnam dan melaju ke final.

Doa sang kapten.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@Infosuporter

Salah satu pemain yang sering tampak berdoa khusyu adalah kapten timnas, Boaz Solossa. Sebelum bermain, Boaz selalu mengawalinya dengan doa sembari mengepalkan tangan di depan dadanya.

Selebrasi sujud syukur.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@AFFSuzukiCup

Manahati Lestusen dan tiga pemain lainnya melakukan selebrasi sujud syukur setelah gol kedua Indonesia. Manahati sukses menaklukan kiper Vietnam dan memaksakan hasil imbang 2-2.

Syukur setelah laga.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@Indonesia_XI

Tiga pemain Indonesia, Rizky Pora, Zulham Zamrun dan Manahati Lestusen tampak melakukan sujud syukur usai menahan imbang Vietnam semalam. Peran ketiganya sangat sentral dalam pertandingan tersebut. Bahkan, gol Manahati melalui titik putih menjadi penentu langkah Indonesia ke final.

Salat berjamaah usai laga.

Perjuangan Timnas Tak Cuma Soal Keringat, Tapi Juga Doa@infosuporter

Tak hanya di lapangan, para pemain Indonesia juga menenjukkan rasa terimakasih mereka kepada Tuhan dengan melakukan salat berjamaah. Dalam gambar tersebut terlihat beberapa pemain sedang berjamaah di ruang ganti usai menjalani laga semalam.

Nah, sisi religius adalah bagian dari rakyat Indonesia. Mari kita dukung timnas Indonesia dalam doa dan semangat di Final AFF 2016 nanti!

Baca juga: Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper Vietnam

Topic:

Berita Terkini Lainnya